10+Contoh Pameran Sekolah Beserta Manfaatnya

contoh pameran sekolah

Pameran sering dilaksanakan atau dilakukan di tempat-tempat tertentu dengan menyajikan hasil karya seni yang bisa dijadikan nilai jual. Ada 2 jenis pameran yang perlu anda ketahui antara lain ialah pameran tunggal dan pameran kelompok

Pameran tunggal adalah pemeran yang menampilkan hasil karya dari seorang senima. Pameran Kelompok adalah pameran yang enampilakn beberapa karya dari beberapa orang seniman dalam satu tempat contohnya adalah pameran sekolah

Contoh pameran sekolah adalah contoh pameran yang sering dilakukan atau dilaksanakan pada akhir semester atau jeda semester. Contoh Pameran sekolah biasanya menampilkan karya-karya dari siswa siswi di sekolah tersebut.

Dengan menampilkan hasil karyanya membuat para siswa dan siswi akan menjadi aktiv, percaya diri dan peduli dengan lingkungan. Nah, kali ini ada beberapa penjelasan mengenai contoh pameran sekolah. Berikut kami jelaskan dengan jelas. Selamat membaca

Pengertian Pameran Sekolah

Sudah Kita bahas diatas mengenai pengertian pameran. Tapi perlu anda ketahui lebih jelasnya. Pameran adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh seniman untuk menyampaikan ide atau gagasan ke pada publik melalui media karya seni.

Nah, kegiatan ini juga diharapkan terjadi komunikasi antara seniman yang dengaan apresiator mengenai karyanya. Dan bukan itu saja, seorang apresiator juga bisa membawa pulang hasil karya seniman dengan membelinya atau bahkan secara gratis heheheh.

Jadi apa definisi pameran sekolah? Pameran sekolah adalah suatu kegiatan mempertontonkan hasil kerativitas dari karya siswa untuk bidang studi tertentu yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu.

Tujuan Pameran Sekolah

Contoh pameran sekolah adalah wadah atau tempat untuk membuat anak menjadi kreativ dan aktif. Apa tujuan pameran sekolah itu? Tujuan pertama Adalah Evaluasi Objektif. Kedua mengukur sejauh mana kemampuan dan kreativitas siswa dan siswi dalam mengungkapkan idenya pada suatu karya .

Ketiga meningkatkan minat siswa terhadapat seni. Seni rupa maupun seni kriya. Ke empat Mengembangkan dan mengetahui potensi siswa pada bidang seni ini.

Dari ke empat tujuan tersebut, para guru khususnya guru seni bisa mengetahui tangan-tangan yang menghasilkan karya yang sangat bagus dan tangan-tangan yang enggan berteman dengan seni.

Manfaat Pameran Sekolah

Ada beberapa manfaat pameran sekolah untuk siswa maupun sekolah itu sendiri. Antara lain sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa-siswi dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain
  2. Menambahkan wawasan kepada siswa sera memberikan kemampuan dalam evaluasi hasil karya secara pbjektif
  3. Melatih tanggung jawab
  4. Melatih bersikap mandiri
  5. Melatih mental dan membangkitkan semangat untuk berkarya seni rupa.
  6. Mempertebal pengalaman sosial

contoh pameran sekolah

Contoh pameran sekolah menghasilkan beberapa bentuk karya yang dibuat oleh para siswa di sekolahan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa karya yang sering dibuat oleh para siswa, antara lain sebagai berikut :

Membuat rumah dari Stik Escrime

Membuat rumah dari stik es crime memang sangat mudah dan banyak disukai oleh orang karena bentuk rumah minimalis dengan hasil karyanya.

Membuat wayang dari kardus

Kardus sangat mudah sekali ditemukan, dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai dibuatlah wayang kulit dari kardus yang menghasilkan sebuah karya seni yang cukup unik

Membuat patung dari gypsum

Gypsum adalah semacam semen putih yang bisa membuat karya seni untuk hiasan dinding atau tralis atau hiasan plafon rumah anda. Bukan itu saja, Membuat patung dari mainan atau botol susu yang berbentuk hewan.

Nah, itulah beberapa contoh pameran sekolah yang sering ditampilkan oleh siswa-siswi di sekolahan tersebut. Mungkin itu saja yang bisa saya berikan sebagai penutup kami berikan vidio penampilan pameran sekolah. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply