Pengertian Guling Lenting Manfaat Beserta Gerakannya

Pasti kalian pernah melakukan atau diajarkan oleh guru kalian untuk melakukan guling lenting saat jam olahraga. Canda tawa pasti kalian ungkapkan saat melakukan gerakan ini disebabkan teman-temanmu ada yang tidak bisa melakukan gerakan ini

Mungkin kalian hanya tahu caranya saja bukan. Tetapi apakah kalian tahu mengenai pengertian guling lenting ? Ya untuk itu saya akan mengajak membahas mengenai gerakan ini. Agar lebih jelas kita geser kebawah yuk

Pengertian Guling lenting

Pengertian Guling lenting

www.materi-sekolah.com

Guling lenting merupakan  suatu gerakan dari  senam lantai dengan cara melentingkan badannya  ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangannya.

Gerakan ini bisa juga diawali dengan gerak guling ke depan atau gerak mengayun guling belakang sebelumnya. Lakukanlah setiap latihan dengan bimbingan guru kalian atau orang tua.

Mungkin kalian belum mengetahui apa itu lompat jongkok. lompat jongkok ini juga termasuk kedalam senam lantai lohh.

Teknik-teknik Dasar Guling Lenting

Teknik-teknik Dasar Guling Lenting

http://www.penemuanterbaru.com

Dibawah ini merupakan beberapa teknik-teknik dasar guling lenting yang bisa kamu lakukan di mana saja. Mau tau selengkapnya? Yuk baca sampai selesai jika belum paham baca kembali lagi

Teknik Dasar Guling Lenting

Teknik Dasar Guling Lenting

http://walpaperhd99.blogspot.com

Adapun tahapan dari gerakan dasar tersebut, seperti berikut :

1. Berdirilah dengan salah satu kaki kalian di depan dan kedua lengan diangkat ke atas.

2. Tempatkan kedua tangan kalian sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan.

3. Setelah gerakan guling lenting  dimulai, kedua kaki harus lurus dan rapat. Kemudian  Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat kepala, siku juga  dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu kepada matras di samping telinga.

4. Lakukanlah gulingan ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala, tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan kalian melayang seperti membuat busur.

5. Lakukanlah pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan-gerakan  badan mengikuti arah rotasi gerakan.

Baca juga : Olahraga peninggi badan

Bentuk- bentuk Latihan Guling Lenting

Bentuk- bentuk Latihan Guling Lenting

http://ncoezhexagon.blogspot.com

Adapun di bawah ini merupakan  beberapa latihan guling lenting yang bisa kalian lakukan di rumah, antara lain sebagai berikut:  

A. Latihan Melenting dengan Posisi Terlentang di Matras

Ambilah posisi tubuh tidur terlentang pada matras yang ada. Tangan berada di samping badan. Angkat kedua kaki ke belakang, setelah itu lemparkan kedua kaki ke atas depan dan mendarat dengan kedua ujung kaki.

Posisi tubuh pada  bagian belakang tidak boleh menyentuh matras, hanya bertumpu pada pundak dan kedua ujung kaki saja

B. Latihan Melenting dengan Menggunakan Tangan

Ambillah posisi seperti latihan pada sebelumnya, hanya saja pada kedua tangan bertumpu di samping telinga. Pada saat kalian gerak melemparkan tungkai, kedua tangan kalian  sudah mulai melakukan gerakan mendorong.

Setelah kalian menguasai bentuk latihan tersebut, kalian juga bisa  melakukan latihan gerak dengan awalan guling depan atau ayunan guling belakang sehingga kalian bisa menambah dorongan lagi untuk menolak dan melemparkan kaki ke depan.

Manfaat Guling Lenting

Manfaat Guling Lenting

http://www.mikirbae.com

Guling lenting adalah salah satu gerakan senam lantai. Manfaat dari gerakan senam sendiri Sangat banyak sekali. Mau tau manfaatnya? Yuk geser lagi kebawah

Merangsang pertumbuhan

Olahraga senam seperti guling lenting ini dapat merangsang sebuah pertumbuhan tubuh. Melakukan kegiatan ini dapat  membuat kita bisa tumbuh dengan lebih baik, misalnya lebih tinggi dan lebih kuat dari sebelumnya.

Meningkatkan Fleksibelitas

Olahraga ini sangat meningkatkan fleksibilitas anggota tubuh manusia  misalnya tangan, kaki, leher, dan lain-lain. Anggota tubuh yang fleksibel tersebut, membuat pergerakan tubuh kita lebih leluasa lagi.

Meningkatkan Keseimbangan

Olahraga seperti ini akan meningkatkan keseimbangan tubuh manusia. Tubuh menjadi lebih baik dan dapat mengendalikan keseimbangannya tersebut.

Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Saat melakukan gerakan guling lenting maka perlukanlah koordinasi antara tubuh, kaki, dan juga tangan sehingga pada gerakan bisa berjalan sempurna.

Meningkatkan Pemahaman Mengenai Kesehatan fisik

Melakukan olahraga bisa  membuat kita lebih ingin belajar dan memahami tentang kesehatan fisik seperti menjaga tubuh agar tetap bugar. Karena ini penting sekali, jika kesehatan kita bagus kita akan selalu mengerjakan aktivitas seperti biasa

Menurunkan risiko osteoporosis

Berbagai olahraga telah dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis. Jadi osteoporosis dapat dicegah dengan cara kalian  rutin melakukan senam.

Membakar lemak

Seperti dari kebanyakan olahraga lainnya, olahraga guling lenting ini bisa membakar lemak sehingga jika dilakukan secara rutin dan terus menerus dapat mengatasi masalah kegemukan.

Mengurangi risiko cidera

Melalui senam ini , tubuh akan lebih bugar dan sebelumnya melakukan pemanasan ketika ingin berolahraga sehingga mengurangi risiko cidera.

Meningkatkan semangat dan motivasi

Kalian melakukan olahraga/senam dapat juga meningkatkan semangat karena tubuh bergerak dan dipacu untuk aktif.

Mengembangkan karakter diri sendiri

Melalui senam ini  kita juga dapat mengembangkan karakter diri kita sendiri yang belum menonjol, caranya  dengan mencoba menguasai gerakan senam dan melakukannya sendiri.

Meningkatkan konsentrasi

Olahraga ini dapat meningkatkan konsentrasi kita karena pada saat melakukan gerakan senam kita juga  diajarkan untuk fokus melakukan gerakan senam tanpa memikirkan hal lain.

Meningkatkan fungsi kognitif

Teknik-teknik yang ada di dalam gerakan senam sangat perlu dipelajari sehingga akan meningkatkan fungsi kognitif kita.

Menstimulasi imajinasi dan penyelesaian masalah

Manfaat Senam membuat kalian untuk mencoba melakukan gerakan-gerakan yang sebelumnya tidak kalian buat, itu juga dapat menstimulasi imajinasi kita dalam menyelesaikan permasalahan.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan semoga  bermanfaat. Sekian dan terimakasih

Leave a Reply