Kumpulan Bacaan Sholawat Beserta Manfaatnya

Bacaan Sholawat Nabi

Bacaan sholawat merupakan sebuah salah satu doa kita kepada Allah SWT yang di peruntukan untuk Rasulullah SAW sebagai bentuk rasa kecintaan kita kepadanya. Maka untuk itu yuk kita semua selalu senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW  hendaklah kita jadikan sebagai sebuah amalan sehari-hari. Karena selain memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalam sholawat nabi, banyak sekali faidah-faidah  yang diperoleh setelah membaca dan mengamalkan sholawat nabi tersebut.

Ketika kalian masih kurang bisa meluangkan banyak waktu yang untuk membaca sholawat, kalian juga bisa membaca sholawat yang pendek dan singkat saja ko. Sholawat kepada nabi ini tidak harus panjang dan ribet. Cukuplah lakukan sebisa kalian saja. Asal usahakan agar selalu istiqomah.

Adapun manfaat lainnya yang dapat kalian rasakan ketika selalu membaca sholawat. Apakah itu? Yup kalain akan merasakan hidupnya akan terasa aman dan damai selalu.

Dengan banyak bacaan sholawat yang sering kalian baca dan hafal. Maka dari itu akan mengurangi sedikit beban dalam kehidupan sehari-hari. Lah kenapa bisa? Karena ketika kita bersholawat bisa menentramkan hati yang sedang gelisah

Selain itu, sholawat merupakan salah satu amalan terbaik yang sangat dianjurkan untuk kita. Karena bukan kita saja yang  bersholawat terhadap Nabi Muhammad SAW, bahkan Allah S.W.T beserta para malaikat-Nya pun turut ikut bersholawat kepada nabi Muhammad S.A.W

Yup Itu semua telah dijelaskan di dalam Al-Quran Surat Al – Ahzab ayat 56. Allah Berfirman

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Biasanya bacaan sholawat termasuk pembukaan acara. Seperti ceramah singkat, Pasti ada bacaan sholawat saat sedang ceramah. Bahkan ayat yang diatas juga sering dibacakan oleh ustadz atau siapapun saat ingin memulai ceramahnya itu

Macam-macam Bacaan Sholawat 

Bacaan Sholawat Nabi

alomuslim.com

Nah, Bacaan Sholawat nabi yang bisa mengantarkan kita agar lebih dekat dengan Rasulullah SAW kelak di surganya Allah SWT. Berikut Penjelasannya.

Dari zaid bin Abdullah, bahwa sebenarnya mereka ini telah  dianjurkan membaca sholawat dengan bacaan berikut :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad an nabiyyil ummiyyi’

Yang artinya :

“Ya Allah berilah shalawat kepada Muhammad Nabi yang Ummi.(Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 60 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)”

Dari Ka’ab bin Ujroh, bercerita

“Wahai Rasulallah, kami sudah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepadamu. Lalu bagaimana cara kami bersholawatkepadamu? Nabi SAW bersabda ucapkanlah

اللَّهُمَّ صّلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid”

Yang artinya :

“Ya Allah berilah sholawat kepada muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga ibrahim. Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Penyayang. (Fadlu Ash Sholah ‘Alan Nabiy no 56 SyeikhAlbani menganggap hadist ini shohih)”

Dari hadist riwayat bukhori yang telah diriwayatkan sebagai berikut:

bacaan sholawat

http://shalat-doa.blogspot.com

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama shollaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barokta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.”

Yang artinya :

“Ya allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan keluarganya karena engkau memberi sholawat kepada keluarga Ibrahim.Sesungguhnya engkau Maha Terpuji lagi Maha Penyayang”

Ada beberapa sholawat yang mungkin kalian ketahui dan hafal. Yup Sholawat Nariyah dengan Sholawat Nuril Anwar

Manfaat Dan Keutamaan Bacaan Sholawat

Manfaat Dan Keutamaan Bacaan Sholawat

lovepurrscat.blogspot.com

Diriwayatkan dari abdullah bin ‘amr, Rasulullah bersabda

“Barang siapa membaca sholawat kepadaku dan meminta agar mendapat wasilah dariku, maka dia berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat.” (Fadlu Ash-sholah ‘alannabiy no 50, Ismail bin Ishaq Al jahdiy. Dianggap shohih oleh syeikhAlbani).

Dari hadist diatas sebenarnya seseorang yang senang bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan tujuan agar mendapatkan syafaatnya,  maka Nabi telah menjanjikan syafaat tersebut kelak dihari kiamat nanti. Hari di mana semua amal-amal perbuatan kita semasa hidup akan dimintai pertanggung jawaban.

Perbanyaklah bersholawat di hari Jumat

Rasulallah SAW bersabda

“Perbanyaklah bersholawat kepadaku pada setiap Jumat, karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada hari Jumat.Barang siapa yang banyak bersholawat kepadaku dialah yang paling dekat denganku besok dihari kiamat.”( HR. Baihaqi dalam sunan al kubro. )

Dari hadist tersebut kita dapat ambil sebuah kesimpulan bahwa sebagai umat Nabi Muhammad yang menginginkan syafaatnya kelak nanti, hendaklah kita selalu mengamalkan dan membaca sholawat nabi pada hari Jumat.

Karena pada hari itu semua sholawat yang kalian baca kepada nabi Muhammad SAW akan ditunjukkan oleh malaikat yang telah mendapat tugas oleh Allah untuk mengawasi umat yang bersholawat kepada Nabi.

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda

“Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan membalas pahalanya sebanyak sepuluh kali.”

Dari sini begitu jelas apa balasan seseorang yang mau bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Bayangkan bila kalian ini bersholawat kepada nabi sebanyak 5 kali, maka Allah SWT akan membalasnya sebanyak 50 kali. Apabila 1000 kali kalian bersholawat maka Allah akan semakin banyak melipat gandakan pahala yang diberikan kepada orang yang membacanya tersebut.

Sangat mudah bukan? Ketika kalian  ingin masuk surga bersama Rasulullah SAW? Hanya dengan senang membaca sholawat nabi dan ternyata bisa membuat kalian sangat dekat dan bahkan bisa melihat Nabi Muhammad SAW secara langsung kelak di surga nanti. Insya Allah. Amin

Semoga kita selalu senantiasa beristiqamah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan selalu diberkahkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, yuk bareng-bareng gemar membaca sholawat

Semoga kalian bisa mendapatkan manfaatnya. Sekian dan terima kasih

 

Leave a Reply