Pengertian Lempar Cakram Sejarah dan Tekniknya

Dalam cabang olahraga atletik banyak sekali macam-macamnya dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda serta peraturannya pun berbeda-beda. Sehingga tidak boleh menggunakan teknik yang sembarangan karena itu bisa melanggar peraturan yang telah ada.

Apabila para atletik  menggunakan teknik yang tidak benar maka kemungkinan besar berhasil yang dicapai pun tidak bisa maksimal dan dari itu maka bisa menyebabkan kekalahan dari lawan atau musuh lainnya yang sedang mengikuti cabang olahraga atletik tersebut

Pengertian Lempar Cakram

pengertian cakram

sport.tempo.co

Lempar cakram merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang sudah banyak diperlombakan  baik didunia maupun di negara kita sendiri yaitu negara indonesia.

Dari itu semua cabang olahraga yang satu ini memiliki sejarah dan teknik-teknik sendiri yang perlu kalian ketahui semuanya karena teknik-teknik yang ada pada lempar cakram berbeda dari yang lainnya karena setiap cabang  olahraga atletik memiliki teknik-tekniknya masing-masing

Lempar cakram sendiri memiliki sebuah arti yang artinya adalah sebuah olahraga atletik yang menggunakan sebuah benda terbuat  dari kayu, bentuknya seperti piring. Benda tersebut bersabuk besi.

Apabila dipisah terdiri dari kata lempar dan cakram yang artinya berbeda juga. Lempar sendiri artinya suatu gerakan melempar suatu benda dan cakram sendiri adalah sebuah benda yang bentuknya seperti piring dan terbuat dari bahan kayu serta berbingkai atau dilingkari sebuah besi

Sejarah Lempar Cakram

sejarah cakram

gudangpelajaran.com

Berdasarkan catatan sejarah bahwa lempar cakram adalah salah satu nomor atletik,  hal ini dapat diketahui dari buku karangan homureus yang berjudul odyssy pada zaman purba.

Dalam buku tersebut menceritakan bahwa geraka-gerakan dasar atletik adalah jalan, lari, lompat dan lempar yang telah dikenal oleh bangsa primiitif padaa zaman prasejarah. Bahkan dapat dikatakan sejak adanya manusia, gerak-gerakan itu dikenal.

Mereka melakukan gerakan jalan, lari lompat dan lempar semata-mata untk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Di dalam usaha ini  mereka sangat tergantung dari efisiensi jasmaninya.

Mereka yang kurang terampil kurang tahan berjalan, kurang cepat berlari, kurang tangkas melompat atau melempar akan mati karena kelaparan atau menjadi mangsa binatang buas  bahkan mungkin menjadi korban bencana alam.

Jadi sejak zaman prasejarah , manusia telah menyadari akan manfaat ketahanan berjalan jauh, kecepatan lari ketangkasan melompat dan melempar.

Sehingga ada sementara orang yang menanggap atletik adalah cabang olahraga tertua.  Bangsa belanda menyebutnya Atletik Is A Moerder Der Sporten yang artinya adalah induk dari semua cabang olahraga.

Meskipun gerakan dasar atletik ini telah dikenal sejak adanya manusia, tetapi perlombaan atletik termasuk lempar cakram yang pernah dilakukan dalam catatan sejarah baru terjadi pada zaman purba sekitar 1000 tahun yang lalu sebelum masehi. Hal ini dapat diketahui dari buku pujangga yunani yang ditulis oleh Homeros

Dalam buku ini juga homeros menceritakan petualangan odysseus . Bahwa pada suatu ketika odysseus terdampar di sebuah kepulauan  yang kemudian ternyata bernama Phaeacia rajanya bernama alcinaus. Setelah odyesseus di bawa menghadap baginda maka diadakan penyambutan ynag meriah.

Dalam acara itu diadakan serangkaian perlombaan. Pemuda-pemuda Phaeacia ysng mempertunjukkan kemahirannya dalam lomba lari cepat, gulat, lompat, tinju dan lempar cakram

Setelah rangkaian ini selesai, raja aleinaus minta agar odysseus memberikan demonstrasi lempar cakram.

Semula odysseus menolaknya dengan halus, tetapi baginda mendesaknya dengan alasan agar pemuda Phaeacia dapat menyaksikan bagaimana cara melempar cakram yang sempurna.

Maka permintaan raja terpaksa dipenuhi. Tanpa melepaskan pakaian perangnya yang terbuat dari logam itu, odysseus bangkit dan meminta izin kepada baginda, kemudian masuk gelanggang mengambil cakram yang terberat dengan gaya termanis melempar cakram itu, cakram meluncur dan jatuh dari jarak yang dicapai oleh atletik-atletik dari phaeacia ( Sunaryo Basuki, 1979: 24 )

Dari kutipan buku ini yakin bahwa bangsa yunani purba telah mengenal atletik, disini terlihat adanya nomor lari, lompat dan lempar cakram yang merupakan nomor atletik yang kita kenal sampai sekarang ini

Sejarah Lempar Cakram Di Indonesia

lempar cakram

beritabojonegoro.com

Berbicara masalah lempar cakram di indonesia, kita tidak bisa dipisahkan dengna sejarah atletik.

Karena lempar cakram adalah nomor atau bagian dari atletik. Jadi di indonesia atletik termasuk lempar cakram dikenal lewat bangsa belanda yang setengah abad lamanya menjajah negara indonesia. Namun demikian atletik termasuk lempar cakram ini dikenal secara.

Kemudian pada zaman pendudukan jepang mulai awal tahun 1942-1945 kegiatan ke olahragawan mengalami perkembangan. Hal ini dapat dilihat di pagi hari semua pelajar dan pegawai diwajibkan melakukan senam.

Selain itu diberikan pelajaran beladiri dan atletik termasuk lempar cakram. Tetapi semua aktivitas jasmani yang dilakukan oleh seluruh bangsa indonesia itu hanya untuk kepentingan orang-orang jepang sendiri, dalam usaha memenangkan perang ( Drs. Aip Syrifuddin, 1998 : 37 )

Kemudian setelah indonesia merdeka perkembangan olahraga termasuk lempar cakram semakin meluas bahkan setiap orang diberikan kesempatan untuk melakukan latihan-latihan atletik termasuk lempar cakram ( Drs. Sunaryo Basuki,1979 : 37 )

Teknik Lempar Cakram

teknik lempar cakram

http://olahraga.biz.id

Cara Memegang Cakram

cara memegang cakram

mangruri.com

Agar mudah dalam memegang sebuah cakram anda dapat meletakkannya di atas tangan kiri anda dan untuk tangan kanan anda letakkanlah di atas pada posisi tengah cakram tersebut, kemudian keempat jari dari kedua tangan terbuka sedikit atau buatlah jarang-jarang jaraknya sehingga menutupi pingggirannya dari cakram tersebut.

Yaitu dengan ruas jari yang terakhir, serta ibu jari anda dibuat bebas tanpa memerlukan pegangan khusus. Bagi memeliki jari yang pendek caranya sama seperti diawal penjelasaan tadi tetapi letak tepi cakram lebih ke ujung jari-jari anda

Gaya Dalam Melakukan Lempar Cakram

gaya lempar cakram

www.antarafoto.com

Dalam melakukan lempar cakram, ternyata ada beberapa gaya bisa anda terapkan dalam melakukannya dan dalam gaya untuk melakukan lempar cakram itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Gaya belakang

gaya belakang

http://www.freedomsiana.com

Untuk gaya belakang ini dengan cara berdiri membelakangi arah lemparan di saat akan melakukan putaran, lengan kanan anda diayunkan jauh ke arah belakang dan mengubah pandangan anda dengan mulai melirik ke kiri.

Ketika anda telah mulai berputar, gunakanlah ujung telapak kaki kiri anda sebagai tumpuan dan tolakan kaki kiri tersebut juga anda gunakan untuk badan anda meluncur ke arah lemparan.

Kaki kanan anda diayunkan dengan cepat memutar kearahkiri untuk pijakan anda, dan ketika kaki kanan anda telah mendarat dengan cepat juga kaki kiri diayunkan ke arah kiri untuk pijakan anda.

Dan ketika kaki kanan anda mendarat, kaki kiri anda melakukan pijakan dengan mengayunkan kearah kiri dan dari sana terjadinya sikap untuk melemparkan cakram.

Dan setelah cakram dilepas tangan kiri anda segera ayunkanlah kaki kanan anda ke arah depan dan kaki kiri ke arah belakang

2. Gaya Samping

gaya ke samping

http://www.freedomsiana.com

Gaya yang satu ini awalannya adalah membuat posisi tubuh anda dengan permulaan berdiri secara miring ke arah sasaran lemparan anda.

Ketika akan mulai untuk berputar, lengan kanan anda diayunkan ke arah belakang sejauh mungkin dan menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan untuk putaran menggunakan telapak kaki anda pada bagian ujung kaki

Dan perlu diingat bahwa ketika anda sedang berputar lengan kanan anda, usahakan berada di belakang terus. Dan setelah itu untuk posisi melemparnya buat badan anda direndahkan  sedikit, posisi lengan tetap berada di belakang dan buat pandangan anda lurus ke arah sasaran atau target.

Dan setelah cakram ada telapak tangan anda terlepas, buatlah kaki kanan anda melangkah ke arah depan berganti posisi dengan kaki kiri yang tadinya berada di depan dan pindah kerah belakang

Alat Lempar Cakram

alat cakram

http://bassinangun.blogspot.com

Sebelum melakukan latihan cakram harus mengetahui  alat yang digunakan dalam lempar cakram adalah cakram. Berat cakram untuk putra 2 Kg, cakram remaja 1,5 Kg untuk putra dan untuk putri 1 Kg.

Peraturan Dalam Lempar Cakram

peraturan lempar cakram

gudangpelajaran.com

Ada aturan yang harus diikuti apabila anda mengikuti perlombaan atletik lempar cakram ini. Para atlet yang melakukan lempar cakram harus memulainya dengan posisi berdiri secara seimbangan yang berada di dalam arena atau lingkaran untuk melempar.

Sang atlet tidak boleh meninggalkan arena tersebut sebelum ditentukan posisinya sah melalui setengah dari lingkaran atau arena tersebut

Para atlet boleh untuk menyentuh dinding pada bagian dalam arena untuk melempar cakram, tetapi harus dari balok batas lemparan dan tidak menyentuh pada bagian atasnya. Setelah  Melempar cakramnya lemparan tersebut kemudian akan diukur dengan lemparan yang telah ditarik dari bekas dimana cakram tersebut jatuh yang paling terdekat ke bagian tepi dalam balok

Jika dalam perlombaan lempar cakram tersebut pesertanya lebih dari 8 orang, maka para peserta akan diberikan kesempatan sebanyak tiga kali kesempatan untuk melemparkan cakram.

Dan penentuan bagi siapa yang akan lanjut ke babak berikutnya adalah sebagai berikutnya adalah dengan memilih lemparan terbaik dari kedelapan pelempar tersebut yang akan mengikuti babak selanjutnya.

Dan apabila peserta dari lomba lempar cakram kurang dari 8 orang maka kesempatan melempar yang diberikan adalah sebanyak 6 kali melempar

Pengaruh Panjang Lengan terhadap Prestasi lempar cakram

lengan panjang

http://www.zimbio.com

Pengaruh Lengan terhadap prestasi lempar pada umumnya sangat besar, di tinjau dari fungsi lengan sebagai penahan, pemegang dan sebagai alat pelempar terakhir dengan gaya melenting.

Fungsi lengan dalam lemparan ini sesuai dengan pendapat yang mengatakan otot lengan adalah kekuatan otot-otot atau kelompok otot untuk mengatasi suatu beban dalam menjalankan suatu aktivitas ( Abdul Hamid Syeeh Nur, 1993 : 135 )

Makin tinggi dan besar pelempar cakram, makin baik adanya. Pelempar dengan lengan panjang akan lebih menguntungkan daripada berlengan pendek. Sebab lengan yang panjang mempunyai jangkauan ayunan yang lebih jauh ( Winarno Surachman, 1992 : 20)

Menunjukan bahwa bukti akan kebenaran pendapat di atas. Oleh karena itu para pembina olahraga khususnya pelempar cakram perlu kiranya memperhatikan postur atau bentuk tubuh merupakan salah satu faktor penentu dalam pencapaian prestasi yang maksimal ( Soeharno HP, 1985 )

Seorang yang mempunyai tubuh yang lebih tinggi dan besar sudah jelas mempunyai jangkauan yang lebih jauh dari pada yang mempunyai bentuk tubuh pendek yang pada gilirannya tidak mampu melempar yang lebih jauh.

Sekian dan terima kasih saya ucapkan, mungkin ini yang bisa saya berikan kepada kalian semoga kalian paham dan bisa mengaplikasikannya di sekolah maupun di rumah.

Lelaki maupun perempuan bisa menjadi atlet di nomor lempar cakram ini asalkan kalian sudah siap dengan segala sesuatunya. Semoga dari salah satu kalian bisa menjadi pelempar cakram yang bagus

 

Leave a Reply