Pengertian Hak Asasi Manusia Macam-macam Beserta Dasarnya

Kalian Pasti sudah tak asing lagi dengan hak asasi manusia ini bukan? Yup hak asasi manusia yang sangat dijunjung tinggi di negara kita ini.

Tidak ada salahnya kita menjunjung tinggi HAM tersebut, Karena kita juga berhak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kelangsungan hidup

Jika kita tidak menjunjung tinggi nilai HAM ini kalian juga tidak bisa memiliki barang-barang yang disukai apalagi barang yang sedang trend masa kini. Dan pemerintah pun harus memberikan apa yang sedang diinginkan oleh masyarakatnya .

Nah, Biar lebih jelas lagi yuk baca selengkapnya sampai selesai. Jika kalian ingin memberikan komentar atau saran silahkan isi di kolom komentar. Yuk baca selengkapnya.

Pengertian Hak Asasi Manusia

pengertian HAM

pixabay.com

Hak asasi manusia atau HAM adalah hak-hak yang sudah dipunyai oleh manusia  sejak manusia masih dalam kandungan.

Sedangkan pengertian HAM menurut perserikatan bangsa-bangsa (PBB) adalah hak asasi  yang melekat dengan kemanusiaan kita sendiri, yang tanpa hak itu kita mustahil hidup sebagai manusia.

Hak Asasi Manusia pada umumnya bisa  dipahami sebagai hal yang mutlak sebagai hak-hak dasar “Setiap manusia mempunyai hak karena dia adalah manusia”, dan yang “melekat pada diri manusia” terlepas dari bangsa, lokasi, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya

HAM dapat berlaku secara universal. Dasar-dasar HAM sudah  tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat atau Declaration of Independence of USA

Serta yang sudah tercantum di dalam UUD tahun 1945 Republik Indonesia, seperti yang terdapat pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 31 ayat 1, serta pasal 30, pasal 31, pasal 32, pasal 33 dan pasal 34.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

http://www.tugassekolah.com

UU No. 39 Tahun 1999

Menurut UU No. 39 tahun 1999 HAM ialah seperangkat hak yang melekat pada hakikat setiap keberadaan manusia yang merupakan makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Hak merupakan anugerah-Nya yang haruslah untuk dihormati, dijunjung tinggi, serta dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang untuk kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia.

John Locke

HAM merupakan suatu hak yang diberikan langsung oleh Tuhan yang bersifat kodrati. Artinya adalah hak yang dimiliki oleh setiap manusia menurut kodratnya dan tidak dapat dipisahkan hakikatnya, sehingga sifatnya adalah suci.

David Beetham dan Kevin Boyle

Hak asasi manusia dan kebebasan fundamental adalah hak-hak individual dan berasal dari berbagai kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

Haar Tilar

HAM adalah hak yang melekat pada diri tiap insan, apabila tiap insan tidak memiliki hak-hak itu maka setiap insan tersebut tidak bisa hidup seperti manusia. Hak tersebut didapatkan pada saat sejak lahir ke dunia.

Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto, hak asasi manusia adalah suatu hak yang bersifat mendasar. Hak yang telah dimiliki setiap manusia dengan berdasarkan kodratnya yang tidak dapat bisa dipisahkan sehingga HAM bersifat suci.

Mahfudz M.D.

HAM merupakan hak yang sudah melekat pada martabat setiap manusia dan hak tersebut sudah dibawa pada saat sejak lahir ke dunia dan pada hakikatnya hak tersebut memiliki sifat kodrati.

Muladi

Hak asasi manusia adalah segala hak pokok atau mendasar yang melekat pada diri setiap manusia dalam kehidupannya

Peter R. Baehr

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang bersifat mutlak dan harus dimiliki oleh setiap insan di dunia guna perkembangan dirinya.

Karel Vasak

Hak asasi manusia merupakan 3 generasi yang didapat dari revolusi Prancis. Karel Vasak mengistilahkan generasi hal ini karena yang dimaksud untuk merujuk pada inti serta ruang lingkup dari hak yang menjadi suatu prioritas utama dalam beberapa kurun waktu tertentu.

Miriam Budiarjo

Hak asasi manusia adalah hak yang harus dimiliki pada setiap orang yang dibawa sjak lahir ke dunia dan menurut Miriam Budiarjo hak tersebut memiliki sifat yang universal, hal ini karena dimiliki tanpa adanya perbedaan ras suku, budaya, agama, kelamin, dan sebagainya.

De Rover

Hak asasi manusia merupakan hak hukum yang harus dimiliki oleh tiap orang sebagai manusia. Hak tersebut memiliki sifat yang universal serta dimiliki oleh setiap orang. Hak tersebut seringkali dilanggar, namun hak-hak tersebut tidak akan pernah untuk dapat dihapuskan.

Hak asasi merupakan hak hukum, hal ini berarti bahwa hak tersebut merupakan hukum. Hak asasi manusia itu sendiri dilindungi oleh konstitusi serta hukum nasional diberbagai negara di dunia.

HAM merupakan hak dasar yang dibawa manusia sejak lahir yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Hak asasi manusia haruslah dihormati, dilindungi, dan dijunjung tinggi. Hak asasi manusia mempunyai sifat yang universal dan abadi.

Austin-Ranney

Hak asasi manusia merupakan ruang kebebasan bagi setiap individu yang dirumuskan dengan jelas dan rinci dalam konstitusi serta sudah dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.

A.J.M. Milne

Hak asasi manusia merupakan suatu hak yang sudah dimiliki oleh semua umat manusia di dunia, di segala masa, dan juga di segala tempat karena keutamaan keberadaannya ialah sebagai manusia.

Franz Magnis Suseno

Hak asasi manusia ialah hak-hak yang sudah dimiliki pada setiap manusia dan bukan karena diberikan oleh masyarakat. Bukan karena hukum positif yang berlaku, namun dengan berdasarkan martabatnya sebagai seorang manusia. Manusia memiliki HAM karena ia adalah manusia.

Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji, hak asasi manusia adalah hak yang melekat pada setiap martabat manusia sebagai insan dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun itu.

G.J Wolhos

Hak asasi manusia adalah sejumlah hak yang sudah mengakar serta melekat dalam diri setiap manusia dunia dan hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan hak asasi manusia orang lain sama saja sudah menghilangkan derajat kemanusiaan.

Macam-macam HAM

macam-macam ham

http://fredikurniawan.com

perlu kalian ketahui, ada beberapa macam-macam hak asasi manusia yang bisa memudahkan kita dalam memahami apa itu hak asasi manusia itu. Diantaranya hak asasi pribadi, hak asasi politik.

Setiap jenis jenis HAM tentu memiliki karakteristik yang berbeda beda. Supaya lebih jelas mengenai macam-macam hak asasi manusia, berikut adalah  contoh dan penjelasannya

1. Hak Pribadi : Hak untuk mendapatkan makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, pekerjaan dan lain sebagainya.

2. Hak agama : Hak untuk memiliki agama kepercayaan yang dianut seperti agama islam, kristen, hindu dan lain-lain

3. Hak Ekonomi : Hak untuk memilih dan memiliki suatu barang seperti motor, mobil, handphone, laptop dan lain-lain

4. Hak Politik : Hak untuk dipilih atau memilih dalam kepemimpinan. Seperti pemilihan gubernur, bupati, camat bahkan presiden.

Dasar Hukum HAM Di Indonesia

Dasar Hukum HAM Di Indonesia

http://murid.info

Di indonesia sendiri menjunjung tinggi tentang hak asasi manusia ini, Bahkan di UUD sendiri Sudah membuat tentang hak asasi ini. Ini menandakan bahwa bangsa indonesia ini sungguh peduli kepada masyarakat khususnya di indonesia

Dalam konstitusi republik indonesia serikat pun telah memberikan jaminan kepada masyarakat di indonesia untuk perkembangan hidupnya. Bukan itu saja ketetapan majelis permusyawaratan rakyat pun mempunyai aturan tentang hak asasi manusia ini

