20+ Amalan Hari Jumat yang Perlu Kita Laksanakan

Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa penuh dengan kebahagiaan, keberkahaan serta anugerah yang telah di berikan kepada kita semua. Jumat mubarok adalah hari yang pas untuk menjalankan amalan hari jumat untuk mendapatkan pahala dan ridho dari Allah

Amalan apa saja yang perlu kita lakukan di hari jumat ini? Ada beberapa amalan hari jumat yang harus kita ketahui seperti memperbanyak sholawat, membaca surat Al Kahfi dan Yasin, berdzikir dan masih banyak lagi amalan-amalan hari jumat.

Untuk itu kami selaku admin mengajak kepada anda untuk membaca artikel ini cukup 8 menit saja anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat mengenai amalan hari jumat ini. Tunggu apalagi yuk simak penjelasan berikut ini. Selamat membaca

Amalan Hari Jumat

amalan hari jumat

angalul.com

Di hari jumat berkah ini salah satu kewajiban seorang laki-laki adalah melaksanakan shalat jumat. Nah, shalat jumat termasuk kedalam amalan yang wajib kita laksanakan. Selain dari shalat jumat ada beberapa amalan-amalan hari jumat antara lain sebagai berikut:

Memperbanyak Shalawat.

Memperbanyak Shalawat di hari jumat menambah nilai plus kepada seorang muslim kepada Rasulullah. Mengapa demikian? Karena kita telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk bershalawat. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i.

Rasulullah SAW bersabda ““Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu

sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i)

Membaca Surat Al-kahfi

Membaca Surat Alkahfi merupakan amalan hari jumat ke dua yang perlu kita kerjakan. Kita bisa membacanya pada awal hari jumat atau pada kamis malam tepatnya setelah masuk waktu maghrib. Seperti telah diriwayatkan oleh Hakim dalam Al-mustadrok.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok)

Membaca Surat Yasin

Selain membaca surat Al-kahfi, umat islam juga sangat dianjurkan untuk membaca surat Yasin pada Hari jumat. Adapun keutamaan membaca Yasin yang ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud, antara lain sebagai berikut

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Memperbanyak Dzikir

Dzikir kepada Allah adalah hal paling lumrah dilakukan untuk mengingat kepada Allah SWT. Berdzikir bisa kita lakukan setiap hari, tetapi akan lebih baik pada hari jumat berdzikir kepada Allah ditingkatkan atau diperbanyak. 

Seperti dalam Al-Quran surat Al jumu’ah ayat 9 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…”

Memperbanyak Doa

Amalan hari jumat selanjutnya adalah memperbanyak doa. Sesuai anjuran dari Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang menyebut bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Jumat kemudian berkata, “Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Mau tau kapan waktu mustajab untuk bedoa? Yuk KLIK di sini.

Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi

Membersihkan Diri dan Menggunakan Minyak Wangi adalah amalan sunnah di hari jumat sebelum melaksanakan sholat jumat berjamaah. Seperti Hadis dari Bukhari dan Muslim Nabi Muhammad SAW bersabda 

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Memakai Pakaian Terbaik

Memakai pakaian terbaik adalah salah satu anjuran yang terkait dengan perintah shalat jumat. Mengapa demikian? Karena ketika seorang muslim melaksanakan sholat untuk menghadap kepada Allah. Maka seharusnya ia tampil dengan pakaian terbaiknya.

Menyegerakan Berangkat ke Masjid

Tentu saja sebelum adzan shalat jumat berkumandang ada baiknya kita bergegas dan persiapkan diri untuk berangkat ke masjid seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari

“Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat” (HR. Bukhari).

Memperbanyak Shalat Sunnah Sebelum Khatib Naik Mimbar

Kita sangat dianjurkan memperbanyak shalat sunnah sebelum khatib naik ke atas mimbar serta menyuruh kita agar tidak berbicara ketika sang khatib sedang berkhutbah. Sesuai hadist Riwayat Muslim 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah SAWbersabda, “Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk shalat Jumat, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat tersebut sampai Jumat berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

Melaksanakan Shalat Sunnah Setelah Shalat Jumat

Sama halnya seperti shalat Dzuhur ada juga shalat sunnah jumat yang mengiringi shalat jumat yaitu 2 rakaat sebelum Shalat dan 2 rakaat sesudah shalat jumat. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh  Muslim dan Tirmidzi

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jumat, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Bersedekah

Amalan hari jumat yang terakhir adalah Bersedekah. Allah telam memberikan rezeki kepada seluruh hambanya sesuai porsi masing-masing secara adil. Rezeki itu bisa datang dalam bentuk apapun maka sangat dianjurkan membagi rezeki itu kapada yang membutuhkan.

Bersedekah bukan hanya bentuk uang saja ya. Bentuk apapun yang kita berikan secara ikhlas dan tidak mengharapkan dari orang lain itu sama saja dengan bersedekah

Nah, itulah beberapa amalan hari jumat yang perlu kita laksanakan. Semoga anda bisa melakukan amalan-amalan yang diatas. Semoga jadi ladang ilmu untuk anda. Mungkin itu saja yang bisa admin berikan Salam angalul.com Sekian dan terima kasih

Leave a Reply