20+ Contoh Ceramah Singkat dengan Topik Terlengkap

ceramah

Ceramah singkat adalah suatu hal yang identik dengan pidato keagamaan, yakni ceramah yang disampaikan oleh seorang ahli agama atau ustad yang dipandang memiliki ilmu lebih dan kemudian dibagikan kepada orang lain dengan tujuan supaya orang-orang tersebut memahami ilmu yang telah disampaikan tersebut.

Ceramah singkat atau Kultum tidak terkait dengan adanya waktu dan tempat. Ceramah bisa dilakukan dimana saja, dari tempat terbuka sampai tertutup. Berbeda halnya dengan khutbah. Berkhutbah dilakukan pada hari jumat tempatnya di masjid yang harus memiliki minimal 40 orang.

Untuk ceramah singkat sendiri banyak sekali ragamnya, berikut akan kami paparkan mengenai contoh ceramah singkat, mulai dari ceramah singkat tentang sabar, menuntut ilmu, mengenai sholat serta berbakti kepada ibu.

Contoh Ceramah Singkat

Di bawah ini adalah beberapa Contoh Teks Ceramah Singkat yang paling populer dibawakan oleh para Ustad atau Kiyai, antara lain sebagai berikut :

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

tentang sabar

http://www.mirifica.net

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat allah SWT telah diberikan kesehatan dan nikmat dengan mengucapkan Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bemujaha dengan hadirin yang ada disini.

Pada siang hari ini kita dikumpulkan oleh allah SWT di masjid yang indah dan berkah ini, untuk mendengarkan ceramah yang akan dibawakan oleh saya Pada hari ini saya akan sedikit menjelaskan tentang sifat dan keutamaan dari ‘’sabar’’. Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinnya menahan.

Menahan disini pengertiannya luas bisa saja kita sedang berpuasa menahan nafsu untuk ini dan itu, Saat berpuasa  kita menahan lapar dari setelah adzan subuh sampai adzan magriib berarti kita harus bersabar dari rasa ingin makan sampai adzan maghrib yaitu waktu untuk kita  berbuka puasa, kita harus bersabar menghadapi perilaku seseorang yang buruk pada kita berarti kita harus sabar dari kezaliman.

Tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut karena manusia belum tentu bisa menahan rasa sabar tersebuut. Oleh karena itu, para hadirin  perlunnya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Agar kita dapat memperoleh pahala yang seluas-luasnya.

Allah berfirman di dalam alquran Q.S Al-baqarah ayat 153 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dari penjelasan ayat tersebut bahwa kita semua Sudah mengerti  Allah selalu memberikan pertolongan pada setiap hambannya yang mau menjalankan perintahnya  dan mejauhkan larangannya, di dalam ayat tersebut dijelaskan jika kita mengerjakan sholat wajib dan dapat menahan diri dengan rasa sabar maka Allah menjanjikan pertolongan bagi hambannya yang sedang dalam kesusahan.

Sabar memang tidak mudah, sabar adalah ujian, justru karena ketidak mudahan itulah Allah menguji hambannya seberapa hambannya dapat lolos dari ujian sabar ini. Jika kita lolos, kita selalu beristigfar dan berfikir positif terhadap segala ketentuan Allah niscaya kita akan mendapat beribu kemuliaan dan keberntungan yang datang dari pintu manapun.

mungkin itu saja  gambaran tentang sifat sabar dan keutamaannya di sisi Allah. Sekian dan saya doakan semoga kalian bisa lolos dari ujian ini. Saya akhiri dengan membaca hamdalah

Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat tentang ibu

tentang ibu

www.youtube.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang ibu
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat allah SWT telah diberikan kesehatan dan nikmat dengan mengucapkan Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bemujaha dengan hadirin yang ada disini.

pada siang hari ini kita dikumpulkan oleh allah SWT di masjid yang indah dan berkah ini, untuk mendengarkan ceramah pada hari ini Para hadirin yang saya cintai dan dirahmati oleh allah SWT, hari ini saya akan sedikit memberikan pembelajaran  tentang ‘’ibu’’.

Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Isra’ yang berbunyi :“Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita semua  sebagai anak harus menghormati kedua orang tua terutama adalah ibu. Bahkan kita sampai tidak boleh berkata ‘’Ah’’ apalagi sampai membentaknya. Karena karena orang tualah kita dapat berada di dunia ini, Allah memberi amanat berupa kita melalui mereka.

Apakah kalian pernah mendengar Ridho allah adalah  ridho orang tua dan murka allah adalah murka orang tua juga. Apalagi seorang ibu, seorang yang telah mengandung kita selama sembilan bulan 10 hari dengan bersusah payah untuk  melahirkan anaknya dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketika kita lahir. Kita sebagai anaknya hanya mendapatkan  kasih sayang yang tak terhingga seperti kata pepatah yang mengatakan ‘’kasih ibu sepanjang masa’’ Hal tersebut berarti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak terhingga memberi tanpa pamrih dan mengharap imbalan kembali.

Ada juga yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal tersebut berarti begitu berjasannya seorang ibu kepada kita sampai kita wajib berbuat baik kepada ibu kita sampai akhir hayat nanti.

Sekian Ceramah singkat ini  sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi para hadirin yang sudah mengikuti acara ini. Kurang lebihnya mohon maaf

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Ceramah Lucu Ustadz Abdul Somad

Di bawah ini adalah ceramah lucu Ustadz Abdul Somad yang bikin jamaah tertawa. Berikut adalah vidonya. Simak yah !!!

Ceramah Singkat tentang ilmu

menuntut ilmu

indahnya-bermunajat.blogspot.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ilmu
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat allah SWT telah diberikan kesehatan dan nikmat dengan mengucapkan Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bemujaha dengan hadirin yang ada disini.

Pada siang hari ini kita dikumpulkan oleh allah SWT di masjid yang indah dan berkah ini, untuk mendengarkan ceramah pada hari ini Alhamdulillah kita hari ini bisa bermuajaha dengan hadiirin semua yang insyaallah di berikan umur panjang. Aminn banyak rezekinya dan dipanjangkan jodohnya. Amin ya robal alamin

Baiklah bapak ibu hadirin  sekalian, saya akan memberikan ceramah singkat tentang menuntut ilmu. sebagaimana Allah berfirman dalam alquran surat  AL-Mujadalah ayat 11 yang artinya :

“Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Dalam ayat di atas menjelaskan bahwa keutamaan orang yang  menuntut ilmu itu lebih mulya dihadapan allah SWT, karena dengan ilmu inilah  kita tidak akan buta kemana jalan hidup kita, apa tujuan kita hidup ini.

saya akan kasih salah satu  contoh sejak kecil kita disekolahkan, kita dapat membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita mempelajari beraneka ragam ilmu akademik maupun terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akutansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.

Dengan ilmu  wawasan kita akan  menjadi semakin beragam dan luas, dari fisika kita jadi tahu kalau air  dapat berubah wujud, dari matematika kita dapat berhitung. Dari ilmu agama kita dapat mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana seharusnya kita bersikap baik kepada Allah dan sesama manusia.

Jika kita semua  hanya berdiam diri tanpa mau belajar, kita akan buntu dan buta untuk  melihat segalannya, apalagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yaitu untuk masa depan akhirat kita nanti, karena ilmu agama itu sendiri sangatlah luas  kita tidak bisa belajar di sekolah dan kajian ilmu saja, tetapi kita juga perlu belajar dari kehidupan sehari-hari.

Baik ketika kita membantu orang, beramal, sedekah, solat dan sebaainnya. Sekian Ceramah singkat ini  sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi para hadirin yang sudah mengikuti acara ini. Kurang lebihnya mohon maaf

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Persaudaraan

Contoh Ceramah Singkat Persaudaraan

mikirbae.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Persaudaraan
Assalamualaikum wr. Wb.

Alhamdulillah kita masih dipertemukan oleh Allah dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat serta kepada kita semua sebagai umatnya.

Di pagi ini saya akan membahas mengenai cara menjaga tali persaudaraan baik antar muslim maupun non muslim. Allah telah menjelaskan dalam surat al hujurat ayat 10 mengenai persaudaraan sesama muslim yang artinya :

“sesungguhnya orang mukmin adalah bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan Rahmat”.

Nah, agar bisa menjaga tali persaudaraan ialah dengan saling bersilaturahmi atau saling mengunjungi teman dan saudara kita. Yang kedua adalah menjenguk saudara yang sedang sakit. Yang ketiga ialah meminta maaf ketika kita bertengkar dengan teman.

Saya pernah mendengar sebuah hadis yang menjelaskan pentingnya menjaga tali persaudaraan “ Barang siapa yang selalu bersilaturahmi sesama muslim, menjenguk saudara yang sedang sakit dan memberikan atau meminta maaf ketika bertengkar.

Maka disitulah Allah panjangkan umur kita”  kurang lebihnya seperti itu.  Maka dari itu kita jaga tali persaudaraan antara umat muslim dengan baik dan erat. Mudah-mudahan persaudaraan kita ini selalu mendapatkan rahmat serta lindungan dari Allah. Sehingga kita semua dapat dipertemukan nanti di syurga. Aamiin

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Jodoh

ceramah singkat tentang jodoh

sahabatnesia.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Jodoh
Assalamualaikum wr. Wb

Alhamdulillah kita masih dipertemukan oleh Allah dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat serta kepada kita semua sebagai umatnya.

Para Hadirin yang insya Allah dirahmati

Di sore ini saya akan menyampaikan tema tentang jodoh. Seperti yang telah kita ketahui bahwa urusan jodoh dan kematian ada di tangan Allah. Jodoh merupakan misteri yang sampai detik-detik pernikahanpun belum tentu kira tahu apakah benar wanita ini yang menjadi jodohku.

Jodoh sebagai teman hidup merupakan sebuah cerminan dari diri kita. Ada 3 hal yang bisa membuat kita semakin yakin bahwa pilihan kita adalah benar-benar yang Allah ciptakan untuk kita. Apa saja halnya?  Pertama Pilihlah seseorang yang bisa memaklumi keaadan kita.

Kedua Pilihlh yang mampu memaafkan kesalahan kita walaupun sangat sulit untuk mendapatkan pasangan seperti ini. Yang ketiga pilihlah pasangan yang dapat memotivasi diri kita untuk menuju lebih baik lagi atau kesuksesan Pasangan yang baik dan saling mengerti adalah salah satu pasangan yang sangat istimewa.

Sehingga kita bisa simpulkan bahwa dalam memilih jodoh tetap tertuju pada kebaikan yang dapat menemukan jodoh yang tepat dan berakhlak mulia.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh Ceramah Singkat Islami tentang Sedekah

Contoh ceramah singkat tentang sedekah

Bagi-in.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah
Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillah kita masih dipertemukan oleh Allah dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat serta kepada kita semua sebagai umatnya.

Sedekah merupakan salah satu amal shaleh yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW bagi seluruh umat islam. Banyak sekali keutamaan bersedekah  terutama untuk mereka yang ikhlas mengeluarkan hartanya di jalan Allah yang hanya bertujuan semata-mata mendapatlam ridhonya.

Sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya:  Dari firman Allah di atas sudah sangat jelas kita ketahui bahwa tidak akan ada cerita mejadi jatuh miskin saat seorang ikhlas mengeluarkan hartanya kepada mereka yang membutuhkan.

Perlu anda ketahui ketika anda mengeluarkan sedekah untuk orang yang membutuhkan dan mengharap ridhonya, maka Allah akan melipat gandakan sedekah yang kita keluarkan.

Para hadirin yang saya muliakan Tujuan utama dari sedekah adalah untuk membersihkan harta kita supaya lebih tentram dalam menjalani kehidupan didunia yang sementar ini. Selain itu, sedekah juga memiliki banyak sekali keutamaan ketika dilakukan dengan hati yang ikhlas.

Ada beberapa keutamaan apabila dilakukan dengan hari yang Ikhlas ialah : Pertama dengan adanya sedekah bisa mendekatkan kita kepada rahmat Allah SWT. Rasulullah Bersabda “Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.”(HR. Thabrani dan Baihaqi).

Kedua. Dengan bersedekah, maka kita bisa memadamkan murka Allah SWT. Hal ini sejalan dengan hadis yang diriwayatkan oleh THabrani dan Ibnu Asakri ialah “sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah ilahi.”

Ketiga. dengan bersedekah kita akan terhindar dari suul Khatimah atau mati dalam keadaan buruk. Keempat dengan sedekah bisa menjadi obat bagi orang yang sakit. Maka perbanyaklah sedekah, tidak ada yang miskin orang yang bersedekah tuh malah orang bersedekah lebih cukup dari sebelumnya.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Ceramah Singkat tentang Sholat

keutamaan shalat

www.youtube.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sholat
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat allah SWT telah diberikan kesehatan dan nikmat dengan mengucapkan Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bemujaha dengan hadirin yang ada disini.

pada siang hari ini kita dikumpulkan oleh allah SWT di masjid yang indah dan berkah ini, untuk mendengarkan ceramah pada hari ini Alhamdulillah kita hari ini bisa bermuajaha dengan hadiirin semua yang insyaallah di berikan umur panjang. Aminn banyak rezekinya dan dipanjangkan jodohnya. Amin ya robal alamin

Baiklah bapak ibu hadirin  sekalian, saya akan memberikan ceramah singkat tentang menuntut ilmu. sebagaimana Allah berfirman dalam alquran surat  AL-Mujadalah ayat 11 yang artinya :

“Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”

Dalam ayat di atas menjelaskan bahwa keutamaan orang yang  menuntut ilmu itu lebih mulya dihadapan allah SWT, karena dengan ilmu inilah  kita tidak akan buta kemana jalan hidup kita, apa tujuan kita hidup ini.

saya akan kasih salah satu  contoh sejak kecil kita disekolahkan, kita dapat membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita mempelajari beraneka ragam ilmu akademik maupun terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akutansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.

Dengan ilmu  wawasan kita akan  menjadi semakin beragam dan luas, dari fisika kita jadi tahu kalau air  dapat berubah wujud, dari matematika kita dapat berhitung. Dari ilmu agama kita dapat mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana seharusnya kita bersikap baik kepada Allah dan sesama manusia.

Jika kita semua  hanya berdiam diri tanpa mau belajar, kita akan buntu dan buta untuk  melihat segalannya, apalagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yaitu untuk masa depan akhirat kita nanti, karena ilmu agama itu sendiri sangatlah luas  kita tidak bisa belajar di sekolah dan kajian ilmu saja, tetapi kita juga perlu belajar dari kehidupan sehari-hari. Baik ketika kita membantu orang, beramal, sedekah, solat dan sebaainnya.

Sekian Ceramah singkat ini  sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi para hadirin yang sudah mengikuti acara ini. Kurang lebihnya mohon maaf

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijab

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijab

RuangBelajarBahasaInggris.Com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijab
Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahirobil ‘alaamiin, wabihi nastangin, wa’ala umuridunya waddin wassolatu wassalamu’ala sayyidina mursalin, wa’ala alihi wa ashabihi ajma’in, amma ba’du.

Alhamdulillah kita Selalu senantiasa bersyukur kepada Allah dan masih dipertemukan dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat serta kepada kita semua sebagai umatnya.

Para hadirin yang saya muliakan

Hijab merupakan pakaian wajib bagi setiap wanita. Pada umumnya hijab diartikan sebagai penutup kepala. Namun bukan itu saja yang dinamakan hijab. Seperti yang sudah tertera dalam surat Al-ahzab ayat 59 tentang hijab yang artinya :

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin, ‘hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang”.

Dengan ayat diatas. Allah SWT telah memerintahkan kepada setiap muslimah untuk dapat menutup aurat, sebab hukumnya sudah jelas yaitu wajib. Berhijab yang dimaksud bukan hanya sekedar menutup kepala. Namun pakaian yang bisa menutupi aurat. Kecuali wajah dan telapak tangan.

Tapi, menurut saya menutup aurat dengan jilbab sudah cukup untuk menutupi aurat diselingi dengan baju muslim atau baju Syar’i.

Namun dewasa kali ini banyak sekali wanita muslimah yang masih belum bisa menutup aurat secara sengaja atau tidak disengaja. Kita bisa simpulkan bahwa berhijab itu hukumnya wajib bagi setiap muslimah. Walaupun akhlaknya belum baik setidaknya sudah berusaha memulai kebaikan dengan berhijab.

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijrah

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijrah

angalul.com

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hijrah
Assalamualaikum wr. wb.

Alhamdulillahirobil ‘alaamiin, wabihi nastangin, wa’ala umuridunya waddin wassolatu wassalamu’ala sayyidina mursalin, wa’ala alihi wa ashabihi ajma’in, amma ba’du. Alhamdulillah kita Selalu senantiasa bersyukur kepada Allah dan masih dipertemukan dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabat serta kepada kita semua sebagai umatnya.

Para bapak, para Ibu yang di muliakan oleh Allah

Sebagai seorang muslim hendaklah berusaha dengan semaksimal mungkin demi menjadi muslim yang sempurna. Dengan usaha secara maksimal kita akan menjadi orang yang sempurna islamnya. Insya Allah. Ko bisa disebut sebagai orang yang sempurna islamnya?

Orang yang disebut sempurna islamnya ketika dalam menjalani kehidupan ini selalu senantiasa menyelamatkan orang muslim lainnya, dari gangguan tangannya, maupun lidahnya. Dengan menjaga lisan dan tangannya akan membuat dia sangat berhati-hati bila bertemu orang lain.

Maksud dari menjaga lisan dan tangannya ini adalah tidak mengatakan kata-kata yang menyakitkan hati seseorang dan selalu usil dengan orang lain. Sesuai sabda Nabi mengenai seseorang yang sempurna islamnya yang artinya:

“Orang yang sempurna islamnya, ialah orang yang menyelamatkan orang islam lainnya dari gangguan lidahnya dan tangannya, dan orang yang berhijrah sebenarnya itu ialah orang yang meninggalkan apa yang dilarang oleh Allah swt.”

Demikianlah apa yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Akhirul kalam, wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. Wassalamualaikum wr. wb.

Tips ketika ingin membawakan ceramah ataupun pidato

Adapun dibawah ini tips ketika ingin membawakan ceramah antara lain sebagai berikut:

1. Mengetahui Tema apa yang akan dibawakan

2. Sudah mempersiapkan materinya

3. Sudah melatih mental dan fisik

4. Siap memberikan ceramah

5. Mengetahui tempat atau acara apa yang akan disampaikan supaya temanya nyambung

6. Tidak memberikan kesan yang grogii saat tampil didepan

7. Mengetahui bagaimana caranya audien itu tertawa dan mudah mendapatkan ilmu apa yang di bawakan saat ceramah.

8. Selingkan Bacaan Sholawat saat akan memberikan ceramah. Sholawat Seperti sholawat nariyah dan Sholawat Nuril anwar. Apa Tujuannya? Tujuannya untuk menilai seberapa mana audiens ini memperhatikan kalian

Jadi Pembawa ceramah itu sesungguhnya mudah untuk kita praktik kan tetapi apakah ada yang mau ingin mencobanya? Masih banyak yang malu ketika kita tampil didepan umum minimal kita tampil di depan teman sekelas pun masih malu-malu betul bukan ? yuk bareng-bareng kita berubah menjadi lebih baik dan berubah menjadi berani tampil didepan umum

Itulah teks ceramah singkat yang bisa saya  paparkan diartikel ini semoga kalian bisa membawakan ceramah ini dengan benar dan tidak salah. Dan semoga kalian mendapatkan pahala sebab ingin mensyiarkan agama islam dengan berceramah ini. Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan saya ucapkan terimakasih

Leave a Reply