Pengalaman Saat Melewati Masa Orientasi Siswa di SMK

Haii sahabat semua, kali ini saya akan memberikan pengalaman saat melewati masa orientasi siswa di SMK. SMK adalah sekolah menengah kejuruan yaitu dimana siswa-Siswi diharapkan mempunyai keahlian lebih sesuai kejuruan yang diambil dan diinginkan

Banyak Siswa-Siswi dari kelas 9 memilih  melanjutkan ke SMK negeri maupun swasta di daerah tertentu.

sayapun seperti itu, saya memilih SMK swasta. Mengapa demikian? karena Sekolah Swasta adalah sekolah yang disiplin dan bertanggung jawab atas murid – muridnya yang kurang baik menjadi lebih baik.

Saya memilih SMK PUI HAURGEULIS beralamat di JL. Siliwangi No 04 Haurgeulis Indramayu. Sekolah yang disiplin, berbasis bahasa inggris dan masih banyak dehhh. Pada tahun 2015 PPDB dibuka di setiap sekolah, kala itu saya baru saja lulus dari tingkat SMP lalu saya mendaftarkan diri di sekolah tersebut.

Setelah saya diterima di SMK, saya diberi pengarahan oleh kakak kelas yaitu anggota HIJAR/OSIS tentang peraturan di sekolah. Saya terkejut kala itu peraturan yang memang membuat para murid baru ini menjadi tergesah-gesah akan peraturan itu, salah satunya yaitu masuk jam 6.45. Ini tujuan sekolah untuk membuat muridnya menjadi disiplin.

1-3 hari diberikan pengarahan, lalu masuk ke masa orientasi siswa atau yang  paling dikenal ialah Masa MOS. Ini masa yang paling apa yah, ya gokil gimanah gitu, memakai yang tidak layak dipakai seperti tas karung, memakai topi berbentuk tumpeng, dan masih banyak lagi dehh

MOS

http://eksposkaltim.com

Selama 2 hari melakukan masa MOS itu banyak yang aku alami, dari menjadi pemimpin dari masing-masing group yang sudah ditentukan oleh OSIS. Banyak rintangan yang aku lewati disitu, Rintangannya gila bener dehh pokoknya

Salah maupun Benar masih saja kena hukuman, yahhh sudah biasa cakap saya kepada teman-teman ku, hadapi saja yang penting kita happy hehehehhehhe.

Ada beberapa rintangan mau tau apa rintangannya??? yuk baca sampai selesai

1. Rintangan PBB.

PBB

www.youtube.com

kita dibuat barisan setiap kelompok oleh anggota OSISsetelah itu mata kita ditutup dengan kacu/dasi pramuka, banyak yang salah arah ketika salah satu anggota osisOSIS memberikan perhatian dan komando.

Sontak langsung dari anggota OSIS yang lain mengambil tindakan menyuruh push up, oleh anggota osis dibuat mainan dan diulang ulang kembali menghitungnya, itu yang membuat kami marah dan jengkel.

2. Rintangan Perhitungan Cepat

Test kraepelin

http://www.gudangloker.com

Ini biasanya dibutuhkan konsentrasi dan kecepatannya, perhitungan ini seperti ditest perbankan. Jadi kita sudah ada bekal jika kita sudah lulus jika kita ingin ke perbankan.

3. Rintangan Outbound

Outbound

http://www.remindsolo.com

Rintangan ini yang paling seru, keseruan hanya ada di outbound ini walaupun kotor, basah, itu tidak membuat semangat kami luntur. Semangat 45 ada di dalam hati dan di dada kami, wihhhss hehehhe.

Setelah berjelajah diluar sekolah dan kami kembali ke sekolah lalu disuruh pulang istirahat kira kira jam 12.00 sudah ada dirumah. sesampainya saya dirumah langsung mandi, makan, shalat tidak lupa, kemudian menunggu jam 15.30 kembali kesekolah untuk mengikuti malam keakraban dengan guru maupun sesama teman seangkatan

malam keakraban

http://acc-himasi.blogspot.com

Jam 15.30 shalat ashar berjamaah di sekolah, setelah itu mempersiapkan apa saja buat nanti malam dan ada teka teki disitu. ketua osis memberikan pengumuman untuk membawa tali bambu, bantalan jabur, dan lain-lain. ketika itu aku berfikir bagaimanah dan apa tujuannya intruksi itu?? saya tidak tahu

Setelah berfikir lama ada teman yang memberikan bocoran tentang intruksi tersebut. Saya hanya bisa mengangguk dan tertawa kecil setelah mengetahui intruksi itu. Ternyata bambu tali itu chocolatos dan bantalan jabur itu roti

Adzan berkumandang saatnya shalat berjamaah, setelah shalat berjamaah mengaji bersama diiringi ceramah oleh guru-guru yang hadir.

Ceramah yang membuat kami menjadi lebih giat untuk menempuh pendidikan karena menuntut ilmu itu wajib bagi umat muslim sampai dia masuk kedalam liang lahat, hiiiiiiiiih serem ceramahnya mah tetapi seru bisa tanya jawab dengan guru-guru

Ada salah satu guru yang membuat inspirasi kita terbuka yaitu guru bahasa inggris namanya kami samarkan Mr. english. dia itu hebat dan berwibawa sekali guru yang paling kejam, galak, disiplin, ramah dan baik, mengapa dia begitu?? karena dia hanya semata-mata untuk membuat akhlak, moral, 5S  (Salam, Senyum, Sopan, Sapa, dan Santun) kecintaan kepada sekolah, dan karakter muridnya itu ada

Jam 20.00 nonton filim judulnya ialah Negeri 5 Menara kalau gasalah mah heheh, flimnya bagus sekalilah untuk di tonton, pesannya ialah belajarlah dengan sungguh-sungguh dan jang lupakan sosok sahabat-sahabat mu karena kesuksesanmu ada sahabat yang selalu support you.

Jam 22.00 tidur didalam kelas yang penuh gelap gulita, gerah, nyamuk ngiing nging terus, alasnya cuma karpet dan sepatu dilepas. kami tertidur semua dan pada saat tengah malam semua angkatan baru dibangunkan oleh anggota osis untuk berkumpul dihalaman sekolah dalam waktu 30 detik.

Wah kami terkejut langsung bangun dan memakai sepatu, kami kesal terhadap tingkah laku anggota HIJAR itu. Mengapa begitu? karena sepatu kami di umpetin udah mah gelap yahh bingung gimanh gituh. Setelah ketemu langsung saya pakai saja, ahhhhh waktu sudah habis saya terlambat 20 detik.

Lalu saya dihukum push up dalam keadaan mengantuk, lemas, tenaga belum ada, dan ditanyakan mengapa telat??? lantas aku jawab dengan menundukan kepala, sepatu saya belum ketemu. Memang kemanh sepatu kamu? tidak tau kemanah mungkin ada yang ngumpetin. Siapa yang ngumpetin?? tidak tahu. Ohhhhhh yasudah masuk barisan.

push up

www.gymguider.com

Akhirnya saya masuk barisan bersama teman-teman. 1 jam kami berdiri dan tidak ada suara.

Setelah itu kami diajak bermain teka teki mencari gantungan nama yang sudah dibuat oleh angota HIJAR, kelompok saya mencari gantungan nama tersebut. Dari ruangan yang satu ke yang satu, dengan tidak ada cahaya sedikit pun, cuma membawa lilin yang dialaskan pisin.

Kelompok kami masuk kedalam ruangan yang pertama, langsung dikejutkan oleh anggota OSIS yang menyamar menjadi setan. Sontak kami terkejut, tetapi kami tidak takut, kami berbagi kelompok 5 orang nyari, 5 orang menjaga setan itu supaya tidak mengganggu kami. Ditempat pertama tidak ada.

Lanjut kami ke dalam ruangan yang kedua, yang kedua kita aman tidak ada yang mengganggu, kami manemukan gantungan nama tersebut hanya 5 orang saja, jadi kami harus mencari lagi diruangan berikutnya. Setelah keluar kami dikejutkan dari atas jatuh boneka kepalanya saja langsung ku pukul saja boneka itu langsung lari sambill ketakutan.

Lanjut lagi kami ke dalam ruangan yang ketiga, kali ini kami diganggu oleh guru yaitu Mr. English. Dia mencoba untuk mematikan lilinya sontak seperti biasa kami sudah membuat kelompok, 5 orang menjaga Mr.english dan 5 orang sibuk mencari gantungan nama tersebut. Akhirnya kami menemukan gantungan nama tersebut.

