9+Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah kalian  tahu tentang buah tin? nama buah itu berasal dari al-qur’an yaitu jus 30 At-tin. Buah tin atau dalam bahasa latin yaitu Ficus carica merupakan sejenis buah asalnya dari Asia Barat yang paling populer pada dunia Islam.

Faktor ini disebabkan oleh buah tin disampaikan oleh Allah SWT, dalam firmanNYA di Alquran pada surat At-tin yaitu surat ke 95.

Pengertian Buah Tin

buah tin

www.ummi-online.com

Buah tin adalah sejenis buah-buahan yang bisa dimakan yang berasal dari asia barat. Buah tin  diambil dari bahasa Arab.

Nama ilmiah dari buah tin adalah  Ficus carica ini sebenarnya masih kerabat dengan pohon beringin. Buah tin ini  tumbuh mulai dari daerah Balkan sampai dengan Afghanistan dan saat ini mulai dibudidayakan di berbagai tempat lain di penjuru dunia.

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui tentang buah tin dan buah zaitun , karena buah tin dan zaitun ada di dalam al quran yaitu di surat at-tin. tetapi mungkin dari kalian masih terdengar asing dan belum banyak yang mengkonsumsi buah tin tersebut.

Di Indonesia saat ini ada beberapa masyarakat atau kelompok  yang sudah mulai membudidayakan buah tin. Meskipun pada mulanya pohon tin tidak mudah  ditemukan di Indonesia, namun saat ini kalian bisa menemukan bibit pohon tin maupun buah tin yang dijual di pasaran

Buah tin  ini salah satu buah-buahan  yang disukai Rasululah SAW. Dikisahkan oleh Abu Zar r.a. bahwansannya pernah Rasulullah menemukan satu buah tin lalu Nabi Muhammad SAW mengajak para sahabatnya untuk makan kemudian Rasulullah pun ikut makan seraya berkata

“Kalau aku perkataan tentang buah yang dijatuhkan dari syurga, untuk itu aku katakan ini karena buah syurga tak berbiji. Oleh karena itu, makanlah sebaiknya buah ini. Sesungguhnya buah tersebut mengatasi penyakit buasir dan menjaga kesehatan tubuh.”.

Dari sabda Rasul SAW tersebut, dapat di simpulkan bahwa buah tin merupakan buah yang asalnya dari surga  dan tergolong buah yang banyak manfaat yang sudah dikatakan oleh Rasulullah SAW yaitu untuk mengatasi penyakit dan menyehatkan badan, serta dapat menghilangkan toksin yang berbahaya di dalam organ tubuh dan masih banyak lagi manfaatnya.

Di alam  ini, terdapat dua jenis buah tin yaitu  buah tin basah dan buah tin kering. Perbedaannya ialah hanya pada kadar kalorinya. Buah tin kering  mengandung enam kalori lebih banyak dari buah tin basah. Buah tin sangat kaya nutrisi dan khasiat dalam buahnya.

Manfaat Buah Tin Dalam Kesehatan Tubuh

manfaat buah tin

http://www.itjeher.com

1. Sebagai Sumber Nutris

Kandungan dari buah tin ini bisa memberikan nutrisi yang baik dan lengkap bagi tubuh manusia. Adapun kandungan yang dihasilkan oleh buah tin setelah kita mengkonsumsinya antara lain, kalsium, serat, dan kalium yang tinggi.

