Belajar Mengaji : Metode Beserta Tahapan-tahapannya

angalul.com

angalul.com Belajar mengaji atau belajar membaca Alquran untuk seorang muslim adalah suatu kewajiban. khususnya untuk seseorang yang sudah dewasa. Mengapa kita diwajibkan untuk membaca Al-quran?

Karena Membaca al-quran ialah perintah dari Allah SWT dalam beberapa ayat yang telah menjelaskannya. Untuk itu belajar mengaji dengan baik atau dengan kata lain belajar mengaji sesuai tajwid yang menjadi hal pentingnya.

Sebagian orang banyak beranggapan jika membaca Al-Qur’an itu sulit dipelajari dan susah untuk dipahami apalagi khusus untuk kita yang sudah beranjak dewasa. Kondisi seperti ini masih bisa dimengerti karena kita juga bisa ketahui bersama bahwa Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab.

Jadi sangat diperlukan sekali untuk kemauan dalam belajar serta memahami isi kandungan secara konsisten agar bisa belajar Al-quran dengan mudah.  Mengapa demikian ? Allah sendiri yang menjamin kepada kita dalam surat Al-qamar ayat 17 yang artinya

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran

Begitu Hebatnya Allah menjamin kepada umatnya yang ingin belajar membaca Al-quran. Untuk itu yuk yang masih belum bisa membaca Al-quran jangan malu. Jika malu terus kapan mau bisa dan kapan mau mengaji?

Yuk simak artikel berikut ini. Semoga anda bisa berminat untuk mengaji dan belajar membaca Al-Qur’an. Selamat membaca

BELAJAR MENGAJI ALQURAN UNTUK ANAK ANAK

BELAJAR MENGAJI ALQURAN UNTUK ANAK ANAK

https://www.blogkhususdoa.com

Sesuai dengan teori pendidikan bahwa belajar dari kecil ialah hal yang bagus dilakukan oleh orang tua. Banyak sekali orang tua yang memberikan perhatian untuk belajar membaca Al-Qur’an untuk anaknya

Nah, untuk anda barangkali sebagai orang tua  yang memiliki anak sekitar umur 4 atau 5 tahun ayok segera berikanlah mereka itu pengetahuan mengenai huruf hijaiyah

Yuk cari tahu huruf-huruf hijaiyah sesuai hukum tajwid. Cek di sini

Dari umur 4-5 tahun anak-anak anda diajarkan membaca Al-Qur’an. Maka anak tersebut insya Allah akan mengetahui secara mantap mengenai Al-Qur’an ini serta prilaku sehari-hari terjaga oleh ilmunya tersebut.

Bimbinglah mereka untuk belajar Al-Qur’an. Karena mereka suatu saat nanti akan sangat membekas dalam hatinya itu dari motivasi orang tua, guru maupun yang lainnya

Jika kita tidak memberikan ilmu mengenai cara membaca Al-Quran. Maka takutlah kalian, suatu saat nanti jatuhlah generasi muda di daerah tersebut. Karena mereka akan menjadi generasi selanjutnya.

BELAJAR MENGAJI ALQURAN UNTUK ORANG DEWASA

BELAJAR MENGAJI ALQURAN UNTUK ORANG DEWASA

www.almaas.co.id

Berbeda halnya dengan anak-anak. Belajar mengaji  untuk orang dewasa yang belum bisa mengaji Al-Quran kadang merupakan sebuah permasalahan. Yah, biasanya ada perasaan berat atau juga frustasi karena merasa sangat kesulitan untuk belajar.

Akan tetapi kembali kepada motivasi awal kita untuk bisa baca Al-Quran, yaitu mendapatkan ridho dari Allah serta ingin merubah kehidupan yang sebelumnya.

Kebiasan dari seseorang yang telah dewasa itu merasa malu dan putus asa terlebih dahulu sebelum belajar membaca Al-Qur’an

Rasa malu dari  seseorang dewasa  untuk belajar mengaji tuh pasti ada. Ya kan? Apalagi cowo. Gengsi belajar sama anak-anak kecil tuh..

Ada sebuah kutipan yang berbunyi

Siapa yang bisa merubah suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri.

METODE YANG TEPAT UNTUK BELAJAR MENGAJI AL QURAN

METODE YANG TEPAT UNTUK BELAJAR MENGAJI AL QURAN

Wajibbaca.com

Nah, ada baiknya kita memilih metode belajar membaca Al-Qur’an baik untuk anak-anak maupun yang sudah dewasa atau lansia. Kita tinggal memilih yang sangat tepat untuk bisa memungkinkan bisa dipelajari

Metode yang baik untuk kalangan anak-anak sampai remaja. Pertama kita berikan huruf-huruf hijaiyah serta makhrojnya. Lebih baik lagi jika kita memberikan pemahaman dengan lagu. Pasti anak-anak suka dengan metode seperti ini.

Untuk metode orang dewasa kita bisa metode Rubaiyat. Yaitu metode serba empat maksudnya ada 4 tahapan dalam belajar membaca Al-Qur’an, Seperti Bisa baca Al-quran , Lancar Baca Al-Qur’an, Hafal Al-quran Serta Paham Al-quran.

Nah, selanjutnya ialah mengenai beberapa tahapan mengenai belajar membaca Al-Qur’an yang bagus bagi referensi anda untuk anak-anaknya maupun diri sendiri. Mau tau bagaimana tahapan tahapan belajar membaca Al-Qur’an dengan benar?

Yuk geser ke bawah lagi.

BAGAIMANA TAHAPAN BELAJAR MEMBACA ALQURAN ?

Dibawah ini kami akan jelaskan mengenai beberapa tahapan-tahapan yang benar untuk anda, antara lain sebagai berikut :

1. Meluangkan waktu untuk belajar membaca Al-Qur’an

Tahap pertama harus bisa meluangkan waktu bermain anda untuk belajar membaca Al-Qur’an. Siapkan juga Alokasi dan waktu terbaik untuk belajar. Kesungguhan yang anda tampilkan akan membawa semangat yang kuat untuk belajar mengaji.

kebanyakan orang hanya memberikan waktu sisa dalam belajar mengaji ini, jangan sampai ketika kita sudah dewasa baru menyesal. Jika sudah dewa kemungkinan untuk belajar mengaji itu sedikit. Jadi gunakanlah waktu sebaik-baiknya.

2. Carilah Guru Mengaji

Setelah kita menentukan waktu dan alokasi tempat tahap selanjutnya ialah menentukan atau mencari guru untuk mengajar mengaji. Karena untuk dapat membaca Al-Quran memerlukan proses yang lama.

Bukan proses saja Niat, Cerdas, menurut Apa kata Guru, Ada Duit atau (Sangu Untuk Guru Ngaji) dan yang lain-lain.

mungkin anda ada sebuah pendapat mengenai bolehkah kita belajar secara otodidak untuk belajar mengaji? Menurut kami selaku penulis menyarankan carilah guru untuk membimbing anda agar bisa mengetahui kesalahan-kesalahan pada bacaan anda

3. Bisa Membaca Huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah. Tentunya kita harus bisa membaca Huruf Hijaiyah yang berjumlah 28 huruf karena ini merupakan suatu hal yang mendasar. Sama halnya kita hendak belajar membaca bahasa Indonesia. Alangkah Baiknya pada tahap ini kita juga harus memiliki buku Iqro Al-quran

Modal utama ialah bisa membaca serta menghafal huruf hijaiyah yang tersusun dari 28 huruf hijaiyah. Dengan ini kita bisa mengetahui huruf secara mudah.

4. Memahami Tanda Baca Dalam Al-Qur’an

Tahap selanjutnya ialah tahap memahami tanda baca. Ya, tanda baca seperti fathah, kasrah, dhomah, sukun, Tanwin, serta tasydid. Sama Halnya huruf vokal dalam bahasa indonesia yaitu a,i,u,e,o

5. Memahami Dasar Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid adalah paling penting dalam pembelajaran Al-qur’an ini. Di dalam tata cara membaca Al-Qur’an ada banyak sekali tanda baca, seperti huruf dipanjangkan, mendengung, tebal dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Yuk baca artikel tentang belajar ilmu tajwid dasar lengkap dengan contohnya di sini.

6. Memahami Teknik Membaca Al-Qur’an

Tahap yang ke-6 ialah memahami teknik membaca Al-Qur’an. Kita harus bisa mengetahui dan menguasai teknik membaca Al-Quran seperti idgham, mad, qolqolah, serta lainnya.

Seperti teknik membaca mim mati. ada 3 macam teknik yang masing-masing berbeda. Apa saja 3 macam itu? Yuk cari tahu di sini

Nah, itulah beberapa tahapan-tahapan membaca Alquran dengan benar dan mudah. Jika kalian berminat metode dan tahapan-tahapan diatas bisa sebagai referensi untuk anda.

Mungkin itu saja yang bisa kami ulas pada pembahasan kali ini. Pasti bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share yah guys. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply