27+ Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Pasti kalian mencari contoh pidato singkatkan?  Past kalian mencari yang mudah untuk dihafal? Tenang sahabat semua orang pasti pernah merasakan dan mengalami saat masa  sekolah. Nah buat membantu kalian semua yang sedang kebingungan mencari contoh pidato singkat. Untuk itu saya akan memberikan beberapa contoh pidato singkat yang bisa kalian gunakan

Tapi sebelumnya, apakah kalian tau apa itu pidato? Mengutip dari wikipedia “Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.” Jadi Pidato itu pada  intinya menyampaikan sesuatu hal yang penting didepan umum, dengan tujuan mengajak atau memberikan informasi tentang  suatu hal.

Pidato mempunyai 3 unsur yang harus kalian perhatikan, antara lain ialah

Pembukaan

Pembukaan ialah bagian yang paling awal pada teks pidato. Pembukaan biasanya berisi tentang puji syukur ucapan hormat dan ucapan sapaan kepada hadirin

Isi Pidato

Isi merupakan bagian tengah sekaligus bagian inti di dalam naskah pidato. Pada bagian ini berisi poin penting yang ingin disampaikan. Isi pidato harus disesuaikan dengan hadirin yang mendengarkan.

Perhatikan tingkat kemampuan menyerap informasi para pendengar dan gunakan bahasa yang mudah dipahami.

Pidato harus sesuai tingkatan  waktu dan tempat jika anak Sekolah Menengah Pertama tentu akan berbeda dengan pidato yang disampaikan untuk kalangan mahasiswa atau masyarakat umum.

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan hindari menggunakan bahasa asing jika kemungkinan tidak dipahami oleh para hadirin.

Penutup

Penutup merupakan bagian terakhir dari sebuah  pidato. Bagian ini biasanya berisi ucapan terima kasih kepada hadirin yang telah meluangkan waktunya untuk mendengarkan sesi pidato. Kemudian dilanjutkan dengan ucapan syukur sebagai kalimat penutup.

Pada postingan kali ini, saya  akan memberikan beberapa contoh pidato singkat dengan berbagai tema seperti, Pidato tentang Pendidikan, Pidato tentang acara Perpisahan sekolah, dan Pidato tentang Kebersihan. Jika sobat mau pidato dengan tema yang lain, bisa kasih tau kami melalui kotak komentar.

Contoh pidato singkat tentang pendidikan

Contoh pidato singkat tentang pendidikan

notepam.com

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Hadirin yang berbahagia

Puji syukur kehadirat allah SWT yang telah memberikan  nikmat serta hidayah-Nya yang kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.

Dalam mencari ilmu, Allah SWT  pernah menguji para Malaikat. Bahwa ternyata tidak ada seorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah SWT. sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah SWT, walaupun ada yang pintar janganlah kalian berbangga diri karena hanya titpan allah SWT.

Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki.

Hadirin yang saya hormati.

Sebagian dari keutamaan orang yang mencari ilmu adalah dimudahkan untuk melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar atau guru yang  juga sangatlah penting.

Sehingga orang yang bersamanya duduk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Di dalam al-quran menjelaskan tentang keutamaan orang yang mencari ilmu bahwa mencari ilmu itu wajib bagi umat muslim semuanya. Jadi menuntut ilmu itu wajib bagi kita untuk melaksanakan kewajiban tersebut

Sekian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberkahkan ilmunya dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh pidato Perpisahan

Contoh pidato Perpisahan

www.penuliscilik.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang dirahmati oleh allah,

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa  mengucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang berbahagia,

Tak terasa waktu telah berlalu secepat ini  sehingga pada hari yang sangat indah kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru ke depannya dan menuju cita-cita yang kalian semua inginkan. Segala hal yang kami peroleh selama di sekolah ini sangatlah berarti untuk kami semua.

Kami ucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dalam membimbing kami untuk menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah guru-guru berikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Dimana ada perjumpaan, pasti disitu ada perpisahan. Semoga perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah ini  akan tetap menjalin silaturahmi kepada guru-guru di sini.

Kami pun selaku siswa dan siswi mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak guru  di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Tentang Kebersihan

kebersihan

www.ilmupena.com

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

puji syukur kehadirat Allah SWT yang  telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan bersemangat  pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pidato  kali ini menerangkan pentingnya  menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya.  marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya kebersihan dan kesehatan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin yang saya hormati,

Jika kita selalu menjaga kebersihan kemudian  ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita maka kita pun akan mendapat mudorotnya, oleh karena itu  mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas dan suka berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan kepada anak-anak untuk senantiasa  menjaga kebersihan, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

Allah memang menyukai orang yang serba bersih apalagi saat menunaikan ibadah kepada allah. dan pernah mendengar kebersihan sebagian dari iman. Ketika kita masih menghiraukan kebersihan berarti kita juga imannya masih kurang

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato singkat ini, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan oleh sekalian, akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

contoh ceramah kesehatan

kesehatan

id.pinterest.com

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kepada  Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehinga bisa berkumpul di tempat ini. Shalawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kepada para keluarga, sahabat dan kita semua selaku umatnya hingga yaumil akhir.

