12+ Jenis Burung Merpati Pakan Beserta Kandangnya

Cie lagi mencari lebih dalam tentang burung merpati. Kalian masuk ke artikel yang pas masuk ke dalam artikel ini. Yup mengenai burung merpati ini cukup menarik untuk kita ketahui dan pelajari, karena bisa menjadi sebuah ajang perlombaan, budidaya dan penjualan.

Burung merpati memang banyak orang yang menyukainya jika burung merpati itu berpasangan biasanya dinamakan atau disebut keket atau sudah nurut jika perempuannya ada di jarak 10 meter maka burung yang jantan akan hinggap di atas burung betina.

Yang paling hebat lagi burung merpati ketika dilepaskan dan sudah mengetahui dimana rumahnya, maka seandainya burung merpati pergi saat pagi dan tunggu saja saat siang atau sore hari pasti sudah ada di dekat kandang.

Mengapa demikian? karena mempunyai keahlian khusus untuk mengingatkan yang mana rumahnya dan yang mana pasangannya

Yuk baca sampai selesai banyak lagi lohh penjelasannya tentang burung merpati ini dari jenis-jenis, pakan, kandang, perbedaan burung dara dengan merpati dan masih ada lagi di bawah. ayo baca sampai selesai jangan tanggung-tanggung. Silahkan membaca

Perbedaan Burung Merpati dan Burung Dara

burung merpati

http://intisari.grid.id

Menurut istilah burung dara cenderung digunakan untuk penyebutan pada burung keluarga columbidae yang berukuran kecil, tetapi penyebutan ini tidak konsisten oleh masyarakat sehingga sudah lumrah penyebutan burung dara dan burung merpati itu dengan sebutan  nama yang sama oleh masyarakat.

Oleh karenanya burung dara maupun  burung merpati bagi masyarakat tidak ada bedanya semua sama.

Jadi burung dara maupun burung merpati tidak ada bedanya,walaupun ada yang berbeda dalam penyebutan kedua hewan ini tetapi  hanya di beberapa daerah saja.Untuk itu burung dara maupun burung merpati adalah hal yang sama.

Burung dara adalah sinonim untuk burung merpati. Jadi kalian tidak perlu bingung lagi terserah kalian ingin menyebutnya apa. Tidak perlu bertengkar karena perbedaan nama hewan dan sebagainya karena kita ini 1 NKRI yaitu Indonesia.

Jenis-jenis Burung Merpati

Jenis burung merpati

http://www.greeners.co

Adapun jenis-jenis burung merpati  yang kalian belum ketahui. Kalian pasti hanya mengetahui namanya hewan tersebut saja bukan? Untuk dibawah ini adalah jenis-jenis burung merpati. Antara lain sebagai berikut:

Merpati Aduan atau Merpati Biasa

burung merpati aduan

http://danstrefour.blogspot.com

Burung Merpati aduan atau biasa  adalah merpati rumahan yang sering kita jumpai dan sering dipelihara oleh manusia. Burung Merpati ini mempunyai badan yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil berarti berukuran sedang.

Warna burung merpati biasa ini banyak ragamnya. Keunikan dari burung merpati biasa  ini adalah dari ketangkasan burung tersebut dalam beradu kecepatan dengan burung sejenisnya maupun tidak, burung merpati jenis ini bisa dimainkan, yaitu bisa dengan  di adu kecepatan terbangnya.

Diadu dengan berbagai cara dari  jalur lurus (sprint) maupun dari ketinggian dan saat menukiknya itu sungguh luar biasa. Sehingga perlombaan burung merpati jenis ini sangatlah  sering diadakan ajang perlombaan di seluruh daerah indonesia.

Permainan merpati seperti ini merupakan permainan yang hanya ada di indonesia. Merpati jenis biasa  ini sangatlah banyak dijumpai dan dipelihara di perumahan. Harganya bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan juta.

Merpati Pos

merpati pos

www.youtube.com

Burung Merpati Jenis pos ini mempunyai badan yang agak  lebih besar dari burung merpati jenis lainnya. Burung Merpati pos ini  mempunyai struktur badan yang lebih kuat dan kokoh dari burung merpati lainnya.

Keunikannya  adalah dia sangat hafal dengan rumahnya, sehingga ketika  sudah dewasa pada waktu kita lepas di daerah yang cukup jauh dari rumahnya maka merpati pos bisa pulang kerumahnya.

Burung Merpati pos di pertarungkan kecepatan pulangnya dengan jarak yang luar biasa. Rata-rata sekitar 500-1000 km, biasanya lomba merpati pos dilombakan dari lombok-jakarta, atau bali-jakarta melewati pulau dan lautan. Sebagian besar burung merpati pos ini  berwarna megan dan tritis dan masih banyak jenis warna yang lainnya.

Mengapa disebut burung merpati pos? karena pada zaman dahulu merpati ini membantu dalam pengiriman surat, dan membantu dalam pengiriman pesan saat perang. Tetapi sekarang merpati ini digunakan untuk mengirim media penyimpanan (MMC, Micro SD dll) di area pegunungan.

Merpati Hias

merpati hias

fjb.kaskus.co.id

Burung Merpati jenis ini adalah burung merpati yang mempunyai keunikan di sisi warna dan bentuknya. Banyak macam dan jenis dari merpati hias. Merpati hias banyak dilombakan dalam kategori  keindahan bentuk dan warnanya.

Bahkan Burung merpati ini sebagai hiasan dirumah-rumah. Karena keindahan warna yang ada pada burung merpati ini.

Merpati Old Dutch Capuchine

Merpati Old Dutch Capuchine

harepigeonlove.wordpress.com

Merpati jenis  Old Duct Capuchine ini  adalah jenis merpati yang sangat  mewah dan dikembangkan selama bertahun-tahun dengan perkembangbiakan secara  selektif. Keunggulan merpati jenis ini adalah tumbuhnya surai atau bulu jambul yang padat di kepala, berbentuk lonjong di kedua sisi leher. Kerja keras pengembangbiakan varietas ini dilakukan oleh Henk Moezelaar

Merpati Modena

Merpati Modena

olipopseramabandung.blogspot.com

Burung merpati ini terkenal sebagai burung  merpati ternak yang baik. Burung Merpati yang paling terkenal dari jenis ini adalah Gazzi Modena dengan badan putih serta kepala, sayap dan ekor berwarna-warni.

Termasuk burung merpati kecil dengan ukuran panjang kurang lebih 25 cm, tetapi badannya  padat gemuk dan bergaya anggun. Ini biasanya dijumpai di rumah-rumah yang gila dengan burung merpati ini

Merpati Maltese

Merpati Maltese

http://www.cherewed.com

Jenis Burung Merpati selanjutnya adalah burung merpati maltese yang berasal dari negara Italia Utara dekat Modena.  Burung merpati ini memiliki ciri khas lehernya yang panjang serta tubuh merpati ini hampir semua berwarna hitam.

Merpati Kipas

Merpati Kipas

arenahewan.com

Jenis Burung Merpati selanjutnya adalah jenis merpati kipas. Burung Merpati jenis  ini Berasal dari India, dan Tiongkok.

Ciri khas dari burung merpati kipas ini adalah warnanya yang mencolok dan ekornya berkembang menyerupai kipas. Keunikan burung merpati  ini adalah jika beranak, anaknya harus diasuh oleh induk lain. Wah sungguh unik burung ini.

Merpati satinette Oriental Frill

Merpati satinette Oriental Frill

cara-memelihara.blogspot.com

Terakhir dari jenis burung merpati ini adalah satinette oriental frill. Yup Merpati jenis yang satu ini  berasal dari negara timur tengah yaitu  Turki. Ciri khas burung merpati ini adalah memiliki badan berwarna putih dengan garis-garis pada bahu, sayap, dan ekor warna hitam, biru dan abu-abu coklat. Konon burung ini merupakan burung kesultanan di Turki

Pakan Burung Merpati

Pakan Burung Merpati

http://merpatikolonglampung-galaxy.blogspot.com

Bagi kalian yang berhobi bertenak burung merpati atau burung dara ini ada beberapa jenis pakan merpati pada umumnya yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan makanan untuk burung merpati yang masih anakan antara lain :

– Jagung

– Kacang hijau

– Beras merah

Pakan burung merpati  yang paling umum diberikan adalah jagung, selain mudah didapatkan dipasaran dan harganya cukup murah. Saat pemberian kepada burung merpati bisa dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Dua-duanya sudah saya coba dan tidak bermasalah.

Pilihan tergantung pada ketersediaan waktu kalian untuk memberikan pakan kepada burung  merpati yang kalian punya. waktu yang tepat jika pemberian pakan 2 kali sehari yaitu jam 7 dan jam 4 sore. Waktu fleksibel tergantung waktu anda, yang penting memberikan pakan pada saat terang dan jangan sekali-kali pada saat gelap.

Jika waktu kalian hanya cukup memberikan pakan 1 kali dalam sehari kepada burung merpati yang kalian punya, anda cukup memberikannya pada sore hari. Hal-hal yang perlu anda perhatikan saat pemberian pakan:

1. Pakan yang diberikan hanya 1 jenis saja pada satu waktu, kalau 2 atau 3 jenis biasanya merpati akan mengacak-acak makanan, sesuai dengan yang dia mau.

2. Air minum sebaiknya selalu tersedia setiap saat.

3 Buat tempat pakan yang cukup lebar agar merpati tidak berebut. kecuali jika merpati terpisah pada lain-lain kandang.

4. Jangan pernah menempatkan pakan setiap saat, sediakan pakan sesuai waktu yang anda tetapkan saja.

5. Variasi jenis pakan sangat membantu dalam menjaga selera makan merpati.

6. Pisahkan burung yang selalu membuat keributan saat makan

7. Perhatikan burung yang tidak kebagian makan agar diberi kesempatan untuk makan cukup.

8. Perhatikan setelah makan, burung harus minum.

9.Berikan serbuk grit atau kulit telur yang telah kering dan dihancurkan minimal sebesar diameter  jagung terkecil secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali.

Kandang Burung

Kandang Burung

http://danstrefour.blogspot.com

Kandang ternak untuk burung merpat ini  adalah kandang yang biasa digunakan oleh para pecinta merpati. Kandang ternak biasanya berukuran jauh lebih besar sekitar 80x90x90cm, kandang-kandang  dibuat dengan ukuran tadi nantinya akan memuat merpati dan anak-anaknya.

Serta dibuat agar merpati bisa kawin di dalamnya sehingga tidak terganggu oleh merpati lain. Kandang ternak ini biasanya terbuat dari almunium atau kayu. Dengan penutup samping menggunakan triplex atau kawat macan.

Makanya kandang ternak burung merpati juga disebut dengan kandang macan. Didalam kandang ternak biasanya ada gupon atau pegupon untuk tempat merpati tidur dan mengeram.

Ciri-Ciri Burung Merpati Untuk Balapan

Ciri-Ciri Burung Merpati Untuk Balapan

http://gambarburungmerpati.blogspot.com

Ciri-ciri burung merpati untuk ajang balapan bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang ideal dan bagus. Bentuk tubuh merpati balap yang bagus dan akan menunjang keberhasilan merpati balap menjadi juara, di samping kebiasaan latihan dari pelatihnya yang baik pula.

Untuk menghasilkan burung merpati balap yang berkualitas baik ini dan calon juara, diperlukan serangkaian latihan yang tepat dan kesabaran dari pelatihnya.

Satu hal juga yang penting dalam memilih merpati balap yang baik adalah kualitas indukannya. Dengan memperhatikan silsilahnya, kita dapat memperkirakan kualitas dari seekor burung merpati balap. Hal ini karena faktor genetik juga turut mempengaruhi kualitas burung merpati balap, apalagi jika hal ini berkaitan dengan burung merpati hias. Merpati balap dan merpati hias juga dilihat dari ciri-ciri fisiknya untuk melihat kualitas baik dan buruknya.

Dibawah ini ciri-ciri burung merpati untuk balapan sebagai berikut:

1. Memiliki postur yang ideal dan baik

2. Memiliki leher yang jenjang tidak terlalu panjang maupun pendek

3. Badan dada yang tegap

4. Memiliki Sayap yang panjang

5. Terbang dengan ketinggian yang pas

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui lebih dalam tentang burung merpati tersebut. Burung merpati jika kalian budidayakan maka kalian akan menjadi senang melihat burung-burung tersebut dengan pintarnya masuk kerumah tanpa disuruh

Ketika Kalian ingin mengikuti ajang perlombaan kategori balap burung merpati dengan jalur tinggi dan diakhiri dengan menukik yang bagus, kalian harus banyak-banyak melatih burung tersebut sampai dia paham dengan pasangannya dan siap untuk dilombakan

Mungkin itu saja pemaparan yang saya berikan semoga bermanfaat untuk kalian. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply