8+ Ikan Terbesar Di Dunia Nyata yang Masih Hidup

Kalian pasti tahu tentang ikan bukan? Yup Ikan adalah hewan yang hidup di dalam air, dari air tawar maupun air asin atau laut.

Ikan adalah hewan yang banyak digemari oleh manusia karena keindahan warna dan bentuk ikan tersebut, ikan juga seperti hewan yang ada di darat. Yup pepatah jika kita benda kecil pasti akan selalu tertindas oleh benda yang besar

Ikan juga seperti kanibal sesama ikan juga pasti saling memakannya. Jika kalian ingin tahu salah satu contoh ikan hiu dan paus pasti memakan hewan laut salah satunya ikan yang ukurannya kecil-kecil

Semua Ikan yang ada di seluruh dunia ini memang sangatlah  banyak dan jumlahnya tidak terbatas. Kalau kalian ingin tahu jumlah  ikan di seluruh dunia kurang lebih 27.000 spesies ikan yang ada di lautan ini, Baik yang ada di danau, rawa, air tawar, laut dan masih banyak lagi.

Sekarang saya akan memberikan informasi tentang ikan terbesar di dunia. Apakah kalian sudah tahu? Diantara kalian juga pasti belum mengetahui ikan terbesar di dunia. pasti kalian bertanya, memang ada ikan terbesar di dunia?

Saya akan menjawab pertanyaan tersebut, tetapi setelah kalian membaca artikel ini sampai selesai. yuk cari tahu ikan apa terbesar di seluruh dunia.

Daftar Ikan Terbesar di dunia

Nah, untuk kalian pecinta ikan tentunya penasaran bukan ikan apa saja yang masuk ke dalam deretan urutan ikan terbesar di dunia atau mungkin kalian  berniat untuk melihat dan berenang bersama salah satu diantaranya. Langsung saja yuk simak sama-sama.

Ikan Paus Biru

Ikan Paus Biru

www.youtube.com

Nah yang menduduki peringkat pertama adalah ikan paus. Ikan paus biru  ini adalah paus terbesar di seluruh dunia. Sampai-sampai ikan paus ini adalah ikan paling besar yang ada di dunia  ini yaitu ukuran terbesarnya nomor satu dari spesies ikan lainnya yang ada di dunia ini. Ikan paus ini adalah bukan ke dalam spesies pisces, lantaran ikan ini cara bernafasnya dengan menggunakan paru-paru seperti lumba-lumba.

Jenis Ikan paus biru ini disebut juga binatang mamalia laut  yang habitatnya hidup di dalam laut. Ikan paus ini mempunyai nama latin yaitu Balaenoptera Musculus. Ikan paus biru  ini mempunyai bobot yang sangat berat yakni hingga 181 ton dan panjang tubuhnya dapat mencapai 33 meter

Seperti ikan hiu, Ikan paus jenis Blue Whale ini memakan sejenis hewan-hewan kecil misalnya crustacesa ataupun hewan kecil yang lainnya. Ikan jenis Paus biru  ini berhabitat secara menyebar yaitu berada di Samudra Hinda, Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik.

Ikan Lele Raksasa Dari Sungai Mekong

Ikan Lele Raksasa Dari Sungai Mekong

www.viva.co.id

Yup Ikan lele ialah ikan yang banyak dijumpai  di Negara Indonesia ini dan ikan lele adalah ikan yang cukup terkenal di berbagai penjuru dunia karena ikan ini mempunyai bentuk yang sangat unik dibandingkan dengan ikan pada umumnya.

JIka ikan lele ini adalah ikan lele sangat besar, Apakah kamu pernah sesekali melihatnya? Kalau di negara  Indonesia itu sendiri, masih kebanyakan ikan lele yang mempunyai bentuk rata-rata kecil dan akan susah menemukan ikan lele yang mempunyai bentuk besar atau raksasa

Ikan jenis lele raksasa  ini bisa kita jumpai di sungai terpanjang dan terluas di  Asia Tenggara.Yup thats right hanya ada di sungai Mekong yang dimana sungai itu memanjang di tiga Negara Asia Tenggara.

Ikan ini bisa kita temukan di sepanjang aliran sungai Mekong yang mempunyai kedalaman khusus dan beragam. Dulu pernah ditemukan ikan lele terbesar di Negara Indnesia yaitu di daerah Bogor Jawa Barat.

Yang mana jenis ikan lele itu mampu mempunyai ukuran yang sangat luar biasa dan tidak wajar.

Paus Sirip Punggung

Paus Sirip Punggung

http://versesofuniverse.blogspot.com

Ikan Paus ini memiliki nama latin Balaenoptera Physalus. Jenis paus ini tergolong ke dalam mamalia laut sub-ordo paus balin.

Paus sirip punggung ini  besar bisa mencapai panjang 27 meter, paus ini adalah ikan terbesar di dunia setelah ikan paus biru (blue whale).

Paus sirip punggung ini sangatlah mudah ditemukan yaitu di samudra seluruh Dunia bagian utama, seperti pada lautan tropis dan daerah kutub.

Tetapi paus sirip punggung  ini tidak bisa kita jumpai di daerah yang memiliki banyak lapisan es misalnya kutub selatan dan kutub utara. Paus jenis ini hanya mampu hidup di perairan yang memiliki temperatur dingin dan hangat. Paus ini memakan cumi-cumi dan ikan.

Ikan Paus Pembunuh atau Ocra

Ikan Paus Pembunuh

pastiguna.com

Jenis Ikan selanjutnya adalah paus pembunuh atau yang paling dikenal adalah paus ocra. Ikan Paus yang satu ini adalah salah satu jenis Paus yang paling ganas terhadap mangsanya. Sebenarnya secara klasifikasi.

Ikan jenis ini lebih dekat kekeluargaannya dengan ikan jenis lumba-lumba ini. Hanya saja karena ukuran ikan paus pembunuh ini yang terlalu  besar menjadikan ikan lumba-lumba jenis ini dianggap sebagai Paus yang ganas.

Dari Bahasa Inggris sendiri, ikan ini sering disebut dengan Ocra. Jika kalian  lihat secara sekilas, mungkin kalian  akan menganggap Paus Pembunuh ini adalah ikan yang imut, lucu dan kerenlah karena warnanya yang begitu unik.

Tetapi kalian  janganlah mudah  tertipu dengan penampilannya yang cantik dan imut itu. Jenis ikan ini sebenarnya adalah jenis ikan yang sangat ganas dan berbahaya.

Mereka sangatlah  lihai dalam memburu mangsa-mangsa mereka untuk mereka makan. Otak Paus pembunuh ini sangatlah  cerdas karena masih sekeluarga dengan jenis lumba-lumba jadi ikan ini tidak kalah pintar dari lumba-lumba.

Sehingga Paus ocra  akan dengan mudahnya  menangkap dan mendapatkan mangsanya, terutama anjing laut yang selalu  menjadi makanan favorit ikan pembunuh ini.

Ikan paus ocra ini  berburu secara terstruktur dan sangat teratur, sudah direncanakan sedemikian rupa oleh ikan ini. Memang sungguh cerdik sekali hewan yang satu ini, sebelum memangsa harus mengatur strategi seperti ingin berperang saja hehe

Paus jenis ini hidup secara berkelompok seperti ikan lumba-lumba pasti berkelompok. Ikan paus ini  melakukan perburuan terhadap mangsanya itu dengan cara berkelompok, makanya tidak lah mudah mangsanya untuk meloloskan diri.

Mangsa ikan paus ini  tidak hanya anjing laut saja. Mereka bahkan dapat memburu jenis binatang laut yang juga merupakan predator yang ada di laut tersebut  laut dengan ukuran jumbo.

Dalam beberapa momen, Paus Pemburu ini dijumpai sedang mengintaiy Hiu Putih yang merupakan salah satu mamalia  predator mengerikan di laut seluruh dunia.

Ikan paus pemburu ini mengincar Hiu Putih untuk kemudian di cabik-cabik oleh sekelompok paus ocra  untuk dijadikan santapan makan secara bersama-sama. Bahkan terkadang paus ocra ini juga memburu Paus Biru yang merupakan jenis Paus terbesar di lautan  dunia.

Ikan Hiu Paus

Ikan Hiu Paus

thetanjungpuratimes.com

Ikan terbesar selanjutnya adalah ikan hiu paus. Ikan hiu paus  ini bisa dikatakan ikan paling besar dan panjang. Meskipun besar dan panjangnya ikan yang satu ini tidak bisa digolongkan ke dalam ikan yang  ganas dan pembunuh.

Malah  sebaliknya,  meskipun ikan hiu paus ini  memiliki ukuran yang paling besar dan panjang ikan ini hanya memakan hewan kecil yang ada di laut seperti zooplankton atau fitoplankton. Hiu ini mempunyai nama lain Rhincodon typus.

Ketika Mendengar kata hiu tentunya kalian  tidaklah heran jika ikan yang satu ini masuk ke dalam deretan ikan dengan ukuran terbesar di dunia.

Karena ikan  hiu paus itu terkenal sebagai ikan yang memiliki badan cukup besar yang panjangnya bisa mencapai kurang lebih 12,2 meter dan dapat tumbuh lebih besar lagi, serta beratnya dapat mencapai hingga kurang lebih  20 ton.

Selain itu juga, ikan hiu paus ini merupakan ikan penghuni lautan tropika i yang memiliki suhu cukup hangat untuk kulit dari ikan paus.

Meskipun tinggal di samudra yang sangat luas, hiu paus ini seringkali ditemukan saat mencari makan di sekitar pesisir benua, seperti di Australia barat, India, Zanzibar, bahkan di Indonesia pun sering dijumpai oleh nelayan.

Namun demikian hiu pasu ini jarang  terlihat memasuki laguna atau atoll, atau mendekati ke muara sungai itu tidak akan terjadi karena suhu semakin dingin.

Jadi ketika hiu ini terancam hanya bisa pasrah ketika ikan paus ocra datang dan menghampirinya dalam jumlah yang banyak. Karena ikan hiu paus ini hidup tidak berkelompok jadi memisahkan diri saja.

Blue Marline

Blue Marline

www.telegraph.co.uk

Ikan terbesar selanjutnya ialah blue marline. Yup Blue marline, seperti namanya, spesies marlin ini merupakan ikan yang memiliki habitat asli di Samudera Atlantik. Perlu kalian  ketahui ikan blue marline ini juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga ia berharga dan bisa dijual oleh nelayan..

Blue marlin betina ukurannya  bisa mencapai 4 kali lebih berat dibandingkan dengan blue marlin jantan, memang cukup menarik kebanyakan  hewan jantan lebih besar daripada betina tetapi hewan ini berbeda. Rata-rata beratnya mencapai 160 kg ini berat dari blue marline betina. Ikan blue marlin betina juga bisa  tumbuh membesar panjangnya hingga mencapai 5 meter bahkan lebih.

Blue marlin betina sudah tercatat bisa  memiliki berat badan 540 hingga 820 kg. Sementara blue marlin yang pernah ditangkap dan  ditemukan di Vitoria, Braszil, tercatat mempunyai berat badan hingga 636 kg

Ternyata ikan blue marlin ini  sebelum dewasa hidup ikan ini selalu  terancam oleh predator-predator laut, seperti shortfin mako dan great white shark atau hiu putih. ikan ini  mempunyai banyak ragam jenis cacing parasit yang ada di tubuhnya, diantaranya adalah Didymozoidea, Monogea, Cestoda, Nematoda, Remoras, dan Acanthocephala.

Untuk reproduksinya, Atlantic blue marlin betina maupun jantan  baru dapat bereproduksi pada umur antara 2 hingga 4 tahun. Jika blue marlin jantan baru dapat bereproduksi ketika beratnya mencapai angka 35 hingga 44 kg, sedangkan pada betina baru bisa bereproduksi ketika beratnya mencapai angka  44 hingga 61 kg.

Hebatnya dari blue marline, dalam satu kali masa bertelur, blue marlin betina bisa mengeluarkan Sebanyak  7 juta telur dengan ukuran diameter 1 mm Satu kali dikeluarkan dari hasil reproduksi.

Mungkin ini saja yang bisa saya paparkan. Itu semua real ada di dunia nyata jadi tidak ada fiktif belaka oke. Jika dari kalian ingin memberikan saran atau komentar silahkan isi di bawah ini. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply