50+ Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Korupsi

Ada banyak sekali jenis-jenis teks yang dapat kita pelajari, setiap jenis teks pasti mempunyai karakteristik, struktur dan sifat khas tertentu loh. Salah satu jenis teks yang cukup unik bisa dijadikan sebagai bahan hiburan seperti contoh teks anekdot

Penasaran mengenai contoh  teks anekdot? Dalam artikel ini kita dapat mengulas secara lengkap mengenai contoh teks anekdot. Mulai dari pengertian teks anekdot, struktur, contoh teks anekdot nenyindir teman, lucu, sosial dan lain-lain

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian Teks Anekdot

http://referensisiswa.blogspot.com

Teks anekdot merupakan suatu cerita yang sangat lucu dan menarik yang menggambarkan tentang suatu kejadian yang sebenarnya. Pada umumnya sifat dari anekdot ini yaitu  menghibur karena kandungan humor di dalamnya.

Tetapi isi di dalam cerita itu mengungkapkan kebenaran mengenai seseorang maupun kejadian yang memiliki sifat menyindir atau mengkritik. Nah, sindiran tersebut biasanya tentang sosial, lingkungan pendidikan dan lain-lain   

Struktur Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot

http://www.mikirbae.com

1. Abstraksi merupakan sebuah gambaran berisikan gambaran awal dari teks anekdot

2. Orientasi merupakan suatu bagian isi yang berisi latar belakang dari suatu kejadian yang diceritakannya

3. Event adalah bagian isi yang berisi sebuah rangkaian suatu kejadian

4. Krisis adalah sebuah bagian yang berisi masalah dalam suatu kejadian

5. Reaksi adalah sebuah bagian yang berisi sebuah penyelesaian masalah dalam suatu kejadian

6. Koda Merupakan isi perubahan yang akan terjadi pada kejadian atau tokoh

7. Re-orientasi adalah bagian penutup yang merupakan sebuah kesimpulan dari teks

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Contoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

brainly.co.id

Dibawah ini adalah beberapa contoh teks anekdot beserta strukturnya. Mau tau apa saja? Yuk langsung saja geser ke bawah ajah

Abstraksi

Di suatu malam yang cukup hening ada sebuah percakapan antara ibu dan anak laki-lakinya yang sudah beranjak dewasa

Orientasi

Mereka membicarakan tentang jodoh si anak yang tak kunjung datang

Event

Mereka banyak berbicara panjang lebar mengenai jodoh yang diinginkan oleh anaknya. Si ibu bertanya “ Nak, kenapa di usiamu ini yang sudah berumur masih saja tak juga mencari jodoh?

Jujur nak, ibu sudah tua, ibu ingin sekali menimang cucu nak”. “ Apakah kamu sudah memiliki calon apa belum? “ Jika belum apa sih kriteria calon yang kamu inginkan?”

Krisis

Si anak laki-laki ini menjawab, “ Saya trauma dengan wanita bu, dari dulu dengan beberapa wanita yang cukup cantik tetapi mereka hanya mengincar harta dan fisik saya saja. Saya juga tidak tahan lagi dengan wanita yang seperti itu.

Mohon maaf sebelumnya saya masih belum bisa membahagiakan ibu. Kalau boleh berikan saya waktu untuk beberapa bulan dalam mencari jodoh ku”. “ Tapi ibu juga harus menerima jodoh saya nanti dengan suka cita dan tidak memandang fisik, materi dan lainnya” Pinta si anak ini dengan nada memohon kepada ibunya

Reaksi

Baiklah ibu bisa menerima dari segala persyaratanmu itu, ibu senang sekali kamu cepat memberi tanggapan dari keinginan ibu ini, memang ibu sudah tidak sabar ingin menimang cucu yang banyak biar tambah rame di rumah ini. Jawab ibu dengan nada yang menggebu-gebu.


Koda

Setelah beberapa bulan ini akhirnya si anak laki-laki ini mendapatkan jodoh sesuai pilihannya. “Bu inilah jodoh saya, sambil mengenalkan jodohnya kepada ibunya itu. “ Si ibu kaget sekali dengan jodoh yang dikenalkan oleh anaknya tersebut, lalu siapa ketiga anak tersebut keponakankah atau siapa? tanya si ibu itu. Sambil terheran-heran melihat jodoh anaknya yang seumuran dengan ibunya itu.

“ Iya buk jodoh saya namanya adalah safitri, dia janda dan mempunyai 3 anak, bukannya ibu ini ingin sekali cepat-cepat menimang cucu? Mungkin ini sudah bisa menimang cucu malah 3 cucu sekaligus dengan begitu rumah kita ini akan menjadi ramai sesuai harapan ibu


Re-orientasi

Si ibu lalu mendadak pingsan

Contoh Teks Anekdot Lucu beserta struktur teksnya

Contoh Teks Anekdot Korupsi

http://accounting-08.blogspot.com

Contoh Teks Anekdot Lucu

Di suatu hari ada seorang ibu ingin memijat bayinya di kamar sebelum dimandikan, hal itu disebabkan karena sudah beberapa hari ini bayi cukup rewel dan susah sekali untuk tidur. Kemudian si ibu mengambil minyak pijat di meja samping kasur akan tetapi si ibu ini lupa menaruhnya “ mana baby oil yang kemarin? Tanya si ibu dalam hati.

Kemudian beberapa menit dia ingat bahwa baby oil itu terdapat di dapur. Si ibu akhirnya memanggil anak keduanya yang berumur 2 tahunan “ Nak tolong ambilkan minyak di dapur untuk pijat adik ya” Pinta ibu kepada anaknya itu. “Ya bu” jawab anaknya. Ia berlari mmenuju dapur untuk mengambil minyak. Kemudian ia menyerahkan minyak tersebut ke ibunya

Kemudian si ibu ini kaget melihat anaknya itu membawa botol minyak goreng yang isinya masih setengah. “ Kenapa kamu mengambil yang ini nak? Tanya si ibu. “ Tadi ibukan menyuruh aku untuk ambil minyak di dapur. Celotehnya si anak 2 tahun tersebut dengan merasa tidak bersala

Contoh Teks Anekdot Singkat

Ada sepasang suami istri yang sedang memanen tomat di kebunnya yang berada tidak jauh dari rumahnya. Tomat-tomat yang dipanen besar-besar dan berwarna merah sekali, sehingga si suami ini mempunyai keinginan untuk memakannya.

Setelah mereka mendapatkan beberapa keranjang si suami pun memakan satu tomat yang diambilnya itu. Lalu sang istri menegurnya. ‘’ pa kenapa dimakan? kan tomat ini belum dicuci pa dan masih banyak mengandung pestisidanya, sanggah istri.’’

‘’ tau gak mah, tomat ini seperti rasa papa pada mama, jawab sang suami. ‘’ maksudnya apa sih pa ?’’ si istri bingung.’‘’ i love you so much.’’ Jawab si suaminya dengan nada yang sangat mesra sekali.’’ Si istri yang mendengarnya ucapan darai suaminya itu langsung  tersentuh dan tertawa sendiri.

Contoh Teks Anekdot Menyindir teman

Ada dua orang gadis yang saling bersahabat yaitu si Vira dan si Nana. Sejak persahabatannya itu si  Vera sering sekali meminta bantuan si Nana terutama ketika sedang membutuhkan uang sekali.

Ketika itu  sedang dalam kekurangan atau butuh dana vara ini selalu memanfaatkan temannya, tetapi ketika giliran ditagih dia menghindar dan seperti tidak mempunyai hutang. Suatu ketika si Nana ini sedang mengerjakan tugas yang sangat menumpuk dan harus selesai dalam waktu seminggu itu. Dia kebingungan karena disaat bersamaan dia ada sebuah acara keluarga yang tidak bisa dia tinggalkan sekali. Kemudian dia mempunyai suatu inisiatif di dalam otaknya itu.

Disaat bersamaan si Vira ingin sekali meminjam uang lagi kepada si Nana, entah kenapa sudah berapa kali dia ini meminjam uang dan masih belum dikembalikan. ‘’ Na bolehkah aku meminjam uang lagi?’’ tanya si Vira dengan nada sedikit memohon. ‘’Berapa Vir?’’ tanya si Nana.’’ ‘’ Satu juta saja ko.’’ ‘’ Apa?, itu sudah cukup untuk  membayar semua hutang-hutangmu, kamu malah mau hutang lagi vira, ya sudah begini saja vin, ada syaratnya ya, kamu harus kerjakan tugasku ini selama seminggu full nanti akan aku pinjami kamu uang, bagaimana? Setuju tidak ?’’ .tanya si Nana ini. ‘’baiklah ,’’ jawab Vira dengan sedikit mengerutkan kepala.

Satu minggu kemudian kelar semua tugas Nana ini, Lalu si Vira meminta uang pinjaman kepada Nana itu. ‘’Na, ini tugasmu yang sudah selesai jadi aku bisa dong dapat uang pinjaman darimu kan?’’. ‘’ sebelumnya maaf ya Vira, coba hitung berapa hutangmu kepadaku? Satu juta kan? Nah, kemaren kamu juga mengerjakan tugasku itu sebagai bayaran hutang kamu. Tegas Nana menjelaskan kepada vira. Vira yang mendengarkan hanya bisa terdiam dan tertunduk malu.

Contoh Teks Anekdot Sosial

Dalam sebuah percakapan antara kakak dan adik yang sedang menonton tv berita di chanel tertentu. Sambil menonton mereka ini saling bertukar pendapat mengenai tontonan yaitu para organisasi istri-istri pejabat-pejabat  yang sedang berwisata di suatu tempat yaitu di luar negri.

‘’ lihat tuh dek ibu-ibu itu dari atas sampai bawah semuanya menggunakan barang mewah, memakai barang merk import semua, dan semuanya itu kompak,’’.

‘’Memang kenapa sih kak ? itu haknya mereka memakai merk yang kualitas internasional sesuai dengan kelas mereka lah ka. ‘’Iya berkelas sih berkelas tapi lihat deh pakaian, rambut mereka yang disemir berwarna coklat muda seperti bule, pakaian mereka juga semua kompak berwarna baby pink dan sepatu high heels yang tinggi.

Padahal berapa usia dari mereka dan orang sekelas pejabat seperti mereka mana pantas berpakaian seperti itu,’’ jelas si kakak’’. ‘’kakak tidak tau ya mereka ini ke luar negeri kan mau konser ka, sambung adiknya itu  dengan tertawa geli’’

Contoh Teks Anekdot Layanan Publik

Suatu hari, di kantor polisi Toni yang sedang mengurus pembuatan SIM bersama teman-temannya. Dia terheran sekali melihat sebuah prosedur pembuatan SIM yang sangat  mudah sekali dengan cukup latihan sekali saja langsung bisa jadi tuh.

Padahal ada beberapa cara diantaranya yang masih belum begitu lihai dan tahu betul  dalam berkendara. Seakan para petugas yang mengurus pembuatan SIM tersebut tidak memikirkan dampak kedepan ketika para pembuat SIM yang masih  belum lihai tersebut langsung terjun di jalan raya yang ramai dengan kendaraan roda empat yang memiliki kecepatan tinggi.

Toni bertanya kepada temannya si jono, ‘’ Jon kamu tau gak kenapa para polisi perutnya besar-besar ?’’. Ya mungkin gizinya itu telah  tercukupi, jawab Jono.’’ Toni pun menggeleng-gelengkan kepalanya.’’ Lalu kenapa ?

’’ tanya jono dengan rasa yang sangat penasaran. ‘’ karena pekerjaan mereka ini tidak seberat TNI mungkin kali, jawab jono mengulang. ‘’ salah semua tuh jon, perut mereka besar-besar itu karena  sesuai dengan isi dompet yang mereka punya jon,’’jelas Toni.

Contoh Teks Anekdot Korupsi

Di suatu malam mall ibu kota selalu ramai dan banyak dipenuhi oleh muda mudi yang sedang berpacaran, apalagi di malam minggu. pasti para pengunjung mall bisa dua kali lipat dari hari biasanya itu.

Di suatu malam Salsa dan kekasihnya Robin sedang malam minggu di suatu mall di jakarta. Mereka berdua menonton dan kemudian berbelanja pakaian yang dibutuhkan. Mereka ingin sekali  membeli pakaian pesta yang akan dikenakan saat nanti di acara pernikahan kakaknya itu.

Di counter yang menjual pakaian-pakaian tersebut yang dipenuhi dengan gaun-gaun pesta dengan merk yang sangat terkenal dan mahal pula harganya. Ada yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Sebagai wanita, Salsa juga ingin kekasihnya yang memilihkan gaun untuk dirinya, dia juga  ingin memakai gaun yang sangat anggun dan menawan menurut kekasihnya tersebut.

‘’Yank bisa pilihin gaun yang paling bagus jika aku pakai untuk pestapernikahan nanti, aku ingin terlihat sangat cantik dan menawan dengan gaun yang tidak murahan seperti ini,’’ pinta Salsa pada robin itu.

Ternyata Robin juga mau dan menginginkan agar Salsa yang memilihkan jas untuknya. Disela-sela memilah dan milah Salsa menemukan jas hitam super mahal dan mewah sekali. Jas itu buatan desaigner ternama dari luar negri yang harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Dia juga memilihkannya untuk sang kekasih. ‘’Yank tau gak hmm baju apa yang lebih mahal harganya dari jas ini, tanya Salsa kepada kekasihnya dengan menyodorkan jas pilihannya. ‘’ apa ?’’ tanya kekasihnya.

Jas oranye yang di belakangnya terdapat tulisan KPK,  tidak sembarangan orang yang dapat memakai pakaian itu yank, pasti orang-orang dengan uang yang mencapai milyaran bahkan trilyunan baru bisa memakainnya.’’

Hahaha lucu bukan? Itulah beberapa contoh anekdot. Kalian juga bisa membuat teks anekdot saat waktu luang untuk mengutarakan isi hati kalian. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply