Contoh Cerpen Persahabatan Sejati Tak Akan Terpisahkan

cerpen persahabatan

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu cerita atau karangan fiktif bermedium bahasa yang dapat dibaca dalam  waktu sekali duduk.

Apa sih maksud dari dibaca dalam waktu sekali duduk? Maksudnya ketika kita membaca cerpen tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghabiskan 1 judul. Sekitar 5-10 menit 1 judul bisa anda baca.

Nah, Bolehkah kita membuat cerpen Persahabatan? Boleh-boleh saja, asalkan anda harus melihat unsur intrinsik dalam pembuatan cerpen. Ada beberapa hal yang harus anda pahami mengenai unsur intrinsik, antara lain sebagai berikut :

  1. Tema,
  2. Tokoh,
  3. Penokohan,
  4. Alur,
  5. Latar,
  6. Gaya Bahasa,
  7. Sudut Pandang,
  8. Dan Amanat.

Dari point diatas ketika membuat cerpen harus ada. Tidak boleh asal-asalan dalam membuat cerpen. Karena ketika asal-asalan dalam membuat cerpen akan tidak enak membacanya, ceritanya kurang jelas dan lain sebagainya

Pernahkah anda memiliki persahabatan yang erat dengan teman anda? Setiap hari saat di sekolah maupun setelah pulang sekolah bermain bersama. Walupun sudah beranjak dewasa kelakuan kita ketika kumpul bareng seperti anak kecil.. Betul apa betul? Hayo ngaku. heheh

Kali ini kami akan membagikan beberapa cerpen persahabatan untuk anda dan sahabatnya. Semoga anda suka dengan cerita dibawah ini. Selamat membaca 

Contoh Cerpen Persahabatan 

cerpen persahabatan

kepogaul.com

 

Dibawah ini adalah beberapa contoh cerpen persahabatan seperti sahabat terbaik, sahabat sejati dan masih banyak lagi contohnya. Adapun contohnya sebagai berikut:

Selamat menghayati. 

cerpen tentang persahabatan di sekolah

cerpen persahabatan di Sekolah

kelasumum.blogspot.com

Persahabatan bisa kita temukan di lingkungan pendidikan. Tentunya sangat mudah kita jumpai. Biasanya dari sini awal mula persahabatan dimulai. DI bawah ini akan kami berikan contoh cerpen persahabatan yang biasa terjadi di dunia nyata, antara lain sebagai berikut :

BAIK LUAR DALAM
Suatu hari Rara dengan tina sedang mengerjakan tugas di rumah Rara. Tina dimata Rara merupakan sahabat terbaik serta sahabat sejati baginya. Mereka selalu bersama di sekolah maupun di rumah.

Hari itu, sinta mengunjungi rumah rara untuk mengerjakan tugas bersama dengan Rara. Kemudian, Bi Inah sebagai pembantu di rumah rara berbicara kepada Rara.

“Non, di depan ada sinta yang nyariin kamu, ditemuin gih. Kasihan dan nungguin dari tadi. “ Kata Pembantu Rara

“Bi, bilang aja aku keluar, lagi main atau dimana gituh” Pinta Rara pada Bi Inah.

“iya, Non” Sahut Bi Inah

Kemudian Tak lama Tinah bertanya kepada Rara

“ Ra, kenapa kamu gitu sama sinta? Dia sudah datang jauh-jauh tapi malah kamu usir” Tanya Tina.

“Sinta memang orangnya ramah, baik. Tapi apa hanya itu saja kamu mengukur sifat seseorang? Seperti pepatah bilang Manis diluar pahit didalam” Jawab Rara dengan raut wajah cemberut dan sebel.

“Pahit gimana?” Tina semakin penasaran.

“ Tin, dia sering ngomongin keburukan temannya sendiri di sekolah. Banyak pokoknya tin yang aku jelaskan”

“Coba lihat dirimu. Walaupun judes, ceplas-ceplos sama aku. Tapi setidaknya hatimu tulus tin, bukan baik diluar yang aku cari. Aku ga butuh tampilan luar orang dalam berteman. Aku hanya butuh mengerti perasaan aku dan tulus padaku” Jelas rara dengan sedih

“ Hehehhehe. Aku jadi malu Ra” Jawab Tina dengan tertawa

“ Kamulah sahabat baik luar dalam. Semoga kita selalu bersama ya Tin. Jawab Rara sambil memeluk Tina.

“Iya, Ra” Sahut Tina

 

Selesai….

Cerpen Sahabat Terbaik.

cerpen sahabat terrbaik

Freedomsiana.com

Cerpen persahabatan dibawah menjelaskan artinya sahabat. Walaupun terbatas dengan waktu tetap sahabat adalah sahabat. Di bawah ini adalah salah satu kisah yang cukup sedih, adapun kisahnya sebagai berikut:

Sahabat Tak Akan Terpisahkan
Sahabat Sejati Tak Terpisahkan Sejak kecil Lulu dan Natasya adalah sahabat  dekat. Mereka bertemu pada satu sekolah yang sama.

Saat itu mereka beranjak duduk di kelas 1 SD, kemudian Lulu menyapa kepada Natasya “Ayok Nat, kita duduk bersebelahan disini” Ajak Lulu Sejak hari itu mereka selalu bersama seperti lem yang susah dilepaskan. Mereka sering sekali berjalan bersama maupun belajar bersama.

Natasyah memiliki seorang ayah yang bekerja di suatu perusahaan yang mengharuskan dirinya untuk selalu pergi dan menetap di Suatu negara atau kota tertentu, Saat ini keluarga Natasyah tinggal di Surabaya. Sebelumnya mereka tinggal di Jakarta sebelum pindah ke Surabaya.

Dari pekerjaan ayahnya natasyah yang mengharuskan mereka berpindah-pindah. Namun, ia tidak pernah tahu kapan mereka akan pindah, karena pekerjaannya itu selalu datang tiba-tiba.

Sedangkan Lulu adalah anak semata wayang dari keluarganya. Orang tuanya sangat sibuk sekali dan terkadang Lulu sendiri sering menginap di rumah Natasya. Lulu sangat senang sekali saat ia bertemu dengan Natasya. Karena lulu kerap merasakan kesepian karena sering sendiri dirumah. Dengan kehadiran Natasya di hidupnya sangat merubah lulu menjadi seorang anak yang lebih bahagia

DI pagi hari yang cerah, saat itu Lulu dan Natsya berada dalam kelas IPA, mereka berdua sedang mengobrol mengenai pelajaran sampai akhirnya Natasya mengganti topik pembicaraan.

“Lu, Kata Ayahku, kami akan pergi ke luar negeri.” Kata Natasya “yang benar? Kapan?” Tanya lulu dengan bingung “Aku tidak tahu kapan pastinya Lu, Namu dalam waktu dekat ini” Jawab Natasya dengan bingung

Setelah beberapa minggu. Tibalah suatu hari yang tak diinginkan oleh keduanya yaitu dimana mereka harus berpisah. Natasya pergi tanpa sepengetahuan lulu, tanpa adanya kata perpisahan. Lulu pada hari itu sibuk mencari Natasya, dia mencari keberadaanya di kelasnya tersebut. Sampai-sampai lulu bertanya kepada wali kelas Natasya.

Ternyata Natasya dikabarkan telah pergi mengikuti ayahnya yang harus bekerja di luar negeri. Lulu pada saat itu tidak tahu pasti Natasya pergi kemana. Bertahun-tahun telah terlewati, Lulu pun sudah pula tentang Natasya, ia sudah kehilangan kontak dan kabar darinya.

Tak terasa Lulu akhirnya lulus SMA, Ia sangat senang sekali untuk meneruskan kuliahnya di Amerika. Kemudian pada malam hari Lulu bercerita pada orangtuanya mengenai keberangkatannya ke Amerika dalam kurun waktu yang cukup panjang.

“Bu, Aku sangat gugup sekali. Aku tidak tahu nanti disana aku akan bagaimana dan dengan siapa? Tapi, tadi malam aku bermimpi mengenai Natasya Bu. Mimpinya kurang jelas tapi seperti saat dulu kita pertama bertemu” Kata Lulu dengan kebingungan.

“Mungkin itu adalah suatu pertanda yang diturunkan oleh tuhan kepada mu nak, Kamu tidak perlu khawatir ini semua kan keinginan kamu dari dulu” Jelas Ibu sambil mengelus rambut lulu

“ Ya sudahlah, itu kan hanya sebuah mimpi, jadi tak perlu aku pikirkan lagi”. Jawab lulu Lulu akan berangkat demi meraih cita-citanya esok hari.

Ia terlihat sangat gugup dan senang karena bisa melanjutkan kuliahnya di Universitas favoritnya. Pada hari itu pikiran lulu bercampur aduk. Lulu akan berangkat meraih cita-citanya esok hari. Ia sangat gugup namun juga senang karena bisa meneruskan kuliahnya di universitas favoritnya. Pikiran Lulu pun bercampur aduk.

Kemudian, keesokan hari Lulu diantar oleh beberapa kerabat dari SMA dan serta tak ketinggalan orang tua lulu ke bandara. Saat itu semua bersedih karena akan berpisah dalam kurun waktu yang lama. Apalagi Ia adalah seorang yang sangat mudah dikangenin.

Sesampainya di Amerika, Lulu menaiki taksi untuk pergi menuju Universitas favoritnya. Sesampainya disana, banyak sekali murid-murid yang sedang sibuk mengurus kedatangan mereka sendiri dan lain hal. Mereka juga mendapatkan kamar masing-masing di asrama Setelah Lulu selesai mengurus urasan penting mengenai pendaftaran.

Lulu mengambil kunci kamar Asramanya untuk meletakkan barang-barang yang dia bawa. Dalam 1 kamar terdapat 2 orang.  Saat itu lulu tak tahu siapa yang akan menjadi teman sekamarnya itu. Di sini banyak sekali murid-murid dari negara lain salah satunya indonesia.

Kemudian lulu menuju kamarnya Ia langsung membuka kamarnya dan segera merapikan barang-barangnya. Setelah beberapa menit tak lama teman sekamar pun datang

“Hi, we’re going to be a roommate for 4 years, hope it’ll be fun! My name is Natasya.” Ujar teman sekamar itu.

“Hah! Natasya!! aku Lulu apakah kamu ingat? Dulu kita sering bermain bersama saat masih kecil” Teriak Lulu yang kaget bahwa teman sekamar dengan Natasya

“Yang benar saja? Tentu saja aku ingat pada mu. Apa kabar Lu? Aku tidak menyangka kita bertemu di Universitas yang sama” Tanya natasya yang masih terkejut dan tak menyangka

“Aku baik-baik saja. Aku sangat kangen kamu Nat, Mengapa waktu itu kamu tidak mengabarkan ku saat kamu ingin pergi? Aku nyariin kamu loh seharian” Tanya lulu

“Lu, aku minta maaf. saat itu aku tidak tahu kalau akan pergi pada hari itu juga. Benar-benar mendadak. Maafin aku yah yang sudah ninggalin kamu. Sekarang aku janji bakal bareng kamu terus selama kuliah ini” Ujar Natasya

“Tentu Nat, aku maafin. Yang penting sekarang kita dipertemukan lagi. Aku sangat senang sekali. Oh ya, acara selanjutnya ada acara hari pertama. Ayo kita siap-siap Nat” Ajak Lulu.

“OK. Lu” Jawab Natasya dengan semangat

Mereka pun akhirnya dipertemukan lagi, dalam situasi yang tidak diduga sama sekali oleh mereka. Mereka pun akan melanjutkan demi meraih mimpi mereka bersama. Karena sahabat sejati takkan terpisahkan

 

Selesai….

Nah, itulah beberapa contoh cerpen persahabatan yang bisa kami berikan. Cerpen persahabatan merupakan salah satu tanda bahwa sahabat pasti ada dalam hidup kita. Jadikanlah sahabatmu sebagai kakak atau adikmu. Mengapa seperti ini? Supaya kita saling mengarti.

Mungkin itu saja mengenai cerpen persahabatan ini. Mungkin itu saja. Sekian dan terima kasih. Salam angalul.com

Leave a Reply