25+ Alat Musik Tradisional Indonesia Asal Daerah Beserta Cara Memainkannya

Negara indonesia memiliki budaya, suku dan agama yang berbeda-beda. Dari Berbeda-bedanya budaya, suku dan agama ini menjadi satu kesatuan yang tinggi.

 Begitu banyak ragam  kearifan budaya di Indonesia menandakan bahwa sesungguhnya negeri kita ini sangatlah kaya.

Kita bisa melihat itu semua dari banyaknya lagu daerah, rumah adat, baju adat, upacara adat, tarian tradisional, alat musik tradisional dan lainnya.

Untuk itu seharusnya sahabat-sahabat  bangga menjadi salah satu dari berbagai  bangsa ini. lalu bagaimana cara sahabat-sahabat  untuk menunjukkan rasa bangga itu? Cara termudah adalah dengan mengetahui keahrifan lokal yang ada dan salah satunya merupakan Alat Musik Tradisional.

Sahabat-sahabat semua pasti sudah mengetahui mempunyai 34 provinsi. Dari sabang sampai merauke, dimana yang setiap provinsi mempunyai banyak kesenian dan  alat musik tradisional yang berbeda-beda. Jika sahabat-sahabat menghitung kesenian dan alat musik tradisional itu bisa mencapai ratusan tetapi tidak semuanya terkenal

Jika sahabat-sahabat cinta dengan bangsa indonesia ini yuk bareng-bareng cari tahu alat musik tradisional yang terkenal dari berbagai daerah antara lain :

Alat Musik Tradisional dengan Cara Dipukul

Aramba

Aramba

http://sanspedia.blogspot.com

Aramba ialah merupakan  alat musik tradisional ini  yang berasal dari Nias, Sumatera Utara. alat musik Aramba ini terbuat dari tembaga, kuningan atau logam.

Alat musik  aramba ini termasuk dalam jenis idiofon dan cara memainkannya hanya dipukul dengan menggunakan stik kayu. Dahulu, ketika Aramba membunyikan nadanya, itu merupakan pertanda bahwa sedang digelarnya sebuah pesta di tempat tersebut.

Namun, fungsi aramba  pada saat ini tidak sekedar untuk memeriahkan pesta saja. Aramba juga digunakan untuk  mengiring tari, seperti Tari Ya’ahowu, Tari Moyo dan Tari Tuwu.

Angklung

Angklung

http://dunia-kesenian.blogspot.com

Sahabat-sahabat semua  boleh bangga dengan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini. Betul sekali angklung, angklung adalah salah satu warisan kebudayaan dunia yang ditetapkan oleh Unesco pada tahun 2010 dengan kategori Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Alat musik tradisional  ini terbuat dari bambu yang dipotong bagian ujungnya. Bagaimana cara memainkannya?  Cara memainkannya pun cukup mudah sahabat-sahabat, yakni dengan digoyangkan sampai mengeluarkan suara.

Marawis

Marawis

http://www.tribal.co.id

Alat tradisional selanjutnya adalah Marawis.  Marawis memiliki bentuk seperti Rebana, tapi bentuk Marawis yang gempal membuatnya mudah dibedakan karena Rebana berbentuk pipih dan lebar. Marawis juga kental dengan unsur religi pada syair lagu yang dibawakan karena mengandung puja-puji kepada Tuhan yang maha Esa.

Salah satu teknik yang cukup menarik perhatian dari Marawis ialah teknik Zapin. Teknik pukulan ini mengiringi pada lagu gembira seakan musik terdengar seperti saling berbalas

Permainan Marawis

Jumlah pemain dalam sebuah grup Marawis biasanya terdiri dari 12- 14 pemain, ada kemungkinan yang lebih. Dalam sebuah grup Marawis juga terdapat alat musik tradisional tambahan seperti Hajir (Gendang besar) dan tumbuk (Berbentuk seperti tifa)

Bedug

Bedug

www.dictio.id

Alat musik tradisional yang satu ini  bisa dikatakan adalah simbol keagamaan. Yup, itulah Bedug. Sebuah alat yang terbuat dari kayu besar dan di lubangi bagian tengahnya  sehingga menyerupai tabung, kemudian lubang ditutup dengan menggunakan kulit binatang yang sudah dikeringkan, bisa berupa kambing, sapi, kerbau dan banteng.

Bedug berasal dari  India dan Tiongkok yang dibawa oleh orang-orang  yang pernah singgah ke Nusantara. Di tempat asalnya, bedug berfungsi sebagai alat komunikasi ritual keagamaan yang diletakkan di kuil-kuil.

Sedangkan di Indonesia yang mayoritas agamanya adalah Islam. Fungsi bedug tersebut ialah untuk memberikan tanda bahwa waktu shalat sudah tiba dan mengajak untuk beribadah shalat berjamaah di masjid-masjid tertentu

Bedug mempunyai suara yang khas yaitu bernada berat sekaligus juga rendah tergantung pukulan yang diayunkan oleh pemukul  sehingga bisa terdengar hingga jarak yang cukup jauh.

Di Jawa Barat,  ada seni untuk memainkan Bedug, seni ini diberi nama Ngadulag. Di daerah Sukabumi ini, Ngadulag dijadikan sebagai  kompetisi untuk mendapatkan penabuh Bedug dengan keterampilan terbaik. Biasanya event ini berlangsung ketika bulan suci ramadhan tiba.

Gendang Melayu

Gendang Melayu

ibnuasmara.com

Gendang melayu ini termasuk sebagai  alat musik yang berasal dari daerah Kepulauan bangka belitung yang memiliki  jenis bunyi Membranofon, adapun cara pemakaian yakni dengan menepuk atau memukul  area lunak dengan menggunakan telapak tangan atau bisa menggunakan jari tangan .

Gendang Panjang

Gendang Panjang

www.raparapa.com

Alat musik yang selanjutnya ialah  Gendang panjang yang berasal dari Kepulauan Riau yang memiliki jenis bunyi berupa Membranofon yang digunakan dengan cara menepuk pada bagian yang lunak dengan menggunakan jari dan telapak tangan

Kentongan

Kentongan

notepam.com

Alat musik tradisional selanjutnya ialah Kentongan, Kentongan yang terbuat dari bambu atau kayu yang dipahat bagian tengahnya sehingga membentuk garis lurus.

Alat musik ini banyak kita jumpai di Jawa sumatra kalimantan bahkan seluruh indonesia tetapi yang paling banyak ialah pulau jawa. Awalnya  Kentongan berfungsi sebagai alarm, alat komunikasi, penanda waktu sembahyang, ronda malam sampai peringatan tanda bahaya bagi masyarakat tertentu.

Kentongan juga identik dengan untuk orang yang tinggal di kawasan pegunungan atau pedesaan yang masih bergaya  hidup dengan cara tradisional yang sederhana. Cara memainkan kentongan cukup mudah, yakni dipukul dengan stik bambu sampai menimbulkan suara.

TIfa

TIfa

alatmusikindonesia.com

Tifa Inilah alat musik tradisional kebanggaan Indonesia bagian Timur.  Tifa terbuat dari batang kayu yang bagian dalamnya dihilangkan sehingga membentuk lubang dengan salah satu lubang dibalut dengan kulit rusa yang telah dikeringkan.

bagian tengahnya pasti  diberi ukiran yang menunjukkan jiwa seni dari pembuatnya. Tifa banyak ditemukan di daerah Maluku dan Papua dengan spesifikasi masing-masing.

Cara memainkannya pun cukup dipukul layaknya sebuah gendang. Tifa memiliki beberapa jenis, diantaranya Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir potong dan Tifa Bas.

Tifa sering kali digunakan sebagai pengiring tarian perang maupun tarian dari beberapa daerah Indonesia timur, seperti Tari Leso dari Maluku, tarian dari suku Asmat, tari Gatsi dan lainnya.

Gamelan

gamelan

http://irfannovyantoro107.blogspot.com

Alat musik tradisional selanjutnya adalah gamelan. Gamelan adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah jawa tengah yang memiliki jenis bunyi berupa Ideofon yang digunakan dengan cara dipukul-pukul dengan alat pemukul khusus.

Gendang

Gendang

http://tugassekolahku99.blogspot.com

Alat musik tradisional selanjutnya adalah gendang. Gendang termasuk alat musik yang berasal dari daerah Yogyakarta yang memiliki jenis bunyi yaitu Ideofon, adapun penggunaannya yakni dengan cara ditepuk memakai telapak tangan pada bagian lunak gendang. Ini biasanya dipakai untuk mengiring lagu dangdut, melayu dan koplo

Alat Musik Tradisional dengan Cara Ditiup

Fu

Fu

www.djarumcoklat.com

Fu merupakan alat musik tradisional  memainkannya dengan cara ditiup yang banyak ditemukan di Maluku Utara. Alat musik ini terbuat dari kulit kerang. Cara memainkannya bunyi tersebut dikendalikan dengan telapak tangan untuk mengatur nada.

Fu tipikal alat musik tradisional  yang mengeluarkan jenis suara aerofon. Fu digunakan fungsiya  sebagai pengiring tari-tarian dan sebagai pertanda bahwa sedang tersesat di hutan.

Lalove

Lalove

www.raparapa.com

Alat musik tradisional selanjutnya adalah lalove. Lalove ini  berasal dari Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari bambu. Jika Sahabat-sahabat melihat gambar sekilas mirip dengan suling bambu. Yah memang ini sama berbeda nama saja

Pada jaman dahulu Lalove tidak boleh ditiup oleh sembarang orang, karena sebagaian orang yang sering kerasukan, secara otomatis dia akan kerasukan jika mendengar suara dari alat musik ini.

Fungsi alat musik Lalove sebagai salah satu pengiring Tarian Tradisional Balia. Tari Balia sendiri merupakan ritual penyembuhan penyakit pada suku kaili di Sulawesi Tengah kala itu.

Seiring berjalannya waktu, kepercayaan seperti itu sudah  mulai memudar dan hilang. Kini Lalove sudah boleh dipelajari dan dimainkan sebagai seni musik maupun pengiring tari tradisional yang sudah digubah dengan tujuan hiburan belaka tanpa adanya unsur magis dan kesakralan lagi.

Suling

suling

http://www.ragamseni.com

Alat musik tradisional berikutnya adalah suling. Suling merupakan alat musik yang terbuat dari kayu atau bambu dan terdapat beberapa lubang untuk mengatur irama.

Sahabat-sahabat sekalian juga  dapat menjumpai alat tradisional ini di hampir seluruh wilayah Indonesia. Suling mempunyai suara yang lembut sehingga bisa dipadukan dengan alat musik lainnya.

Alat Musik Tradisional dengan Cara dipetik atau digesek

Gambus Jambi

gambus

http://riauberbagi.blogspot.com

Ramainya perdagangan memberikan beberapa pengaruh yang signifikan terhadap bangsa pada  zaman dahulu , salah satunya dalam hal musik. Budaya padang pasir begitu kentara dengan adanya bukti alat musik tradisional yakni, Gambus Jambi.

Berbeda dengan Gambus Arab, Gambus Jambi memiliki jumlah dawai yang lebih banyak, bahkan sampai 12 senar.

Biasanya Gambus jambi  ini digunakan di dalam pertunjukan orkes gambus dan sebagai pengiring beberapa tarian.

Geso-geso

GESO-GESO

www.kompasiana.com

Alat musik Geso-geso merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Tengah. Sama seperti Tutuba, Gesso-geso juga andalan dari suku To Wana. Alat musik Geso-geso  ini terbuat dari bambu dan tempurung kelapa. alat musik tradisional ini termasuk kedalam jenis alat musik yang berdawai satu (one stringed stick zither).

Biasanya dimainkan dengan cara digesek layaknya biola dan biasanya dimainkan secara individual maupun juga kelompok.

Sasando

Sasando

http://kupang.tribunnews.com

Alat musik kali ini adalah sasando. Sasando atau sering disebut sasandu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik ini berbahan utama bambu, daun lontar dan senar string.

Cara memainkan alat musik Sasando ini  cukup dengan dipetik. Namun yang perlu kamu tahu, memainkan alat musik sasando  ini membutuhkan skill dan ahli yang tinggi, karena Sasando dimainkan dengan menggunakan yang berlawanan.

Tangan kiri sebagai pengatur melodi dan bass, sedangkan tangan kanan berperan mengatur accord. Selain itu juga dibutuhkan hermonisasi perasaan agar terciptanya  alunan nada yang merdu dan indah.

Sampek

Sampek

www.plengdut.com

Alat musik selanjutnya adalah Sampek. Sampek merupakan alat musik tradisional yang berasal dari suku Dayak, Kalimantan. Pada awalnya alat musik sampek ini digunakan untuk menyatakan perasaan seseorang, baik gembira, rasa sayang, rindu hingga duka lara.

Jika alat musik Sampek dimainkan pada siang hari, menandakan sang pemain merasakan suasana gembira. Begitu juga sebaliknya, jika allat musik Sampek dimainkan pada malam hari berarti sang pemain sedang dilanda duka.

Namun, seiringnya waktu fungsi tersebut bergeser menjadi alat hiburan dan sebagai pengiring upacara adat. Cara memainkannya cukup dengan dipetik layaknya sebuah gitar.

Sekian dan terimakasih

Leave a Reply