50+ Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh

Memelihara kucing

Pasti kalian sangat kenal sekali dengan hewan pengerat yang satu ini bukan? Hewan pengerat ini adalah tikus, yang datang ke rumah tak diundang dan pergi pun tanpa permisi dan bingung bagaimana cara mengusir tikus tersebut. Tikus ini juga hewan yang kotor yang membawa bakteri kedalam rumah

Pasti akan sangat memusingkan pemilik rumah ketika hewan pengerat ini sudah memasuki rumah. Sejumlah cara mengusir tikus biasa yang dapat dilakukan seperti menggunakan racun tikus, lem tikus dan juga bisa  menggunakan jasa pembasmi tikus.

Namun dari sejumlah cara mengusir tikus ini biasanya dapat  membawa dampak buruk bagi kita juga guys.

Tikus yang sudah mati dikarenakan telah  memakan racun biasanya akan mati di tempat yang sangat susah untuk kita jangkaui dan bisa menimbulkan bau bangkai dan juga kuman.

Ini yang membuat kalian pasti  membutuhkan cara mengusir tikus yang sangat alami tanpa harus mengorbankan kesehatan kita juga.

Cara Mengusir Tikus Dengan Alami

Cara Mengusir Tikus

https://satriamadangkara.com

Seperti pendapat  tips dan trik saya di bawah ini terkait dengan cara mengusir tikus. Yuk simak dulu, supaya rumah kamu ini dapat terbebas dari hewan pengerat yang satu ini!

Kapur barus

Kapur barus

https://tokotoko.id

Nah pilih kapur barus sebagai cara mengusir tikus di rumah kamu sendiri. Hewan pengerat tersebut  sangat tidak suka sekali dengan bau yang harum seperti kapur barus ini.

Nah bagaimana caranya? Caranya  adalah dengan meletakkan kapur barus di area yang sering dilewati oleh tikus.

Dengan begitulah  hewan pengerat akan merasa terganggu dan tidak ingin mendatangi rumah kamu lagi.

Nah dengan menggunakan trik ini kalian juga dapat lakukan dengan mudah, karena kapur barus pengusir tikus ini sangat mudah untuk didapatkan.

Memelihara jangkrik di rumah

Memelihara jangkrik di rumah

https://bacaterus.com

Memelihara jangkrik juga dapat menjadi salah satu cara mengusir tikus yang bisa dikatakan cukup ampuh. Tikus tidak suka dengan area yang bising dan ramai.

Sehingga suara yang dihasilkan oleh jangkrik tak seberapa nyaring dan suara itu dapat mengganggu pendengaran tikus. Kalian juga  bisa meletakkan hewan jangkrik di area yang sering dilewati oleh tikus. Ini bisa menjadi cara mengusir hewan pengerat ini secara efektif dan alamiah.

Kulit durian

Kulit durian

https://sibokpranoto.wordpress.com

Buah ini selain mempunyai cita rasa yang nikmat, rupanya buah ini juga bisa digunakan sebagai cara mengusir  hewan pengerat. Bagian yang dapat digunakan sebagai cara mengusir hewan pengerat adalah pada bagian kulitnya.

Caranya kalian hanya cukup memotong bagian kulit buah durian tersebut,  kemudian letakkan di area yang sering didatangi oleh tikus. Selain mempunyai duri yang tajam, aroma dari  buah durian ini yang menyengat ampuh sekali sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Memelihara kucing

Memelihara kucing

https://www.manjadda.com

Memang sudah kodratnya kalau kucing adalah musuh utama dari tikus. Apalagi kucing kampung yang biasanya suka memangsa tikus.

Kucing mempunyai  penciuman yang begitu tajam dan  bisa mengetahui dimana tikus itu bersembunyi. Begitu mendengar suara kucing, tikus-tikus bisa lari ketakutan.

Dengan memelihara kucing, kalian akan bisa mengusir tikus itu keluar dari rumah karena mereka akan takut jika kucing tersebut akan memangsanya.

Baking Soda

Baking Soda

https://www.rumah.com

Bubuk soda atau baking soda sanggup menjadi alat cara selanjutnya. Dari penelitian sudah mengungkapkan bahwa tikus tidak  bisa bersendawa atau mengeluarkan gas yang ada pada tubuhnya.

Maka untuk  itu bubuk atau cairan baking soda bisa sebagai cara ampuh mengusir tikus. Cara mengusir tikus dengan memakai baking soda mudah banget kok, hanya dengan mencampurkan baking soda ke kuliner yg digemari oleh tikus.

Biasanya sehabis soda bereaksi, ini akan menyebabkan badan tikus menggembung lantaran mereka nir mampu mengeluarkan gas yg didapatkan soda. Tikus tidak akan langsung meninggal di loka, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum meninggal karena menahan gas tersebut.

Daun Mint

Daun Mint

http://palembang.tribunnews.com

Cara mengusir tikus selanjutnya adalah dengan memakai daun mint. Daun mint ini tidak hanya berguna buat tubuh manusia saja, tetapi rupanya daun ini juga mempunyai  kegunaan lainnya yaitu sebagai tanaman untuk menghilangkan tikus.

Hewan pengerat ini tidak bisa  menahan dari aroma mint yang tajam tersebut, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus bisa jadi  mabuk dan terkulai lemas.

Cara dengan menggunakan daun mint sangatlah mudah. Yaitu dengan menyiapkan seikat daun mint dan lalu ambil sarinya ketika dilarutkan ke dalam air.

Setelah larut, kemudian semprotkan cairan mint tersebut ke area yang sering dilintasi oleh  tikus. Cara ini akan menjadi cara yang sangat ampuh sekaligus alamiah.

Bubuk atau saus cabai dicampur dengan deterjen dan air

Bubuk atau saus cabai dicampur dengan deterjen dan air

https://www.seruni.id

Untuk cara  yang lainnya adalah dengan cara  menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Kemudian letakkan campuran tersebut  ke dalam botol semprotan, lalu semprot cairan tersebut ketika tikus muncul. Cairan ini efektif menjadi cara mengusir tikus yang tepat karena tikus akan merasa panas dan lari terbirit-birit.

Irisan bawang

Irisan bawang

https://www.boombastis.com

Siapa juga yang tahan dengan bau yang disebabkan dari  irisan bawang? Salah satu yang tidak tahan adalah hewan pengerat ini. Mereka juga sangat tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini.

Sehingga ini juga termasuk kedalam cara-cara mengusir tikus yang ampuh. Letakkan irisan bawang tersebut  di tempat yang sering mereka lalui atau di tempat persembunyian mereka, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

Lada bubuk

lada bubuk

https://www.youtube.com

Selain menjadi salah satu bumbu dapur yang bisa juga menyebabkan kamu juga bersin-bersin ketika memasukan ke dalam masakan itu, rupanya lada bubuk ini juga cukup ampuh sebagai cara mengusir tikus

Cara mengusir tikus dengan lada bubuk ini  adalah dengan menaruh sedikit saja lada bubuk di tempat persembunyian tikus  atau di area yang sering mereka lalui.

Ini bisa membuat mereka merasa cukup  terganggu dan pergi. Senyawa piperin yang sangat menyengat itu juga  mampu membuat lada menjadi salah satu cara mengusir tikus secara alami.

Bedak bayi

bedak bayi

https://www.dekoruma.com

Cara yang sederhana lainnya adalah dengan cara menggunakan bedak bayi. Caranya pun sangatlah mudah lho, kamu cuma  perlu menaburkan bedak bayi tersebut pada tempat yang sering dilewati oleh tikus.

Cara ini memang tidak begitu menaburkan bedak bayi langsung bisa mengusir tikus. Namun apabila kamu melakukannya secara berkelanjutan atau setiap hari, ini akan membuat mereka jera dengan sendirinya.

Tikus  Dan Masalah

tikus

https://www.seruni.id

Selain sulit untuk dikendalikan, hewan tikus ini juga selalu membawa penyakit dan makanan tercemar dengan limbah, bulu, dan air liur. Padahal, tikus juga bisa mencemari sekitar 10 kali jumlah makanan yang mereka makan.

CDC menghubungkan dari beberapa tikus ke sindroma hantavirus pulmonary, sebuah penyakit yang sangat fatal pada sekitar 36 persen dari semua kasus .

Hama juga merupakan salah satu tempat kutu, yang bisa menyebarkan wabah penyakit bagi manusia atau lingkungan setempat seperti virus choriomeningitis limfositik.

Penyakit tersebut kebanyakan menyerang orang-orang dengan sistem kekebalan yang cukup lemah dan bisa menyebabkan sakit kepala, demam, dan meningitis. Hal tersebut  juga bisa menyebabkan komplikasi selama kehamilan.

Hal ini tidak sangat dianjurkan untuk menangani hewan tikus liar. Mereka dilengkapi dengan gigi besar dan mampu mentransmisikan berbagai bakteri, virus dan penyakit melalui air liur, kotoran dan urin mereka.

Jika kalian menemukan hewan tikus di rumah Anda, sebaiknya hubungi profesional pengelolaan hama untuk pemindahan dan identifikasi. Kehadiran satu hewan pengerat yang ada di dalam rumah bisa memberi sinyal infestasi.

Jauhkan semua anak dan hewan peliharaan dari hewan tikus. Jika terpojok, hewan tikus akan menggigit untuk mempertahankan diri.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga kalian juga bisa menerapkannya di rumah. Sekian dan terimakasih

Leave a Reply