25+ Manfaat Belimbing Wuluh Beserta Bagi Kesehatan Tubuh

Di Indonesia tanaman belimbing wuluh ini sangat mudah ditemukan. Buah ini dikenal dengan asamnya yang bisa membuat kita merem melek dan rasa asam ini juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan atau penyedap bumbu masakan.

Apakah kalian  tahu bentuk buah belimbing wuluh ini? Jika belum yuk baca sampai selesai banyak pembahasan ini  yang akan saya paparkan di artikel ini. Dari manfaatnya, efek samping, khasiat, kandungan dalam buah tersebut dan olahan menjadi makanan yang sangat lezat

Sebelumnya jika kalian ingin memberikan komentar atau saran silahkan isi di kolom komentar. Yuk baca sampai habis.

Manfaat Belimbing Wuluh

belimbing wuluh

adasehat.net

Buah ini termasuk buah yang kaya manfaat jika kita mengkonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Dari manfaat untuk wajah, untuk diet, kolestrol, dan lain-lain.

Biar pun kecil tetapi mempunyai beberapa kandungan yang mampu mengobati berbagai penyakit kulit dan sebagainya. Di bawah ini manfaat dari belimbing wuluh, antara lain sebagai berikut :

Mengatasi Jerawat Pada Kulit

Mengatasi Jerawat Pada Kulit

http://life.108jakarta.com

Hampir dari semua orang sudah  pernah merasakan bahkan mengalami dari namanya masalah jerawat ini. Jerawat yang sering tumbuh pada bagian  wajah ataupun pada bagian tubuh lainnya, seperti punggung dan leher.

Jerawat juga mampu membuat kadar stress manusia itu  menjadi cepat menaik. Berbagai cara yang sudah dilakukan untuk menghilangkan jerawat ini, seperti berobat ke dokter kulit dan menggunakan cream pembersih wajah dengan kandungan bahan kimia.

Nah, untuk kalian yah kalian  yang sedang tidak percaya diri atau PD jika memiliki jerawat pada kulit wajah, kalian  tidak perlu bingung ataupun risau.

Kalian bisa  memulai pengobatan ini  secara alami. Bagaimana caranya? Yup caranya dengan menggunakan buah belimbing wuluh ini, manfaat belimbing wuluh untuk kulit berjerawat ini dapat kalian rasakan setelah penggunaan atau  pemakaian yang rutin.

Berikut adalah 6 cara memakai  belimbing wuluh sebagai obat jerawat kalian

1. Siapkan 7 belimbing wuluh yang segar dan berwarna hijau. Kemudian bersihkan  belimbing wuluh

2. Potong kecil-kecil belimbing ini

3. Siapkan satu sendok perasan jeruk nipis

4. Campurkan kedua bahan tersebut

5. Aplikasikan pada area wajah Anda yang sedang berjerawat

6. Tunggu selama kurang lebih 15 menit dan bilas hingga bersih

Lakukan cara yang di atas  tersebut secara rutin seminggu tiga kali atau setiap hari dan rasakan perubahan pada wajah kalian. Jangan kaget ya, hehe

Menghilangkan Panu Pada Kulit

Menghilangkan Panu Pada Kulit

www.khasiatsehat.com

Apakah kalian pernah mempunyai panu?  Memiliki panu apalagi di bagian-bagian tubuh yang mudah terlihat oleh orang lain dapat membuat rasa percaya diri akan cepat turun berkali-kali lipat.

Panu atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Tinea versicolor adalah  penyakit kulit yang telah disebabkan oleh jamur atau kuman.

Panu ditandai dengan adanya bercak-bercak putih atau coklat pada kulit di bagian-bagian tertentu yang menyebabkan rasa gatal pada saat berkeringat ketika setelah kalian melakukan olahraga.

Cara menyembuhkan panu pada kulit wajah biasanya menggunakan salep yang dioleskan pada bagian yang terkena panu itu. Namun, ketika kalian  merasa tidak ada efek perubahan yang terjadi.

Maka kalian bisa memanfaatkan  belimbing wuluh ini sebagai alternatif alami untuk menyembuhkan penyakit panu pada kulit wajah atau pun bagian lainnya.

Berikut adalah cara penggunaan belimbing wuluh sebagai cara menghilangkan panu pada kulit kalian

1. Siapkan 7 buah belimbing wuluh yang segar dan pilih buah yang masih hijau

2. Bersihkan dengan air hingga benar-benar bersih

3. Siapkan air sirih 1-2 sendok

4. Potong kecil belimbing wuluh yang sudah dibersihkan

5. Campur kedua bahan tersebut

6. Oleskan Campuran dari kedua bahan  hanya pada area kulit yang terkena panu

7. Diamkan hingga kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih

Jika kalian bisa melakukan pengobatan ini sesuai arahan yang di atas, secara rutin dengan cara seminggu dua atau tiga kali, maka penyakit panu di kulit kalian  akan berangsur-angsur memudar dan kemudian hilang deh.

Memutihkan kulit

Memutihkan kulit

www.khasiat.co.id

Kebanyakan dari  orang Asia ini menginginkan kulitnya ini  putih dan sehat, mungkin saja kalian dari salah satunya. Kabar baiknya adalah manfaat belimbing wuluh yang satu ini juga bisa kalian  jadikan cara alternatif untuk membuat kulit Anda menjadi lebih cerah. Hehe

Berikut adalah cara pemakaian belimbing wuluh untuk mencerahkan kulit kalian, antara lain sebagai berikut:

1. Siapkan belimbing wuluh secukupnya. Sekitar 4-6 biji buah

2. Siapkan air hangat dan masukkan belimbing wuluh kedalamnya sambil dilumat

3. Jadikan buah ini sebagai luluran  dan basuhkan pada sekujur tubuh anda dan jangan lupa bilas dengan bersih

Kalian bisa melakukan cara sesuai di atas selama seminggu sekali dan rasakan khasiatnya

Mengobati Batuk

Mengobati batuk

cookpad.com

Manfaat buah ini  juga bisa meredakan gejala penyakit batuk serta dapat mengeluarkan dahak yang menyangkut di dalam tenggorokan yang telah memberikan efek gatal pada tenggorokan yang dapat memperparah penyakit batuk.

Nah, di bawah ini adalah cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengobati batuk, antara lain sebagai berikut :

1. Siapkan 3 butir belimbing wuluh yang segar lalu cuci hingga bersih

2. Lalu siapkan juga beberapa butir adas manis

3. Gunakan gula secukupnya

4. Masukkan semua bahan dalam sebuah panci

5. Tambahkan 1 gelas air lalu masak hingga air tersisa sedikit saja kita – kira 3 sendok

6. Setelah dingin masukkan ramuan dari buah belimbing wuluh tersebut kedalam kain untuk membantu mempermudah proses penyaringan dan pengambilan air belimbing

7. Minum dipagi dan malam hari secara rutin hingga batuk sembuh

Kalian bisa memakai cara ini sesuai yang telah tersaji di atas.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Mengatasi penyakit diabetes

latarduniaislam.com

Penyakit diabetes ini  juga bisa disembuhkan dengan buah ini caranya rajin mengkonsumsi ramuan yang berbahan dasarkan belimbing ini.

Kandungan pada belimbing ini bisa mengobati penyakit yang telah disebabkan karena  kadar gula dalam darah melewati batas normal yang sudah ditentukan.

Zat tersebut adalah zat asam yang terdapat pada belimbing ini yang dapat menekan jumlah gula dalam darah berada di posisi normal atau posisi yang wajar.

Cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengobati diabetes

1. Siapkan bahan berupa 6 buah belimbing wuluh yan masih segar

2. Rebus belimbing wuluh dalam panci dan tambahkan 1 gelas air putih

3. Tunggu hingga rebusan air belimbing wulut tinggal setengah gelas

4. Ambil airnya sambil belimbing wuluh diperas airnya gar dapat tercampur dengan air rebusan tersebut

5. Setelah agak dingin atau hangat kuku minum ramuan tersebut 2 kali sehari secara rutin.

6. Kalian juga bisa mempraktekannya juga, tetapi ingat sesuai langkah-langkah di atas

Menyehatkan Tulang

Mengobati sakit gigi

www.merdeka.com

Tulang yang sudah mulai kehilangan kepadatan di dalamnya bisa mengakibatkan tulang menjadi rapuh atau keropos. Sehingga tulang yang ada di dalam tubuh  tidak mampu lagi menyangga tubuh kita ini. Sehingga tulang ini dapat kehilangan fungsinya.

Belimbing ini mempunyai kandungan kalsium yang sangat baik sekali  untuk merawat kesehatan tulang di dalam dan membantu mengembalikan kepadatan tulang yang sudah mulai mengkropos itu.

