7+ Fakta Ayam Cemani Beserta Mitosnya

Ayam cemani sangatlah berbeda dengan ayam jenis lainnya. Alasan yang pertama adalah warna kulit ayam cemani ini adalah hitam secara keseluruhan. Menurut penelitian faktor ayam cemani berwarna hitam terjadi karena adanya faktor genetik yang sering disebut  fibromelanosis

Kondisi ini menyebabkan perpindahan di sel pada tubuh ayam tersebut. Nah lantas bagaimana dengan telurnya apakah berwarna hitam juga? Jawabannya tidak. Berbeda dengan warna tubuhnya, telur ayam cemani ini  tidak berwarna hitam melainkan berwarna krem atau warna seperti telur ayam  biasanya

Bagaimana dengan dagingnya? Yup dagingnya mengikuti warna tubuh yang  berwarna hitam juga. Walaupun hitam pekat seperti itu masih banyak yang mencari hewan ini. Hanya orang tertentu saja yang memakan daging tersebut

Di balik  warna tubuhnya  yang sangatlah unik ini, ayam jenis ini nyatanya termasuk golongan spesies langka dan harganya kira-kira  bisa mencapai jutaan rupiah loh. harga ayam ini  bisa tembus sampai mencapai  Rp 25-40 juta per ekor ketika kalian jual.

Mengapa sangat mahal sekali? Menurut mitos, anak ayam cemani ini  bisa mendatangkan rezeki yang cukup besar  dan keberuntungan bagi yang memeliharanya. Bahkan telah diyakini ayam cemani mempunyai kekuatan magis yang tidak masuk akal dan bisa tolak bala kepada musibah, makhluk halus dan lain sebagainya

Selanjutnya mengenai fakta-fakta yang terungkap dari ayam jenis ini. Dari kalian pasti ada yang belum mengetahui dan ada yang sudah mengetahui tentang fakta-fakta yang tersimpan oleh ayam jenis ini. Yuk kita cari tahu fakta apa saja yang ada.

Terkenal Sejak Zaman Kerajaan Majapahit

ayam cemani

www.dictio.id

Sejarah dari  kisah legenda, masyarakat kota temanggung.  Ayam yang keseluruhan badannya berwarna hitam  ini berasal dari Jawa Tengah dan sudah terkenal oleh masyarakat  sekitar abad ke 15, dimana masa inilah merupakan era keemasan dan kejayaan Kerajaan Majapahit.

Ki Ageng Mangkuhan adalah seorang petapa yang diklaim  pemilik pertama ayam jenis ini. Tapi, menurut kisah atau sejarahnya  ayam ini mempunyai paruh berwarna putih dan digunakan untuk mengobati seorang anak pejabat di  daerah tersebut.

Karena keberhasilannya itu mengobati anak pejabat, yang akhirnya ayam tersebut dikembangbiakan atau dibudidayakan  dan dikawinkan dengan sesama jenis ayam berwarna hitam lainnya. Tetapi, anak ayam yang dihasilkannya ternyata  berwarna hitam legam dan paruh yang berwarna hitam juga.

Dan akhirnya, jenis ayam ini diberikan  nama Cemani yang berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam atau hitam pekat.

Sebagai Pelengkap Upacara Adat

ayam cemani

www.youtube.com

Beberapa keunikan yang dimiliki oleh ayam ini,  sering dipakai dan digunakan sebagai pelengkap ritual upacara adat di daerah tertentu  seperti bersih desa, saketenan, dan grebeg maulud. Ayam ini dipercaya oleh masyarakat memiliki kekuatan magis yang bisa menolak bala (perbuatan jahat) yang dilakukan makhluk halus ataupun sejenisnya.

Hingga sampai sekarang tradisi upacara adat  ini masih dilestarikan di Indonesia kebanyakan dari daerah asal hewan ini ditemukan. Yup di jawa tengah.

Membawa Keberuntungan

ayam cemani membawa keberuntungan

www.hipwee.com

Dibalik keistimewaan yang dimiliki oleh ayam  tersebut, ayam ini dipercayai oleh masyarakat untuk membuat pemiliknya selalu  beruntung. Ini bukan dari faktor-faktor yang mistis , tapi harga jualnya semakin hitam warnanya, semakin mahal harganya.

Mempunyai Kekuatan Magis

Mempunyai Kekuatan Magis

http://bali.tribunnews.com

Jika kalian lihat secara sekilas dari  ayam cemani ini , semuanya terlihat hampir sama bukan? Tetapi ayam ini  dibedakan menjadi 3  jenis berdasarkan kekuatan magis yaitu sebagai berikut

1. Cemani Widitra ini  mempunyai sapuan garis di leher, dada, paruh dan selangkangan, ayam ini banyak yang meyakini bisa memberikan kekuatan gendam asmara  dan penolak bala (kekuatan jahat) dari makhluk halus.

2. Cemani Warastratama adalah ayam Cemani yang paling sering digunakan atau dipakai sebagai pelengkap upacara adat seperti   bersih desa, saketenan, dan grebeg maulud.

3. Cemani Kaikayi. ayam ini  mempunyai ciri yang berbeda bisa dilihat dari bulu hitam dipadu biru laut. Ayam jenis ini dapat dipercaya bisa mengangkat santet bagi yang terkena santet .

Semakin Hari Semakin Langka

Semakin Hari Semakin Langka

www.dream.co.id

Tidak dipungkiri lagi jika  harga ayam Cemani bisa mencapai puluhan juta perekornya, karena jenis ayam ini semakin hari semakin langka susah untuk didapatkan dan dibudidayakan. Di Indonesia sendiri yang merupakan asal ayam cemani ini, sudah sangat sulit untuk kita temui di peternakan  jenis ayam ini.

Hal ini tidak akan  lepas dari anggapan banyak masyarakat  bahwa berternak jenis ayam ini bertentangan dengan ajaran agama islam , karena seperti yang kalian ketahui ayam jenis  ini sering sekali digunakan sebagai pelengkap dalam ritual-ritual adat kuno.

Kenapa Warna Ayam Cemani Bisa Hitam Legam?

ayam cemani

www.kaskus.co.id

Dari  hasil penelitian, warna hitam  ayam Cemani merupakan adanya faktor genetik yang sering disebut  fibromelanosis. Kondisi ini telah menyebabkan mutasi sel yang berfungsi di sel tubuh ayam tersebut yang menjadikan warnanya menjadi hitam pekat.

Leif Adersson, seorang ilmuwan asal Swedia, menemukan bahwa gen yang bermutasi ini merupakan gen “endothelian-3” (EDN-3) adalah gen yang membuat lapisan sel epidemis diseluruh badan tubuh ayam ini menghasilkan warna (pigmen) hitam.

Ayam Cemani yang sudah berusia dewasa, jumlah gen EDN-3 meningkat lebih dari 10 kali lipat dibandingkan dengan ayam biasa.

Ternyata Telurnya Berwarna Putih

Ternyata Telurnya Berwarna Putih

hobiternak.com

Hal yang paling misterius dan masih  terus dilakukan penelitian yaitu mengapa telur ayam ini masih berwarna putih tulang dengan beberapa bintik merah muda. Hal ini sangatlah  berbeda dengan warna tubuhnya yang seluruhnya berwarna hitam pekat ini.

Ketika kalian  disinari dengan senter, bagian dalam telur ayam  terlihat hampir sama dengan telur ayam pada umumnya tidak ada perbedaan. Warna hitamnya akan muncul setelah embrio ayam ini muncul, hal ini juga menjadi pertanda bahwa telur ayam tersebut subur dan bisa menetas.

Menurut perkiraan para ilmuwan, telur yang berwarna putih itu muncul  akibat proses mutasi fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam tersebut dan  tidak menular terhadap cangkang telur. Mungkin hal inilah yang mengakibatkan cangkang telur Seperti telur biasanya yang terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama dengan semua jenis ayam.

Telur ayam jenis ini sangat  dipercaya dapat mengatasi masalah fertilitas pria. Banyak orang-orang  yang mencari telur ayam cemani guna untuk menyembuhkan penyakit seperti ini. Caranya adalah kalian harus campurkan telur ayam cemani dengan madu selain madu juga bisa dengan beras kencur, setelah itu diminum.

Darah Ayam Berwarna Hitam

ayam

alfidy.com

Telah beredar sudah lama mengenai darah ayam cemani yang berwarna hitam. Namun, sejak dulu  kami sebagai peternak ayam ini , belum pernah menemukan ayam yang hitam pekat dengan darah berwarna hitam. Darah ayam cemani sama seperti ayam pada umumnya darah berwarna merah

Harga ayam ini cukuplah tinggi hingga bisa sampai puluhan juta. Tak heran hal ini terjadi, karena jumlahnya yang sekian hari  semakin berkurang.