Selain itu juga buah tin  mengandung sodium yang cukup rendah, serta terdapat senyawa anti kanker, dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A,B, maupun C. Dengan ini khasiatnya tidak diragukan lagi apa  yang dihasilkan oleh buah tin ini sangatlah baik bagi tubuh kita.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Buah tin memiliki kandungan serat larut yang cukup baik. Menurut para  ahli, kandungan serat larut berupa pektin dalam buah tin sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

Manfaat buah tin yang  satu ini dapat muncul karena ketika pektin masuk kedalam tubuh, kandungan ini akan menyapu semua kolesterol dan membuangnya melalui sistem ekskresi. Baik itu ekskresi berupa BAB, keringat, ataupun dalam bentuk air seni. Jadi Kolesterol keluar dari jalur tersebut

3. Bagi Penderita Diabetes

Buah tin Mempunyai rasa yang manis ketika kita makan. Meskipun demikian, kandungan glukosa dan fruktosa dalam buah tin  tidak akan membuat kadar gula dalam darah kalian menjadi naik.

Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin ini  juga banyak mengandung serat larut dan karbohidrat.

Kedua kandungan dari serat larut dan karbohidrat  inilah yang akan menghambat proses penyerapan gula berlebih pada bagian sistem pencernaan secara optimal sehingga baik untuk mengobati diabetes Bahkan, beberapa para ahli memberikan tanggapan tentang  buah tin ini cukup efektif untuk mencegah diabetes, namun tidak perlu secara berlebihan dalam konsumsi buah tersebut.

4. Mencegah terjadinya Serangan Jantung

Munculnya serangan jantung ini  dapat disebabkan oleh kadar natrium di dalam tubuh karena kadar natrium dalam tubuh cukup tinggi, natrium ini akan menimbulkan penyempitan pembuluh dan plak yang membuat kinerja jantung semakin berat dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh.

Menurut penelitian buah tin yang telah dilakukan di Arab Saudi, buah tin itu mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Para ahli juga berpendapat tentang buah tin, konsumsilah  buah tin ini minimal 1x sehari akan membantu menekan resiko Anda terkena serangan jantung mendadak.

5. Mencegah Hipertensi

Buah tin mengandung senyawa mineral alami seperti magnesium, fosfor, omega 3, omega 6, dan fenol. Kandungan-kandungan mineral alami inilah yang cukup berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebagaimana kita telah kita  ketahui tekanan darah tinggi disebabkan adanya penyempitan pembuluh darah, apabila kondisi ini dibiarkan maka akan menyebabkan munculnya penyakit jantung koroner yang sangat berbahaya.

6. Mampu mengatasi anemia 

Buah tin juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang dimana zat besi merupakan bahan baku pembentukan hemoglobin darah.  Manfaat buah tin bagi orang yang terkena anemia sangatlah luar biasa.

Buah tin adalah salah satu buah penambah darah yang dipercaya untuk  mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah kita. dengan ini, buah tin juga  bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anemia.

7. Mengatasi Sembelit

Buah tin dapat dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalam buah tersebut  bersifat laktasif.

Dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin tidak hanya mengobati sembelit kronis saja  akan tetapi buah tin juga dapat menjaga kesehatan pencernaan kita supaya lancar seperti biasanya.

8. Mencegah Munculnya Tumor

Buah tin mengandung benzaldehide dan phenol, kandungan kedua senyawa ini dapat dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang menjadi penyebab munculnya tumor jinak.

Tidak hanya mampu mencegah tumor jinak saja, namun kombinasi antara antioksidan juga cukup efektif untuk membantu Anda cegah penyakit tumor ganas.

9. Menjaga Tulang dan Mencegah Penyakit Tulang

Dalam buah tin terdapat banyak  kandungan senyawa kalsium yang cukup tinggi, bahkan para ahi gizi mengungkapkan bahwa  kalsium dan fosfor dalam buah tin lebih tinggi dari pada kandungan dalam susu.

Jadi dapat disimpulkan buah tin sangatlah baik untuk kesehatan tulang, dan sangat diperuntungkan untuk anda berusia 30 keatas untuk mencegah osteoporosis, serta sanagat dianjurkan juga untuk  membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.

Cara Penanaman Buah Tin

cara penanam buah tin

http://www.faunadanflora.com

Banyak cara menanam buah tin tersebut, dari media pot, cangkok dan stek yang sering banyak digunakan untuk menanam buah tin tersebut. Cara budidaya ini  sebenarnya tidaklah hal yang sulit, bahkan dikatakan tergolong mudah. kalian bisa menanam buah tin di tempat sempit seperti pekarangan rumah.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan  bibit adalah pilihlah batang buah tin yang masih berkulit hijau karena akan membuat proses perakaran lebih cepat dan banyak. Setelah bibit pohon  buah tin siap, hal yang harus disiapkan tentunya adalah media tanam jika tidak ada media tanam yah mau gimanah?? Kesuksesan budidaya buah tin kesuburan media tanam baik secara fisik, kimia maupun biologis.

Tanah yang harus disiapkan harus gembur dan porous, yakni ketika tanah yang kita siram dengan air itu akan menyerap langsung ke dalam tanah tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan tiga hal di atas, kita perlu menyediakan media tanam yang terbuat dari sekam atau arang sekam dan pupuk kandang Seperti kotoran kambing

Kemudian ketika kita sudah menyiapkan media tanam, kita langsung mengeduk tanah sedalam 5 cm kemudian masukkan bibit buah tin yang masih muda. lalu taruh separuh tanah kemudian jangan lupa berikan pupuk kandang. Setelah itu tutup dengan tanah lagi jangan lupa siramlah air secukupnya

Buah Zaitun

buah zaitun

http://www.nasionalisme.co

Buah zaitun ini bisa bisa diolah menjadi minyak zaitun oleh manusia yang bertujuan untuk merawat wajah, merawat rambut dan masih banyak lagi olahannya.

Manfaat buah zaitun ini tidak dijadikan minyak saja, masih banyak manfaat yang masih ada. Buah yang berwana hijau atau ungu kecoklatan ini juga bermanfaat ketika dikonsumsi langsung.

Manfaat Buah Zaitun

Manfaat buah zaitun

www.khasiat.co.id

Melawan infeksi

Di zaman sekarang buah yang satu ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan, pasalnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti atau membunuh bakteri-bakteri dalam tubuh manusia. Salah satunya ialah melawan infeksi pada tubuh manusia.

Kandungan dalam buah zaitun ialah antioksidan dan tyroso. Oleh karena itur sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh pada manusia jika sedang mengalami sakit seperti kekurangan gizi atau terserang penyakit.

Meningkatkan kesehatan jantung

Selain itu, buah zaitun juga baik untuk menjaga jantung, karena bisa mengatur kadar kolesterol dari oksidasi. Jika yang sedang mengalami kolesterol tinggi juga bisa di stabilkan dengan mengkonsumsi buah zaitun.

Manfaat lainnya ialah untuk menipiskan darah , agar menanggulangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Jika darah sudah membeku, maka akan sangat berbahaya dan bisa menghalangi aliran darah pada tubuh manusia.

Memperbaiki kesehatan tulang

Di negara-negara bagian Eropa, buah zaitun banyak digunakan untuk sebuah peternakan. Karena sangat baik untuk pencegahan tulang keropos. Nah, kasus yang seriung terjadi ialah beberapa hewan sering ditemukan mati karena mengalami pengeroposan dini.

Senyawa dalam buah zaitun atau minyak zaitun ini sangat baik untuk pencegahan tulang pada hewan. Terbukti dalam sebuah study pencegahan hewan untuk tetap sehat di usia lanjut yaitu dengan memberinya minyak zaitun.

Mencegah kanker

Sangat banyak manfaat baik untuk kita semua. Salah satunya ialah sebagai pencegahan kanker. Buah ini mengandung senyawa antioksidan yang mampu mencegah kanker payudara, perut dan usus besar.

Masih banyak lagi manfaat lainnya untuk hewan dan manusia. Namun masih perlu penelitian lebih dalam, agar tidak salah dalam membuat obat atau vitamin yang dihasilkan dari buah zaitun atau minyak zaitun.

 

Leave a Reply