15 Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Pasti dari Kalian sudah mengalami dunia kerja secara nyata, bagaaimana kerasnya dunia kerja itu, walaupun gaji yang ditawarkan itu cukup besar, tetapi kalian masih kurang betah, nyaman ataupun yang lainnya.

Salah satu dari kalian ada  keinginan untuk keluar dari perusahaan itu, Bagaimana cara keluar dengan baik? Apakah hanya dengan ucapan saja kita bisa keluar dari perusahaan tersebut? Kalian masuk dengan  Sopan keluar pun harus dengan sopan kembali.

Cara saat kita akan pergi untuk meninggalkan perusahaan itu maksudnya resign atau mengundurkan diri dari perusahaan tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Jika kita ingin resign, kalian harus yakin akan kedepannya. Berarti kalian harus mencari lagi tempat kerja yang anda inginkan setelah keluar nanti

2. Kalau kalian sudah yakin dan percaya diri, setelah itu kalian menemui kepala HRD atau pimpinan langsung dengan berbicara perlahan dan tidak panjang lebar serta memberikannya surat pengunduran diri karena hal tertentu.

3. Ada yang lebih baik lagi, jika ingin keluar dari perusahaan tersebut, kalian harus membawa regenerasi atau membawa pengganti kalian. Sebelum itu Kalian harus mengajari cara dan sistem di perusahaan tersebut, jika sudah menguasai baru kita memberikan surat dan meberitahukan bahwa kalian ingin keluar sebab hal tertentu

Apakah kalian sudah bisa cara membuat surat pengunduran diri?  Jika belum bacca sampai selesai, selamat membaca

Pengertian Surat Pengunduran diri

pengertian surat resign

www.suratresmi.id

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari tempat atau instansi yang dia bekerja, baik perusahaan swasta maupun perusahaan negeri.

Adakalanya kalian mengalami kebosanan dan kejenuhan saat bekerja ataupun ada masalah tertentu dan kalian memilih untuk resign atau mengundurkan diri secara resmi dan sopan untuk mencari pengalaman baru dan suasana baru, dan bisa mencari gaji yang lebih tinggi dari gaji sebelumnya.

Apapun kendalanya atau masalahnya yang menyebabkan kalian ingin keluar atau resign dari perusahaan tersebut kalian harus membuat surat pengunduran diri bekerja. Mengapa sangat dipentingkan?

Secara logis dan attitude kalian masuk di perusahaan menggunakan Surat lamaran pekerjaan maupun CV untuk masuk ke perusahaan tersebut. Begitupun sebaliknya jika ingin pergi atau resign kalian juga harus membuat surat pengunduran diri ( Ada pepatah dari timur : datang tampak muka, pergi tampak punggung )

Yang jadi pertanyaan Ketika kalian ingin keluar atau resign dari perusahaan tersebut masih adakah perusahaan yang membutuhkan kalian? Jika tidak ada kalian dipastikan menganggur terlebih dahulu bukan.

Mungkin saja itu terjadi. Maka kalian harus bersiap-siap kerjaan cadangan, ketika keluar ada kerjaan lain yang bisa menunjang kelangsungan hidup sehari-hari.

Manfaat surat Pengunduran diri

manfaat pengunduran dirii

www.gratisiana.net

Ketika kalian memberikan surat pengunduran diri ini kepada Kepala HRD ataupun pimpinan langsung, Pada saat membuatnya harus dengan jelas, logis dan masuk akal. Diusahakan masalah atau tujuannya disampaikan dari awal jangan ada kata-kata yang menyinggung perusahaan atupun menjelekan nama perusahaan tersebut.

Adapun Dibawah ini manfaat surat pengunduran diri setelah kita memberikan kepada pimpinan antara lain sebagai berikut :

Anda Lebih Terhormat dan profesional

Setiap keputusan yang kalian  pilih harus dibarengi dengan perilaku yang baik dan nilai-nilai sopan, jangan pergi dari perusahaan begitu saja . Apalagi dalam hal dunia kerja ini , ada banyak  peraturan dan beretika di perusahaan yang harus kalian taat dan laksanakani.

Ketika kalian mengundurkan diri dengan cara yang baik, sopan dan secara resmi, kalian akan dipandang oleh pimpinan atau kepala HRD bahwa kalian itu bertanggung jawab atas perusahaan, dipandang terhormat serta mempunyai etika dan tata krama yang baik yang bisa membantu saat bekerja di perusahaan lain.

Beda halnya ketika kalian langsung pergi begitu saja tanpa alasan, pasti pimpinan akan memberikan pandangan kepada kalian itu tidak berpendidikan, tidak mempunyai etika yang bagus dan juga bisa terpengaruh kepada perusahaan lainnya.

Memberikan Kesempatan Kepada Perusahaan Untuk Mencari Pekerja Yang Baru Untuk Menggantikan Posisi yang Ditinggalkan

Surat pengunduran kerja ini biasanya dibuat sebelum kalian mengundurkan diri. Kalian ingin resign pada tanggal 31 Juli 2018, kalian harus membuatnya sebelum waktu tersebut contoh pada tanggal 1 Juli 2018 dan  kalian harus mengajukan surat pengunduran ini kepada pimpinan di perusahaan tersebut

Dengan ini perusahaan dapat mempersiapkan untuk mencari pengganti kalian ketika kalian pergi sudah ada yang menggantikan posisi tersebut sehingga perusahaan akan tetap berjalan dan aktif secara normal setelah kalian keluar dari perusahaan tersebut.

Makanya ketika kalian ingin pergi kalian harus membawa orang untuk bekerja disitu, tetapi sebelumnya kalian ajarkan sistem dan cara kerja di perusahaan tersebut. Setelah beberapa lama sampai bisa baru kalian memberikan kesempatan kepada orang yang kalian bawa tadi untuk menggantikan posisinya

Hal ini akan memberikan kesan kepada kalian, berbeda dengan orang yang tidak bertanggung jawab langsung pergi saja pasti dipandang tidak bagus oleh pimpinan anda dan efeknya terkena untuk perusahaan lainnya.

Tujuan Surat pengunduran diri

tujuan resign

www.merdeka.com

Tujuan kalian ingin berhenti bekerja karena kalian ingin sesuai yang tertera dibawah ini, antara lain sebagai berikut :

1. Gaji lebih besar

2. Pekerjaan lebih nyaman

3. Pas dengan keahlian kalian

4. Tidak terlalu ekstrim

Kalian pasti ingin kriteria kerja yang seperti itu bukan ? Jika kalian kerja dengan sepenuh hati dengan selang jalannya waktu pasti kalian merasakan kriteria kerja tersebut. Intinya kalian kerja sesuai peraturan yang ada berdoa dan tawakal, tak lama kalian akan dinaikan gajinya oleh perusahaan tersebut

Contoh Surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri

www.finansialku.com

Di bawah ini beberapa contoh surat pengunduran diri dengan baik, antara lain sebagai berikut:

Contoh Surat 1. Kepada Kepala HRD

pengunduraan diri

masfikr.com

Yth, HRD Manager PT. MAJU MUNDUR

Jl. SIliwangi No.8 Indramayu

Di Tempat

Dengan datangnya surat ini, saya Bernama SYAHRUL MUBAROK bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. MAJU MUNDUR sebagai Manager Marketing terhitung sejak tanggal 1 Januari  2017.

Saya ucapkan terimakasih telah memberikan kesempatan  kepada saya untuk bekerja di PT MAJU MUNDUR. Tak lupa saya  memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen yang ada di  PT. MAJU MUNDUR apabila terdapat kesalahan, kecerobohan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap semoga PT MAJU MUNDUR dapat terus berkembang dan selalu memberikan kesempatan orang lain untuk bekerja di PT MAJU MUNDUR

Indramayu, 1 Juli 2018

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

 

Syahrul Mubarok

Contoh Surat 2. Ketua Umum Organisasi

surat pengunduran diri

http://rocketmanajemen.com

Yth,Ketua Umum Organisasi Himpunan Pelajar

Di Tempat

Dengan Hormat,

Kami sampaikan semoga Bapak/Ibu Sukma reza dan  Gina aulia dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak/ Ibu  Ketua umum organisasi himpunan pelajar yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Menteri Agama yang Bapak pimpin.

Sebagai Menteri Agama  Masa Bakti Tahun 2017 , sesuai SK 054/SK/HIJAR/ SMKPUIHGL/ 2017 Saya menilai Himpunan Pelajar tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.

Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak/ Ibu Ketua Umum Organisasi Himpunan Pelajar, saya memohon pengertian Bapak/ Ibu bahwa mulai hari ini saya menyatakan pengunduran diri saya sebagai Menteri Agama di Himpunan Pelajar ini

Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi yang saya yakini. Semoga Bapak/Ibu  dapat memahami keputusan saya ini, dan tak lupa meminta maaf Saat keluarnya surat ini tidak memotong tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian kepada Bapak/ Ibu  Ketua Umum Organisasi Himpunan Pelajar selama ini.

Haurgeulis, 21 Maret 2018

Hormat Saya,

(Tanda Tangan Anda)

 

Syahrul Mubarok

Contoh Surat 3. Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

contoh surat pengunduran diri kerja

www.ilmubahasa.net

Cirebon, 21 Mei 2015

Yth. Kepala PT MANDIRI MAJU

Di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Diana Ramadhani, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT MANDIRI MAJU Cirebon sebagai karyawan per tanggal 21 mei 2015  dikarenakan mendapatkan pekerjaan baru.

Saya ucapkan terima kasih kepada kepala PT MANDIRI MAJU atas kesempatannya saya bisa bekerja di tempat ini, dan tak lupa pula saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen  PT MANDIRI MAJU Cirebon jika terdapat kesalahan, kecerobohan dan kekeliruan yang pernah saya lakukan selama saya bekerja.

Saya mengharapkan selalu untuk PT MANDIRI MAJU Cirebon  dapat berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Mubarok

Contoh Surat 4. Pengunduran Diri Dari guru

surat pengunduran diri

http://rocketmanajemen.com

20 Desember 2017

Yth. Kepala SMK PUI HAURGEULIS

Jl. Siliwangi No. 4 Haurgeulis Indramayu

Perihal       : Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan Surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Syahrul Mubarok

Tempat, Tanggal lahir : Indramayu, 16 September 2001

Jabatan : Guru Ekstrakulikuler Paskibra

Alamat : Jl. Pasar hewan Blok Kubangsari Haurgeulis Indramayu

Secara resmi terhitung semenjak hari Senin tanggal 20 Desember 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Ekstrakulikuler Paskibra di SMK PUI HAURGEULIS dikarenakan sudah ada pekerjaan baru.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK PUI HAURGEULIS  untuk dapat bekerja serta mengajar, yang mana saya banyak mendapatkan ilmu baik secara moril dan materi.

Tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada Bapak Kepala Sekolah SMK PUI HAURGEULIS   dan kepada jajaran Komite, Guru, serta para staf SMK PUI HAURGEULIS jika terdapat hal-hal yang tidak baik serta kurang berkenan yang saya lakukan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK PUI HAURGEULIS dapat menjadi sekolah yang  terus berprestasi baik dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit unggul penerus bangsa.

Hormat Saya

Syahrul Mubarok

 

Leave a Reply