Sejak dahulu ayam ini  hanya dipelihara oleh pejabat atau raja di daerah tersebut. Sehingga sampai saat ini, hanya orang tertentu saja yang mampu membelinya.

Banyaknya mitos yang bermunculan mengenai warna darah dan lidah ayam ini, kami menduga bahwa hal ini  terjadi karena untuk menarik para peminat ayam ini.

Di zaman yang serba canggih, apabila kalian masih ada yang  mempercayai mitos khususnya yang bertentangan dengan agama, ini sangatlah aneh. Sebaiknya ayam cemani dibudidayakan agar tidak mengalami kepunahan. Ayam cemani saat ini mungkin hanya berjumlah sekitar 5000 ekor saja di dunia.

Banyak sekali mitos-mitos mengenai ayam ini  yang diyakini sampai sekarang yaitu bisa memperlancarkan rezeki, sebagai syarat untuk ritual gaib, untuk memperoleh ilmu kesaktian, mempercepat mendapatkan jodoh, pemikat lawan jenis (pelet), sebagai tolak bala, ritual memandikan pusaka dan masih banyak lagi.

Karena semakin banyaknya permintaan ayam bisa mengakibatkan kepunahan, sedangkan jumlah ayam cemani semakin menurun, hal ini banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menjual ayam cemani palsu. Lalu, bagaimana ciri ayam cemani yang asli? Ayam yang asli bisa kita lihat dari warnanya yang hampir keseluruhan berwarna hitam pekat sampai tak tersisa. Mulai dari paruh, kulit, bulu, dubur, kaki, ketiak, tenggorokan dan jengger.

Banyak yang enggan dan sungkan membudidayakan ayam ini  karena dianggap bertentangan dengan agama. Sebenarnya itu semua  tergantung niat pribadi masing-masing.

Apabila hanya untuk diternakkan atau sekedar hobi itu tidak jadi  masalah. Ayam cemani sama saja dengan jenis unggas lain, hanya saja dia memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh unggas jenis lain. Selain itu, sejarah ayam cemani  yang telah beredar sejak zaman dulu membuatnya dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Meskipun ayam cemani memiliki warna yang dominan hitam, namun ayam cemani tidak menyimpan pertanda buruk atau pertanda baik bagi pemiliknya. Semua itu hanyalah mitos belaka  dan sangat dilarang untuk mempercayai.

Karena kepercayaan seperti ini merupakan hal yang salah dan tidak boleh dibenarkan. Kalian tidak perlu percaya dengan hal-hal mistis itu tidak dibenarkan oleh agama dan bisa menjadi syirik

Nah untuk makanan ayam ini tidak diharuskan dengan beras ketan hitam, namun juga bisa memakai kosentrat ayam berupa voer atau BR murni untuk anakan ayam atau DOC. Setelah ayam ini  berumur sekitar 3 minggu, kalian bisa mencampuri kosentrat dengan pakan tambahan seperti jagung giling, dan lain-lain. Hal ini untuk mengefisiensikan biaya pakan. Meskipun seperti ini, hasil ternakan kalian akan  bagus, pertumbuhannya baik, dan sehat.

Selain sebagai peluang bisnis, ayam ini juga bisa bermanfaat bagi tubuh. Ayam ini mengandung beberapa zat yang sangat  dibutuhkan tubuh manusia. Cocok juga untuk membantu pertumbuhan anak.

Selain itu juga, ayam yang unik ini  juga aman dikonsumsi oleh usia produktif. Karena kandungan lemak dan kolesterol yang cukup rendah. Namun cara penyajiannya tidak boleh digoreng, agar lemak tidak bertambah akibat dari minyak goreng.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan mengenai ayam cemani. Jadi kita tidak boleh mempercayai hal-hal mistis dari ayam ini.

Di karenakan  ayam ini tidak mempunyai kekuatan sama sekali kecuali atas seizin allah dan jika kalian mempercayai ayam inilah yang memberikan kekuatan kepada kalian, kalian salah besar dan bisa terjerumus ke sifat syirik atau menyekutukan allah. jJika ada salah kata mohon di maafkan. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply