Cara Melakukan Lompat Jauh Agar Terhindar Dari Cidera

lompat jauh

Hallo Sobat artikel, Kali ini angalul.com akan membahas beberapa cara melakukan lompat jauh. Lompat jauh adalah Suatu bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kedua kaki kedepan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara dengan melakukan tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Lompatan yang jauh itu bertujuan untuk mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya. Anda harus memiliki kekuatan, kecepatan serta penguasaan teknik lompatan yang baik agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

Ada Tiga gaya lompat jauh yang sering digunakan dalam perlombaan. Diantaranya, gaya jongkok, gaya menggantung  dan gaya berjalan diudara.  Dari Ke-tiga gaya tersebut, masing-masing memiliki teknik yang berbeda-beda.

Nah, berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai beberapa cara melakukan lompat jauh dengan baik dan benar agar terhindar dari cidera.

Cara Melakukan Lompat Jauh

lompat jauh

angalul.com

Untuk mendapatkan suatu hasil yang baik dalam lompat jauh, anda harus memahami dan menguasai teknik gerakan lompat jauh. Dibawah ini ada beberapa tahapan-tahapan yang wajib perlu kita kuasai. Berikut adalah penjelasannya.

a. Tahap Awalan

lompat jauh

angalul.com

Tahap awalan atau ancang-ancang adalah gerakan pertama dalam bentuk lari untuk mendapatkan kecepatan pada saat akan melakukan tolakan atau lompatan. Dibawah ini adalah Cara melakukan lompat jauh dengan tahap awalan, antara lain sebagai berikut:

  1. Lari awalan tergantung dari masing-masing kemampuan kalian.
  2. Kecepatan berlari ditambah sedikit demi sedikit sebelum sampai pada balok tolakan
  3. Kecepatan berlari dipertahankan sampai balok tolakan 
  4. Kemudian pinggang agak turun sedikit pada 2-3 langkah terakhir 

b. Tahap Tolakan atau Tumpuan

lompat jauh

angalul.com

Tolakan atau tumpuan adalah perubahan atau perpindahan dari gerakan horizontal ke gerakan vertikal yang dilakukan secara cepat. Dibawah ini cara melakukan lompat dengan tahapan tolakan, antara lain sebagai berikut :

  1. Kecepatan berlari masih terus dipertahankan Kemudian pinggang agak turun sedikit pada 2-3 langkah terakhir menuju papan balok tolakan
  2. Ayunkan paha kaki yang tidak digunakan untuk menumpu secara cepat ke posisi horizontal 
  3. Luruskan sedikit mata kaku, lutut dan pinggang pada waktu melakukan tolakan
  4. Tolakan dilakukan dengan arah ke depan atas

c. Tahap Melayang Di Udara

lompat jauh

angalul.com

Setelah kaki menolakkan pada balok tumpuan, sikap badan yang melayang di udara harus bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tingginya lompatan mempengaruhi lamanya badan melayang di udara.

d. Tahap Mendarat

lompat jauh

angalul.com

Sikap mendarat pada lompat jauh baik menggunakan gaya jongkok, gaya menggantung maupun gaya berjalan diudara adalah sama. 

Yaitu kedua kaki lurus ke depan dengan mengangkat paha ke atas, badan dibungkungkukkan ke depan dan kedua tangan ke depan. Dibawah ini adalah cara melakukannya, antara lain sebagai berikut:

  1. Lengan dan badan ditarik ke depan bawah, begitu juga kaki ditarik mendekati badan.
  2. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  3. Pada waktu kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki

Nah, itulah penjelasan cara melakukan lompat jauh yang baik dan benar agar terhindar dari cidera. Intinya semua teknik dan gaya lompat jauh harus bisa dikuasai oleh si atlet tersebut.

Agar mendapatkan hasil optimal dan tentunya terhindar dari kecelakan yang tidak kita inginkan. Untuk belajar gaya lompat jauh bisa klik link dibawah ini

Baca juga: Gaya dan teknik lompat jauh 

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan, INGAT melakukan gerakan lompat jauh harus didampingi oleh orang yang ahli dalam bidan ini. Jangan melakukan sendiri dengan alat terbatas yang bisa memungkinkan cidera pada diri anda.

Sekian dan terimakasih. 

Leave a Reply