Pengertian Lompat Kangkang Beserta Contoh Gerakannya

Berolahraga memang wajib  dilakukan karena sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semakin jarang kalian berolahraga, Kebugaran tubuh akan semakin berkurang. coba dehh senam dengan gerakan lompat kangkang ini.

Mungkin dari salah satu kalian pernah melakukan gerakan ini. Memang Lompat ini sungguh mengasyikan ketika kita bermain dengan teman-teman kalian

Mau lebih detail lagi mengenai lompat kangkang ini? Yuk kita geser kebawah lagi agar paham dan tahu bagaimana cara mempraktekkan lompatan ini dengan benar, supaya tidak mudah cidera

Pengertian Lompat kangkang

Pengertian Lompat kangkang

www.temukanpengertian.com

Lompat kangkang adalah gerakan untuk melakukan lompatan dengan melewati di atas peti dengan posisi kaki terbuka lebar. Untuk melakukan lompat kangkang ini sangatlah diperlukan keberanian.

Nah, bagaimana cara melatih keberanian itu? Untuk melatih keberanian hanya diperlukan cara yang sistematis dalam mempelajari tahap-tahap untuk kita sampai kepada teknik yang sebenarnya tersebut.

Cara Melakukan gerakan Lompat kangkang

Cara Melakukan gerakan Lompat kangkang

http://biarfit.com

Adapun tahapan latihan lompat  kangkang untuk sampai ke teknik atau gerakan yang sebenarnya adalah sebagai berikut

Cara melakukan latihan awalan

1. Awalan ini dilakukan dengan lari secepat mungkin, dengan badan agak dicondong ke depan

2. Perhitungkan langkah kaki  untuk menolak papan tolakan atau yang lainnya kemudian  kedua tangan mengarah ke tepi papan tolakan

3. Pandangan mata harus fokus ke arah peti loncatan

4. Lakukan latihan ini secara berulang-ulang dan rutin  sampai kalian bisa mendapatkan keterampilan

Cara melakukan latihan tolakan

1. Berdiri dengan kaki agak rapat, badan lurus, dan kedua tangan memegang tepi peti

2. Lakukanlah tolakan dengan kedua kaki pada papan tolak ini sehingga panggul ke atas dan kedua tungkai dibuka

3. Lakukan teknik dasar ini dengan menggunakan awalan beberapa langkah

4. Lakukan latihan secara berulang-ulang sampai kalian bisa

Cara melakukan latihan melewati peti lompat

1. Ambil awalan ini dengan beberapa langkah, lakukanlah tolakan, sementara itu kedua tangan bertumpu pada punggung temannya  yang sedang membungkuk. Lalu dengan tungkai kangkang melewati punggung teman, latihan ini dimaksudkan atau bertujuan agar peserta latihan merasakan bagaimana susahnya melewati rintangan.

2. Setelah latihan bersama dengan teman kalian sudah lancar dan dapat dikuasai dengan baik, maka selanjutnya kalian lakukan latihan selanjutnya dengan meloncat melewati peti loncat.

Cara melakukan Latihan Mendarat

1. Berdirilah di atas peti loncat tersebut

2. Meloncatlah dan lakukanlah  pendaratan dengan menggunakan kedua ujung kaki, lutut mengeper dan kedua lengan kalian lurus ke atas.

3. Lakukan latihan berulang-ulang

Latihan Gerakan Loncat kangkang secara keseluruhan

1. Lakukanlah  awalan ini dengan berlari secepat mungkin, dengan badan agak di condong ke depan

2. Kedua kaki kalian menolak pada papan tolakan dengan sekuat-kuatnya dengan disertai ayunan lengan ke bawah dan ke depan, badan lurus dan tungkai dibuka

3. Pada saat kedua tangan menyentuh peti loncat, segera tolakan kedua tangan dengan sekuat-kuatnya. Badannya lurus dengan kedua tangan direntangkan

3. Pendaratan ini  dilakukan dengan ujung kaki, lutut mengeper dan kedua tangan lurus ke atas.

Manfaat Senam Lompat Kangkang

Manfaat Senam Lompat Kangkang

http://ragamsenam21.blogspot.com

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa berolahraga jelas membuat badan sehat dan semakin bugar.

Lompat kangkang ini tergolong jenis senam lantai dengan menggunakan alat. Adapun manfaatnya antara lain sebagai berikut :

Otot lebih kencang

Melakukan senam ini secara rutin bisa bermanfaat untuk mengencangkan otot tubuh kalian, bukan hanya kencang saja, tetapi juga membentuk otot tubuh. Otot kencang pula akan membentuk badan lebih atletis.

Kebugaran

Tubuh yang bugar ini jelas akan membuat kalian akan semakin bersemangat dalam melakukan aktivitas, serta kalian akan jauh dari penyakit. Tubuh yang sangat bugar tidak harus berbadan kekar, tubuh kekar tapi masih saja tidak bugar akan terlihat lemas serta tak bertenaga.

Tubuh yang indah

Siapa sih yang tidak menginginkan tubuh atletis? Tubuh atletis ini  tidak mesti dengan biaya mahal seperti fitness, berlatih senam lantai kalau kita secara rutin pun akan mendapatkan bentuk tubuh jadi lebih indah dan atletis.

Alat Untuk Lompat kangkang

Alat Untuk Lompat kangkang

http://gymnasticsmuba.blogspot.com

Alat untuk lompat kangkang ini pada umumnya hanya peti lompat saja, tapi bila peti ini semakin tinggi maka akan dibutuhkan sebuah tumpuan loncat. Berikut ini adalah i alat lompat kangkang

Peti loncat

Peti loncat ini mempunyai ukuran dan dimensi standar dengan panjang rata-rata 120 cm, lebar bagian atas rata-rata 41,5 cm, dengan lebar bagian bawah rata-rata 84 cm serta tinggi rata-rata 104 cm.

Peti lompat biasanya mempunyai 3 tingkatan, tetapi kita juga dapat tambah hingga menjadi 5 tingkatan.

Rangka loncat

Rangka loncat ini biasa pula dikenal dengan spring board atau papan pegas senam. Papan ini yang baik dan mempunyai  landasan pijak spon dengan ketebalan 2.5 cm dan juga dengan dilengkapi dua per besi berketinggian 28 cm.

Panjang landasan atas ini berukuran standar ko kurang lebih 120 cm dan panjang 71 cm. Rangka ini tersebut akan diberikan untuk memudahkan kalian yang sedang melakukan lompatan kangkang dengan peti yang tinggi.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan. Ingat sebelum kita melakukan senam ini haruslah kita pemanasan terlebih dahulu agar tidak mudah cidera yang sangat parah. Kita juga perlu bimbingan dan pelatihan dari orang yang sudah paham dengan senam ini

Semoga bermanfaat untuk senam ini. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply