Keuntungan Perusahaan Jika Menggunakan Aplikasi Database Karyawan

database karyawan

Perkembangan teknologi semakin pesat, begitu pula penggunaan sistem informasi dalam pengelolaan perusahaan. Karena adanya kompetitif antar perusahaan, perusahaan pun harus dapat meningkatkan efektivitas sumber daya yang dimiliki. Dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), banyak perusahaan yang mulai memilih menggunakan HR software dengan fitur database karyawan karena lebih praktis dan efisien dalam penggunaannya.

Menggunakan aplikasi database karyawan

Sebelum adanya HR software, pengelolaan database karyawan sudah ada namun dalam sangat sederhana karena biasanya hanya digunakan dalam satu divisi saja dan memerlukan sinkonisasi secara berkala agar data seragam atau terus update. Database ini dapat berupa bentuk berkas fisik atau menggunakan suatu aplikasi yang dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan data seluruh karyawan perusahaan. Database ini diperlukan oleh perusahaan demi kelancaran proses bisnis, seperti penggajian, pajak, BPJS atau asuransi.

Dengan adanya HR software yang menawarkan berbagai fitur yang dapat memudahkan perusahaan dalam mengelola SDM di perusahaan. Fitur ini dapat terhubung langsung dengan database secara online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan informasi yang lebih akurat dan mudah diolah. Oleh karena itulah penggunaan aplikasi database karyawan ini sangat bermanfaat bagi karyawan terutama mengenai pengelolaan sumber daya manusianya. Berikut ini merupakan manfaat menggunakan aplikasi database karyawan.

 

1.    Pengurangan Redundancy Data

              Setiap divisi dalam sebuah perusahaan tentu memerlukan data yang akurat dan valid untuk menjalankan tugas yang ada. Penggunaan database karyawan dengan menggunakan HR software dapat mengurangi redundansi data yang ada pada penyimpanan perusahaan. Perlu diketahui, adanya redundasi dapat mengakibatkan pemborosan pada ruang penyimpanan data dan juga dapat menurunkan kualitas data. Dengan penggunaan database yang hanya satu namun dapat menyimpan data semua divisi, tentu sangat hemat dan efektif.

2.    Integritas Dan Konsistensi Data

               Dengan menggunakan database karyawan tunggal pada perusahaan juga dapat meningkatkan integritas dan mengurangi inkonsistensi data. Setiap divis memiliki kebutuhan yang berbeda dalam data karyawan. Dengan begitu, database harus dapat memperlakukan data setiap divisi dengan cara yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya, namun tetap harus valid dan akurat.  Pondasi data yang kuat dapat menjadi pijakan awal dalam mengembangkan perusahaan dengan cepat.

3.    Penggunaan Dan Akses Teratur

          Data dalam database karyawan tentu dapat digunakan seluruh karyawan di perusahaan secara bersama. Setiap perubahan atau update dalam database dapat dilihat oleh semua karyawan. HR software akan membantu perusahaan dalam menyimpan data karyawan dengan rapi, teratur, dan tentunya dapat dikases kapanpun dan dimanapun. Data yang penting harus diberi keamanan yang tinggi seperti halnya pemberian hak akses pada orang tertentu. Semua ini diharapkan agar keamanan data terjamin dan menghindari adanya kebocoran data.

Nah, demikianlah beberapa keuntungan yang akan perusahaan dapatkan bila menggunakan aplikasi database karyawan. Sangat penting bagi bisnis Anda memilih aplikasi database karyawan yang terbaik di Indonesia.

Platform LinovHR sebagai salah satu aplikasi database karyawan yang bisa diandalkan dapat membantu menyederhanakan tugas – tugas tim HR untuk mengelola kesejahteraan karyawan secara efektif dan efisien.

Segera kunjungi https://www.linovhr.com/ untuk uji coba LinovHR secara gratis.

Related posts:

Leave a Reply