Pidato pada hari ini adalah tentang nikmatnya kesehatan. Nikmat kesehatan adalah salah satu nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia. Kebanyakan dari kita nikmat kesehatan ini adalah nikmat yang biasa saja.

Padahal nikmat kesehatan adalah salah satu nikmat yang besar dari Allah  kepada kita. Kita bisa lihat berapa uang yang dikeluarkan seseorang yang sedang sakit. Apa yang mereka inginkan? Sampai-sampai mereka mengeluarkan uang yang begitu banyak, mereka menginginkan kesehatan sahabat-sahabat.

Oleh karena itu, untuk mensyukuri nikmat kesehatan  yang Allah berikan kepada kita, seharusnya kita selalu senantiasa menjaga diri kita agar tetap sehat. Salah satu utama yang menyebabkan seseorang terserang penyakit adalah lingkungan yang kotor, pergaulan bebas dan faktor lainnya.

Seperti yang kita ketahui sahabat-sahabat, apabila tempat yang kita tempati sehari-hari kotor, kemungkinan besar kita akan mudah terserang penyakit. Karena kuman-kuman/bibit penyakit merasa nyaman untuk berkembang biak di tempat yang kotor.

Salah satu contoh penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor ialah  demam berdarah. Disebabkan kurang terurusnya lingkungan kita, mengakibatkan nyamuk DB bisa berkembang biak dengan sempurna.

Ketika mereka telah berkembang biak menjadi banyak, dengan cepat mereka akan menyerang manusia yang dekat dengan tempat tersebut. Jadi tidak heran apabila banyak sumber penyakit yang muncul dari lingkungan yang kotor.

Jadi alangkah baiknya apabila kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain akan terhindar dari berbagai penyakit bila lingkungan kita bersih, insyaallah akan menjadikan kita betah berada di rumah.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kita pada hari ini. Semoga pesan singkat mengenai kesehatan tadi bisa membuat kita sadar akan pentingnya kesehatan pada diri kita. Atas segela perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Tentang Narkoba

Contoh-Pidato-Tentang-Narkoba

www.infokekinian.com

Assalamualaikum Wr. Wb.

puji syukur kehadirat Allah SWT yang  telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan bersemangat  pada hari ini. Shalawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kepada para keluarga, sahabat dan kita semua selaku umatnya hingga yaumil akhir.

Pidato pada hari ini mengenai bahaya narkoba bagi diri kita. Narkoba atau narkotika obat dan ganja adalah suatu jenis bahan obat-obat yang dikonsumsi secara berlebihan yang menyebabkan beberapa dampak buruk bagi mental ataupun tubuh manusia.

Seperti yang kita sudah  ketahui, mengkonsumsi narkoba dapat menyebabkan berbagai penyakit, dan penyakit yang timbul karena narkoba tidak tanggung-tanggung.

1. HIV AIDS.

2. Hepatitis B dan C.

3. Kemampuan kognitif menurun.

4. Gangguan pada hati (liver) dan ginjal.

5. Gangguan paru-paru dan pernapasan.

6. Infeksi menular seksual.

7. Gangguan jiwa.

Itu penyakit yang timbul karena mengkonsumsi narkoba secara  terus menerus, dan dampak terburuk dari mengkonsumsi narkoba adalah kematian. Kematian akibat narkoba sudah tidak diragukan lagi sudah banyak yang ditelan mati oleh narkoba.

Tidak cukup itu, dampak yang terjadi pada mental penggunanya juga tidak kalah berbahaya dari dampak fisik. Menurut saya pribadi dampak mental ini lebih buruk dari pada dampak fisik, karena dampak ini dapat membahayakan orang lain ketika diusik.

Tidak menjadi rahasia lagi, bahwa banyak kejadian kriminalitas yang dilakukan oleh pengguna narkoba. Apalagi di bulan yang suci ialah bulan ramadhan banyak ppolisi yang berkeliling dan menangkap orang yang terlibat narkoba.

Hal itu seperti pencurian, perampokan, pemerkosaan dan masih banyak dampak negatif yang lainnya.

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang peduli dengan kemajuan bangsa ini, sudah sepatutnya kita mendukung acara anti narkoba.

Mengingat besarnya dampak negatif yang disebabkan oleh benda ini. Dan kita berharap agar hukum di negara kita ini lebih tegas dalam menanggapi masalah ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada hari inii. Atas segala kekurangan dan kesalahan saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas segala perhatian saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Leave a Reply