10+ Keutamaan Sedekah yang Akan Kamu Dapat

Pengertian sedekah

Hai gaes kembali dengan kami angalul.com yang akan melanjutkan pembahasan mengenai keutamaan sedekah. Sedekah adalah kegiatan yang dilakukan dengan memberi sesuatu kepada orang lain secara sukarela 

Dengan bersedekah secara rutin kita akan mendapatkan keistimewaan dan keutamaan yang membantu kelangsungan hidup kita. Ada beberapa keutamaan sedekah yang akan datang kepada kita ketika selalu bersedekah.

Lalu, apa saja keutamaan-keutamaan sedekah itu? Nah, dibawah ini kami akan jelaskan secara detail dengan hadist atau Ayat-ayat Al-quran. Yuk, simak penjelasan berikut ini

Keutamaan Sedekah

Keutamaan Sedekah

angalul.com

Sebelum kita lanjut pada keutamaan sedekah ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian sedekah itu. Baru bisa kita tahu dengan bersedekah kita akan mendapatkan keutamaan yang sangat bagus untuk diri kita sendiri.

Berikut ini adalah beberapa keutaman sedekah yang akan kita dapat, antara lain :

Orang Bersedekah akan mendapat rahmat Allah

Sesuai Hadis yan diriwayatkan oleh thabrani dan Baihaqi “Sesungguhnya, sedekah itu memadamkan panasnya kubur dan hanyalah seorang Mukmin yang mendapatkan naungan pada hari kiamat nanti dengan sedekahnya.” 

Sedekah akan menjadi naungan di akhirat saat tidak ada naungan, kecuali naungan Allah SWT.

Memadamkan Murka Allah

Perlu kita ketahui juga Allah akan memadamkan amarahnya dengan bersedekah sesuai hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani dan Ibnu Asakir “Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi.” 

Menolak Mati dalam keadaan Suul Khatimah

Tidak akan terjadinya seseorang meninggal keadaan suul khatimah untuk orang yang sering bersedekah. Insya Allah. Sesuai hadis  “Akhlak buruk adalah kejelekan, kuat ingatan adalah mengembangkan, dan sedekah menolak mati suul khatimah.” (HR al- Baihaqi).

Disembuhkannya Penyakit

Ada beberapa cerita mengenai bersedekah bisa menyembuhkan penyakitnya dan ini benar. Dengan bersedekah penyakit yang ada didalam tubuh kita sedikit demi sedikit akan sembuh

Seperti hadis yang artinya “Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan zakat, dan sesungguhnya zakat itu menolak peristiwa mengerikan dan penyakit.” (HR Ad-Dailami dari Ibnu Umar).

Diberi Keberkahan dan Tambahan Rezeki dalam Hidupnya

Allah telah menjanjikan kepada umatnya yang bersedekah akan dilipat gandakan rezekinya serta diberkahkan hartanya. Seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim 

” Dalam hadis lain disebutkan, “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta dan tidaklah pemberian maaf itu kecuali ditambah kemuliaan oleh Allah dan tidaklah seseorang tawadhu karena Allah, kecuali Dia akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim).

Apalagi ketika dibulan ramadhan dan di hari jumat. Allah akan lipat gandakan berlipat-lipat rezekinya seperti hadis berikut ini  “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan.” (HR At-Turmudzi dari Anas).

Jadi, harta atau rezeki yang kita dapatkan ada baiknya kita berikan berapa persen untuk orang-orang yang membutuhkan. Maka keduanya akan mendapatkan kebahagiaan. Pertama, yang memberi akan mendapatkan pahala serta rezeki yang dilpatkan oleh Allah. Kedua, orang yang menerima akan merasa senang dan bahagia.

Tunggu apalagi, yuk bersedekah. Mungkin itu saja yang bisa saya berikan. Jika ada salah kata mohon dimaafkan. Sekian dan terima kasih

 

Leave a Reply