100+ Kata-kata Mutiara Jumat Berkah dan Doanya

Sahabat-sahabat semua selalu senantiasa bersyukur atas  kenikmatan yang selalu diberikan oleh allah SWT. Banyak yang menyebut  hari jumat dengan sebutan jumat berkah, memang di hari jumat ini banyak keberkahan  yang allah turunkan ke muka bumi ini.

Hari jumat adalah hari yang begitu  berkah dan istimewa bagi orang Islam. Karena di hari inilah para lelaki (secara terpaksa maupun tidak), kembali pulang ke ‘rumah’ Allah swt untuk melaksanakan ibadah  shalat jumat berjamaah, mungkin di hari-hari biasa tidak pernah pergi ke masjid sama sekali. Inilah berkah Hari jumat terletek pada hari ke 6 dari 7 hari yang sudah ditentukan oleh Rasulullah SAW.

Jumat Berkah

jumat berkah

http://weriau.com

Adapun keistimewaan  di hari jumat yang berkah ini antara lain sebagai berikut:

1. pada hari itu Islam memperlihatkan persatuan umat islam

Tidak membedakan  golongan dan status yang tinggi semua berkumpul dan duduk sejajar dalam satu masjid. Bersilaturahmi  setiap minggu pada hari yang paling istimewa.

2 . Hari yang bersejarah karena melihat insan paling agung

Banyak peristiwa besar yang terjadi di dalam kejadian yang sebagaian kita jarang memperhatikan:

-Hari jumat  merupakan proses manusia pertama kali diciptakan

– Allah membuat Nabi Adam ‘AS serta mewafatkannya.

– Kemudian Jumat pula, Hari Nabi Adam AS dimasukkan ke dalam surga

– Hari Nabi Adam AS  diturunkan dari surga menuju bumi ini.

– Hari yang dipercaya akan terjadinya kiamat seperti dijelaskan dalam berbagai sumber di Alquran dan Al Hadist

3. Kemudian Mendapatkan Pahala dari Salat Jumat, setara dengan orang beribadah 1 tahun lamanya.

Telah  disampaikan oleh  Aus bin Aus z : Rasulullah bersabda:

”Siapa yang mandi pada hari Jum’at, lalu bersegera pergi menuju masjid, serta tempati shaf paling depan lalu dia diam, jadi tiap-tiap langkah yang dia ayunkan memperoleh pahala puasa serta shalat sepanjang setahun, serta itu yaitu hal yang mudah untuk Allah “. (HR. Ahmad serta Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah).

Nah dari hal diatas dapat kita lihat bagaimana istimewa hari Jumat. Sungguh berkah insyaallah kalau kita semua melaksanakannya

4. Hari Dihapuskannya Dosa-Dosa Jika Benar-benar Bertobat

Pengampunan dosa-dosa  kepada umat islam jatuh pada hari Jumat. Hal ini telah  disampaikan oleh Salman Al Farisi z :Rasulullah bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai sama kekuatan, membereskan rambutnya, memoleskan minyak wangi, lantas pergi ke masjid, serta masuk masjid tanpa ada melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, lalu shalat sesuai sama tuntunan serta diam ketika imam berkhutbah, pasti diampuni dosa-dosanya diantara dua Jum’at “. (HR. Bukhari)

5. JIka ada umat manusia yang meninggal pada hari jumat, maka matinya tanda-tanda husnul khatimah

Orang yang Meninggal dunia pada malam hari Jum’at atau siang jumat  itu adalah sinyal husnul khatimah, yakni dibebaskan dari fitnah (azab) kubur. Hal ini diperkuat oleh Sabda Rasulullah SAW.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru, kalau Rasulullah y bersabda : ” Tiap-tiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, pasti Allah bakal menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad serta Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani)

7. Hari Paling Mustajab

Abu Hurairah z berkata Rasulullah y bersabda : “Sebenarnya pada hari Jum’at ada saat mustajab apabila seseorang hamba muslim melakukan shalat serta memohon suatu hal pada Allah pada saat itu, pasti Allah bakal mengabulkannya. Rasululllah memberikan isyarat dengan tangannya melukiskan sekurang-kurangnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih )

Amalan apa saja yang harus dilaksanakan oleh kita? Antara lain sebagai berikut :

1. Perbanyak Dzikir

Allah SWT menurunkan ampunan kepada hambanya pada hari jumat yang berkah ini. jadi jangan siasiakan untuk berdzikir kepada allah meminta ampunan kepadanya

2. Banyak membaca Alquran Khususnya Membaca Al-quran Surat Al-kahfi

Allah SWT menyukai hambanya yang senantiasa dan senang ketika membaca al-quran itu. Apalagi dengan membaca surat al-kahfi ini banyak manfaatnya ialah bisa membebaskan dari fitnah dajjal, memperoleh ampunan antara 2 jumat maksudnya 2 minggu, bisa memancarkan cahaya, pancaran sinar sendiri

3. Membersihkan Diri

Untuk apa sih kita membersihkan diri? kita membersihkan diri sebelum melaksanakan shalat jumat berjamaah jika kita tidak membersihkan diri kasihan dengan orang yang di samping depan belakang tak kuat menahan bau badan yang sudah terkena kringat saat bekerja, sekolah dan lain-lain

4. Banyak-banyak Berdoa

Mengapa kita harus memperbanyak berdoa? dikarenakan pada hari jumat ini adalah waktu yang mustajab untuk kita berdoa. Dimana saja waktu yang mustajab itu? Waktu yang mustajab itu pada saat shalat jumat setelah khutbah pertama ada jeda untuk melanjutkan khutbah ke 2, Setelah ashar sampai menjelang magrib.

5. Memperbanyak Shalawat Kepada Nabi

Shalawat kepada nabi muhammad SAW  itulah hal yang bisa dikatakan hal yang sunah. Banyak sekarang masyarakat melantunkan shalawat nabi, beragam-ragam dalam melantunkannya ada yang dengan menggunakan alat dan tidak itu hanyalah semata-mata meminta safaat kepada nabi muhammad saat kita padang mahsyar

Banyak sekarang musik yang membuat lantunan shalawat nabi yang merdu dan indah untuk didengarkan. Salah satunya ialah group gambus  yang sedang meledak

Kata kata mutiara

Kata Kata Hari Jumat Penuh Berkah

katabijakinspirasiku.blogspot.com

Bagaimana kau  akan mendapatkan hal luar biasa, sementara kau sendiri belum merubah kebiasaan burukmu?

Ibn Atha’illah (Al-Hikam)

Ketuk, maka Dia akan membukakan pintu. Menghilang, maka Dia akan menjadikanmu bersinar seperti mentari. Sujud, maka Dia akan mengangkatmu sampai ke Surga. Jadilah hamba, dan Dia akan memberikanmu segalanya.

– Jalaluddin Rumi

Orang yang kuat bukanlah dia yang jago gulat, melainkan orang yang bisa mengendalikan dirinya ketika marah.

– Al-Hadits

Sebaik-baik manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain. Jumat Mubarak.

Buah dari kecerobohan itu adalah sesal. Buah dari ketelitian adalah selamat.

Ucapan Doa Hari jumat Pagi

doa pagi hari

plus.google.com

Doaku pagi ini: Ya Allah, semoga Engkau senantiasa melindungi kami dari luka hati yang tidak perlu kami rasakan. Sehatkanlah pikiran dan tubuh kami, penuhi rongga-rongga hati kami dengan kerinduan bertemu denganMu.

Ya Allah, Engkau telah menghidupkanku kembali pagi ini. Hidupkan  hatiku agar senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Kau berikan  hidupkan pikiranku agar apapun yang aku kerjakan, Engkau yang selalu aku ingat.

Ya Allah, telah tiba lagi hari jumat Mu. Sebagaimana makna jumat adalah jamaah, persatukanlah kami dalam ketaatan. Ikatlah kami dengan tali agamaMu.

Ya Allah, di hari yang agung ini, ajarkanlah kami untuk senantiasa menempatkan Mu di tempat paling agung. Karena kami sadar, seringkali dunia lebih kami pentingkan daripada Engkau.

Ya Allah, ajarkanlah aku untuk selalu senantiasa menahan amarah ketika emosiku meledak-ledak, ajarkanlah aku untuk tetap berkata santun walau sedang dilecehkan, ajarkanlah aku untuk tetap menjadi manusia beradab walau dunia sudah mulai tidak waras.

Ya Allah, lindungilah aku  hari ini dari fitnah akhir zaman, dari berita-berita hoax, dari pesan-pesan palsu, dari apa-apa yang dapat menjauhkan aku  dari kejujuran dan tabayyun.

Ya Allah, di hari jumat yang berkah ini, berkahilah negeri kami Indonesia. Jauhkan dari masalah-masalah perpecahan yang membuat Mu tak suka.

Ya Allah, dengan nama Mu kami memasuki waktu pagi, mohon anugerahkan kepada kami keberkahan mu  sampai akhir hari.

Ya Allah, jadikanlah hari ini permulaannya adalah kebaikan, pertengahannya adalah kebahagiaan, dan penghujungnya adalah kemenangan.

Ya Allah, bersamai setiap langkah kaki kami hari ini. Hindarkan kaki kami dari melangkah pada tempat-tempat yang tidak Engkau ridhai.

Kata-kata Hari Jumat Lucu

Kata-kata-lucu-hari-jumat

http://tutorialhp.com

Dear cowok, salat jumat nggak bikin kamu ganteng, tapi bikin kamu jadi calon imam yang baik.

Ingat! Salat jumat itu untuk mencari amal, bukan ke Masjid terus nukerin sandal!

Kamu salat jumat biar ganteng? Duh, kasian. Untung saja saya sudah ganteng dari lahir. Kasian dehh

Orang alay zaman sekarang apa-apa diupdate, ‘salat jumat dulu, ah, biar ganteng.’ Apa gak sekalian, ‘salat jenazah dulu, ah, biar cepat nyusul.’

Doa Jumat berkah

doa

http://syarifv1.blogspot.com

Sebetulnya tidak ada doa-doa khusus yang diajarkan oleh nabi muhammad SAW. Tetapi nabi Muhammad SAW menganjurkan berdoa dan bershalawat di hari jumat ini. Berikut adalah doa hari jumat yang baik untuk diperbanyak,  karena inti dari doa ini adalah untuk senantiasa diberikan kekuatan dan hidayah, serta keistiqomahan dalam menjalankan setiap perintahNya. Antara lain ialah sebagai berikut:

Ya muqollibal qulub

ya muqaliball qulub

id.pinterest.com

Memohon kepada allah  untuk tetap di istiqomahkan di jalannya adalah sebuah keniscayaan. Karena kita tidak bisa mengetahui akhir kehidupan kita seperti apa. Maka doa ‘ya muqollibal qulub ’ adalah doa ajaran Nabi Muhammad saw. yang harus senantiasa dimunajatkan. Semoga akhir kehidupan kita baik.

Berikut adalah bacaan doa ya muqollibal qulub dan artinya, antara lain:

Ya Muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik.

Artinya: Wahai yang membolak-balik hati, teguhkanlah kami di atas agamaMu.

Atau dengan versi yang lebih panjang tetapi intinya sama beda lebih panjang saja:

Ya muqollibal qulub tasbbit qolbi ‘ala dinika wa ‘ala tho’atika.

Artinya: Wahai yang membolak-balik hati, teguhkanlah kami di atas agamaMu dan di atas ketaatan kepadaMu.

Sayyidul Istighfar

Sayyidul istigfar

http://www.khanquahemadia.org

Trasliterasi: Allahumma anta Rabbi, laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘alaa ‘ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uudzubika min syarri maa shana’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bidzambi faghfirlii, fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Arti sayyidul istighfar: Ya Allah, Engkau adalah Rab yang memelihara aku, tidak ada aIlah yang berhak di ibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau menciptakanku, dan aku adalah hamba Mu. Aku menetapi perjanjian Mu dan janjiMu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada Mu dari buruknya perbuatan ku, aku mengakui nikmat Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepadaMu, maka ampunilah aku. Sebab, tiada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

Mengenai doa sayyidul istighfar ini, Rasulullah saw. bersabda,

Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dengan penuh keyakinan, kemudian dia meninggal pada hari itu sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk penghuni Surga. Barangsiapa yang mengucapkannya pada malam hari dengan penuh keyakinan, kemudian dia meninggal sebelum masuk waktu pagi hari, maka ia termasuk penghuni Surga.

Ma syaa Allah. Doa ini sungguh  terbaik di hari jumat berkah insya allah.

Semoga kita bisa melakukannya dan mendapatkan apa yang kita inginkan. amiin. Semoga mendapatkan manfaatnya. sekian dan terimakasih

Leave a Reply