Kemudian kami keluar dan berbaris dilapangan. wahh sungguh ini permainan yang baru pernah saya lakukan, ini bakalan menjadi permainan yang langka, mungkin di skolah lain belum tentu ada hal permainan seperti kami ini. Kenangan yang tergokil, terlucu, teramazing dan terlalu jahil..

Waktu sudah mulai pagi jam 4.30 ksmi shalat shubuh berjamaah, terbiasa setelah shalat mengaji dan diiringi ceramah. kali ini ceramah dibawakan oleh Mr. English kali ini ceramah  tentang surat al lahab, sedih dan terhanyut terbawa suasana oleh ceramahnya.

Sebelum sarapan kami diberikan tausiah, nasehat, untuk merenungkan apa yang telah kita buat selama ini.  Hal ini sungguh membuat se angkatan menangis oleh Mr. English ini, kata-kata yang indah, tertata, membuat kita terhanyut, terombang-ambing yang dilontarkan oleh mulutnya, kami menangis mendengarkan intonasi yang naik turun, keras lembut, pelan.

Setelah selesai ditanya oleh Mr. Mengapa kalian semua menangis? kami tidak ada satu pun yang menjawab, sunyi tanpa suara. Lalu Mr menghibur kami dengan stand up comedi dan bernyanyi.

Saat stand up dia menirukan karakter Mr. Bean. Lucu sekali, percis mirip banget asli lahh, dan saat bernyanyi dia menyanyikan lagu english entah aku sudah lupa tapi itu menjadi guru favorit di SMK PUI HAURGEULIS itu semua yang bikin kami menjadi tersenyum lagi, tertawa lepas sampai terbahak-bahak.

Dilanjutkan dengan senam bersama yang dipandu oleh anggota osis. Kami semua mengikuti senam, canda gurau dengan teman baru, walaupun belum terlalu kenal juga dibikin kenal ajah heheheh…

Setelah senam kita sarapan, kali ini sarapannya dibuat oleh guru sebut saja Bunda PUI. Walaupun masakannya kurang sedap tetapi menjadi sedap karena kami sebelum makann membaca doa terlebih dahulu, pasti kalian sudah hapalkan??????

Kemudian kita bersenang-senang  sebelum pulang menyanyi bersama dan photo bersama canda gurau, mencari teman dan sahabat, dan ada pula mencari pacar heeheh. yang ngantuk juga ada, yang main hp juga ada.

Jam 08.00 menunggu ayahku datang, sambil menunggu mendatangkan wanita yang begitu menarik, cantik, dan ramah.

Ternyata dia adalah kakak kelasku yang pagi tadi menyapaku, jadi  yah mengobrol dulu, meminta no hp tetapi dia tidak memberikannya, tetapi dia memberikan nama fbnya. Setelah ayah ku datang yahh aku pulang dan meninggalkan kakak kelasku tadi.

Setelah saya sampai dirumah langsung ku buka hp dan kubuka fbku, lalu aku mencari namanya dan akhirnya ketemu juga, langsung saya meminta pertimanan, besok liat belum dikonfirmasi, besoknya liat lagi, minggu depan liat, bulan depan liat, masihh belum saja dikonfirmasi.

Sampai sekarang saya juga belum dikonfirmasi juga hehhehheh sedih rasanya, sudah kulupakan dia.

Jadi pengalaman ku saat masa MOS ini aku bisa mengetahui karakter teman teman baru yang ingin aku dekati untuk menjadi sahabat ku. Karena sahabat menjadikan kita untuk melakukan hal yang tidak semestinya dan juga sahabatlah yang bisa membuat kita menjadi sukses karena sahabat always support you.

akhlak

http://ratihsmki2015.blogspot.com

Jadi pilih sahabat jika akhlak dia jelek ya tinggalkan karena bisa mempengaruhi mu dan sebaliknya jika akhlak dia bagus maka dekatlah dengan segera karena dia bisa memberikan mu jalan  yang benar dan menjadi imam mu.

Dari pengalaman ku diatas saya  bisa menjadi pemimpin, pencerah. Disiplin dan tidak arogan menghadapi masalah. sekian pengalam ku semoga kalian yang membaca tertawa.

Leave a Reply