Berikut ini adalah dasar hukum mengenai hak asasi manusia di indonesia. Antara lain sebagai berkut :

1. Di dalam UUD 1945

Berikut ini penjelasan pasal-pasal mengenai HAM di indonesia adalah sebagai berikut :

Pasal 27 ayat 1 yang berbunyi Hak atas persamaan dalam kedudukan dalam hukum dan pemerintahan

Pasal 27 ayat 2 yang berbunyi Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak

Pasal 28 yang berbunyi Hak perserikatan dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan

Pasal 29 yang berbunyi Hak pemeluk agama dan beribadah sesuai dengan agamanya

Pasal 30 yang berbunyi Hak dalam usaha pembelaan negara

Pasal 31 yang berbunyi Hak pendapatan pembelajaran

Pasal 32 yang berbunyi Hak menikmati dan mengembangkan kebudayaan nasional dan daerah.

Pasal 33 yang berbunyi Hak di bidang perekonomian

Pasal 34 yang berbunyi Hak fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara

Itu adalah pasal-pasal pengaturan ham dalam konstitusi negara indonesia. Jadi masyarakat ini boleh dan mempunyai hak yang harus dipenuhi  seperti sudah tertera di atas

2. Konstitusi Republik Indonesia Serikat ( KRSI)

Jaminan pemajuan hak asasi manusia dalam konstitusi RIS 1945 diantaranya sebagai berikut :

a.) Hak diakui sebagai person oleh UU ini ada didalam pasal 7 ayat 1

b.) Hak persamaan dihadapan hukum

3. Undang-Undang Dasar sementara 1950

Perlindungan hak asasi manusia dalam UUDS 1950 adalah hak atas kebebasan agama keinsyafaan batin dan pikiran pasal 28 dan hak atas kebebas mempunyai dan mengeluarkan pendapat contohnya kalian bisa mengkritik dan memberikan saran kepada orang lain

4. Undang-Undang Dasar Negara Republik indoesia

Hak untuk hidup dan kehidupannya ini dalam pasal 28 A dan hak untuk membentuk keluaarga dan melanjutkan keturunan dimulai dari perkawinan yang sah ini dalam pasal 28 B Ayat 1

Contoh Pelanggaran HAM Di Indonesia

1. Penindasan sewenang-wenang serta merampas hak rakyat dan posisinya

2. Membatasi dalam kebebasan pers, pendapat, serta berkumpul bagi hak rakyat dan oposisi.

3. Hukum diperlakukan secara tidak adil dan juga tidak manusiawi kepada rakyat jelata.

4. Manipulatif dan membuat aturan-aturan pemilihan umum sesuai dengan keinginan dari penguasa dan partai otoriter tanpa diikuti oleh rakyat dan oposisi.

5. Penegak hukum atau petugas keamanan melakukan kekerasan terhadap rakyat dan oposisi.

6. Deskriminasi adalah pembatasan, pengucilan, serta pelecehan yang dilakukan baik itu secara langsung atau tidak langsung yang didasarkan atas perbedaan manusia suku, ras, etnis, serta agama.

7. Penyiksaan merupakan suatu perbuatan yang menimbulkan rasa sakit baik itu jasmani maupun rohani yang dialami oleh manusia.

Ciri Khusus HAM

Ciri Khusus HAM

sahabatnesia.com

HAM mempunyai 4 ciri-ciri khusus jika dibandingkan dengan hak-hak yang lainnya. Berikut ciri khusus dari HAM:

1. Tidak bisa dicabut, HAM tidak dapat dihilangkan.

2. Tidak bisa dibagi, semua orang berhak untuk mendapatkan semua hak-haknya, baik itu hak sipil, politik, hak ekonomi, sosial, dan budaya.

3. Hakiki, HAM merupakan hak asasi semua manusia yang sudah pada saat manusia itu lahir ke dunia ini

4. Universal, HAM berlaku bagi semua orang tanpa memandang status, suku, jenis kelamin, atau perbedaan yang lainnya. Persamaan merupakan salah satu dari berbagai ide hak asasi manusia yang mendasar.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan. Sekian terima kasih

Leave a Reply