Caranya adalah kalian harus rajin menkonsumsi belimbing wuluh secara dimakan langsung atau juga dapat direbus dan diminum airnya minimal sekali sehari.

Mengobati Sakit Gigi

Mengobati sakit gigi

anostrabarcelona.blogspot.com

Manfaat Selanjutnya adalah bisa meredakan sakit pada gigi. Terutama gigi yang berlubang ini. Namun perlu kalian ingat pengobatan ini hanya bersifat sementara saja.

Jadi ketika sakit gigi kambuh lagi lakukan cara ini kembali. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan cara menumbuk 1 buah belimbing wuluh kemudian letakkan pada gigi yang berlubang dan sakit.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi3

http://www.tribunnews.com

Masalah ini sudah banyak yang terkana darah tidak normal atau darah terlalu tinggi sehingga jantung kesulitan memompa darah. Kalian juga dapat membuat ramuan sendiri dari belimbing ini supaya bisa meredakan darah yang tinggi itu

Cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengobati hipertensi :

1. Cuci bersih 3 buah belimbing wuluh pilih yang masih segar

2. Rebus belimbing wuluh dengan menambahkan 2 gelas air dan daun seledri satu batang

3. Lalu tunggu sampai air rebusan tersisa satu gelas

4. Minum sekali sehari sampai tekanan darah normal kembali, setelah normal lakukan perewatan untuk mencegah darah anda naik kembali dengan minum ramuan ini sekali seminggu.

Mengatasi Sariawan

Mengatasi sariawan

www.vemale.com

Penyakit ini salah satu penyakit yang sering  terdapat di dalam mulut. Tandanya terkena penyakit ini adalah benjolan di dalam mulut persisnya di bagian bibir dalam.

Manfaat belimbing ini  salah satunya bisa menyembuhkan sariawan yang terdapat di dalam bibir tersebut. Tapi, rasanya agak perih namun tidak se perih diputusin pacar

Nah, Cara membuat ramuan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan

1. Ambil 1 buah belimbing wuluh segar

2. parut belimbing wuluh tersebut

3. oleskan pada area mulut yang terserang sariawan

4. lakukan 3 kali sehari agar hasil maksimal

Mengecilkan Pori-pori

Mengecilkan pori-pori

www.infokyai.com

Buah belimbing ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Yup masalah  pada kulit wajah, dengan kandungan vitamin C yang ada pada belimbing ini sangat baik untuk merawat kulit wajah kalian.

Bagaimana cara merawatnya? Salah satunya adalah dengan mengecilkan pori-pori yang mulai mengendur dan debu akan lebih mudah masuk kedalam pori-pori kalian. Nah lantas bagaimana cara mengecilkan pori-poro ini

Cara membuat ramuan belimbing ini untuk mengecilkan pori-pori

1. siapkan 5 buah belimbing wuluh kemudian cuci hingga bersih

2. haluskan belimbing wuluh dengan cara ditumbuk atau dapat juga menggunakan blender

3. setelah halus tambahkan air garam secukupnya

4. oleskan paada wajah seperti menggunakan masker hati-hati mengenai mata anda karna akan terasa perih

5. tunggu sekitar 10 menit lalu cuci bersih

Olahan Dari Belimbing Wuluh

olahan belimbing wuluh

http://www.resepkuekeringku.com

Manfaat lain dari buah belimbing  ini adalah sebagai pelengkap masakan dapur. Mau tau apa saja, yuk baca juga manfaat ini menjadi olahan yang lezat. Antara lain sebagai berikut

Sambel Pecelan Belimbing Wuluh

Bahan-bahan yang harus tersedia adalah Belimbing wuluh segar, Bahan sambal:, Kacang goreng, Rawit, Asam jawa, sct Terasi yg sdh dibakar, tipis Gula merah, Jeruk limau bisa jg jeruk purut(sama rasanya). Ini akan membuat sambal menjadi pedas asam begitulah

Sambal Belimbing Wuluh

Bahan-bahan yang harus tersedia adalah belimbing wuluh (belimbing sayur) ukuran sedang, cabe keriting, cabe rawit, terasi yang sudah matang, Garam (secukupnya), Penyedap rasa (bila dibutuhkan). Ini akan membawakan citarasa yang aneh tapi sedap

Mungkin ini saja yang bisa saya paparkan dari penjelasan tentang buah belimbing wuluh ini. sekian dan terima kasih

Leave a Reply