Memahami dan Memaknai Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Beserta Fungsi Pokoknya

Dari salah satu kalian pasti belum tahu tentang pancasila sebagai ideologi terbuka, betul bukan? kalian masuk ke artikel yang tepat untuk membahas tentang pancasila sebagai ideologi terbuka dan bukan itu saja, saya akan memberikan dari bawah seperti pengertian ideologi tipe-tipe dan lainnya

Negara-negara lain sudah memiliki ideologi yang dianutnya, kalian pasti ingin bertanya dari tadi ideologi tuh apa sih?? Yuh simak selanjutnya, selamat membaca.

Pengertian ideologi

ideologi pengertian

www.sekolahpendidikan.com

Pengertian ideologi Secara Etimolgi

ideologi berasal dari bahasa yunani,  yaitu kata “idea” yang artinya melihat, dan “logos” yang berarti pengetahuan atau teori. Jadi maksud ideologi ialah sebagai pandangan seseorang terhadap suatu hal tertentu berdasarkan pengetahuan dari pikirannya itu.

Tipe-tipe ideologi

ideologi

www.dictio.id

1. Ideologi Komunisme

Ideologi komunisme ialah  ideologi yang dianut atau dipercayai oleh negara tersebut dikarenakan  mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, golongan ataupun kelompok. Berikut adalah beberapa ciri ideologi komunisme :

1. Hak pribadi, golongan ataupun kelompok tidak diakui atas alat-alat produksi. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kesamaan kedudukan (kesejahteraan) umum.

2. Sistem pemerintahan negara dipegang oleh satu partai tunggal (yaitu partai komunis). bisa juga oleh presiden di negara tertentu yang menganut ideologi ini

3. Semua perekonomian ditentukan dan dikuasai oleh negara.

4. Seluruh kekayaan Pribadi maupun golongan tertentu  menjadi milik negara.

5. Di ideologi ini sering dikatakan “sama rasa sama rata”

2. Ideologi Liberalisme

ideologi Liberalisme ialah  ideologi yang menjung-jung tinggi nilai kebebasan dalam hal politik yang paling utama . Dibawah ini  Beberapa ciri dari ideologi liberalisme antara lain adalah sebagai berikut :

1. Demokrasi merupakan bentuk pemerintahan  yang lebih baik.

2. Masyarakat memiliki kebebasan intelektual penuh (berbicara, beragama, pers, dll) boleh mengungkapkan isi hatinya dimanapun dan kapanpun

3. Peran pemerintah terbatas dalam kehidupan masyarakat dan sebagian besar keputusan masyarakat itu ditentukan oleh mereka sendiri

4. Semua masyarakat dikatakan bahagia ketika sebagian besar individu bahagia.

5. Ada hak tertentu yang tidak dapat dipindahkan dan  tidak mudah untuk dilanggar oleh kekuasaan manapun

3. Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila adalah ideologi yang dipegang oleh kita yaitu pancasila di negara Indonesia. Nama pancasila  terdiri dari dua kata sansekerta, yaitu “panca” yang berarti lima, dan “sila” yang berarti asas atau prinsip. Berikut  dibawah ini Berikut adalah lima poin dalam pancasila.

1. Ketuhanan yang maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pancasila sebagai ideologi terbuka

pancasila

http://besikku.blogspot.com

Ide pokok atau gagasan  mengenai pancasila sebagai ideologi terbuka mulai berkembang sejak tahun 1985. Saat itu pula  masyarakat mempunyai semangat yang sudah tumbuh sejak Pancasila itu sendiri ditetapkan sebagai dasar Negara. Dari anak muda sampai dewasa semangat pancasila ada didalam dadanya.

Sebagai ideologi, pancasila dijadikan sebagai pedoman dan acuan kita dalam menjalankan semua aktivitas di segala bidang apapun , sehingga sifatnya harus terbuka, luwes , fleksibel,  kaku dan tidak tertutup. Jika sifatnya tertutup berarti buakan ideologi tertutup dan bisa mengakibatkan masyarakatnya ketinggalan zaman.

Sebagaimana yang dicetuskan oleh Alfian, Pancasila telah memenuhi syarat-syarat  sebagai ideologi terbuka. Hal ini dibuktikan bahwa adanya sifat-sifat yang melekat pada Pancasila tersebut, ataupun kekuatan yang terkandung di dalamnya, yaitu pemenuhan persyaratan kualitas tiga dimensi.

Maksud arti  dari pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan Zaman dan   perkembangan apapun tanpa mengubahan nilai dasarnya.

Ini bukan berarti bahwa nilai-nilai  dasar Pancasila dapat diubah dengan nilai dasar  lainnya, yang sama artinya dengan meniadakan Pancasila atau meniadakan identitas dan jati diri sebagai warga  Indonesia (AL Marsudi, 2000:62).

Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung arti  bahwa nilai-nilai dasar Pancasila itu dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan  iringan perkembangan zaman secara kreatif dengan memperhatikan tingkat kebutuhan masyarakat indonesia itu sendiri.

Dibawah ini Moerdiono (BP7 Pusat, 1992:399) menyebutkan beberapa faktor  yang mendorong pemikiran Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut :

1. Dalam proses pembangunan nasional berencana, dinamika masyarakat indonesia  berkembang sangat cepat. Dengan demikian tidak semua persoalan kehidupan dapat ditemukan jawabannya secara ideologis dalam pemikiran ideologi-ideologi yang  sebelumnya.

2. Kenyataan bangkrutnya ideologi tertutup seperti komunisme. Saat ini negara-negara yang menganut dan mempercayai ideologi komunisme dihadapkan pada pilihan yang sangat  berat, negaranya ingin menjadi suatu ideologi terbuka atau tetap mempertahankan ideologi lainnya tersebut.

3. Sejarah pengalaman politik indonesia  sendiri dengan pengaruh komunisme sangatlah penting. Karena pengaruh ideologi komunisme ini   yang pada dasarnya bersifat tertutup, dan mempengaruhi Pancasila sehingga pernah merosot menjadi semacam kepercayaan atau doktrin  menjadi kaku dan lemah .

Pancasila tidak lagi tampil sebagai acuan.  Mengapa demikian? pancasila ini sebagai strategi senjata konseptual untuk menyerang lawan-lawan politik. Kebijaksanaan pemerintah di kala  itu menjadi absolute. Konsekuensinya, perbedaan antara sesama menjadi alasan untuk secara langsung dicap sebagai anti pancasila.

4. Tekad dari masyarakat bangsa indonesia ini  untuk menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara. Sebagai catatan ini , istilah Pancasila sebagai satu-satunya asas telah dicabut berdasarkan ketetapan MPR tahun 1999.

Namun pencabutan ini, kita dapat  artikan sebagai pengembalian fungsi utama Pancasila sebagai dasar negara indonesia. Dalam kedudukannya sebagai dasar Negara, Pancasila harus dijadikan sebagai  jiwa bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam pengembangan Pancasila sebagai Ideologi terbuka.

Di samping itu, ada faktor lain  yaitu adanya tekad dari jiwa bangsa Indonesia dari muda sampai dewasa  untuk menjadikan Pancasila sebagai alternative ideologi dunia.

Syarat-syarat pancasila sebagai ideologi terbuka

ideologi pancasila

http://www.pelajaran.co.id

Pancasila bisa dikatakan  sebagai ideologi terbuka karena ini, karena telah memenuhi syarat sebagai berikut ini.  Antara lain :

1. Nilai Dasar, nilai dasar adalah nilai yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 yang tidak berubah

2. Nilai Instrumen, adalah  nila-nilai dari nilai dasar yang dijabarkan lebih kreatif dan dinamis ke bentuk UUD 1945, ketetapan MPR, dan peraturan perundang-undangan lainnya.

3. Nilai Praktis, adalah nilai-nilai yang dilakukan dalam  kehidupan sehari-hari, baik di masyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai praktis bersifat abstrak, seperti : menghormati sesama orang apalagi yang lebih dewasa, kerja sama, dan kerukunan. Hal ini dapat dioperasionalkan ke bentuk sikap, perbuatan, dan tingkah laku sehari-hari.

Adapun  dimensi Ideologi Pancasila yang  memiliki 3 dimensi penting untuk kita ketahui yaitu sebagai berikut :

1. Dimensi Realitas yaitu  mencerminkan kemampuan ideologi untuk mengadaptasikan  nilai-nilai hidup dan berkembang dalam masyarakat

2. Dimensi Idealisme yaitu  idealisme yang ada dalam  ideologi tersebut mampu menggugah harapan para pendukungnya

3. Dimensi Pendukung yaitu  menggambarkan atau memperlihatkan  kemampuan suatu ideologi untuk mempengaruhi dan menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat itu sendiri.

Proses Perumusan pancasila sebagai dasar negara

perumusan pancasila

http://busurnews.com

Proses perumusan pancasila sebagai dasar negara menjelang tahun 1945,  Jepang mengalami kekalahan di Asia Timur Raya. Banyak cara yang dipakai  jepang untuk menarik simpati khususnya kepada bangsa Indonesia.

Salah satunya ialah janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada rakyat indonesia yang telah diucapkan oleh perdana mentri kaiso tnggal 7 september 1944.

Sebagai kelajutan dari janji tersebut, maka untuk itu  Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesi (BPUPKI atau Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai) pada tanggal 29 April 1945, jepanglah yang bertugas untuk menyelidiki segala sesuatu mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI atau badan usaha-usaha persiapan kemerdekaan indonesia  diketuai oleh DR. Rajiman Widiodiningrat, wakil ketua R. Panji Suroso dan Tuan Hachibangase dari Jepang yang  beranggotakan 60 orang. Selama masa tugasnya BPUPKI melakukan dua kali sidang.

Dan taklama BPUPKI dibubarkan oleh jepang dan digantikan dengan PPKI yaitu Panitia persiapan  kemerdekaan pancasila yang dipimpin oleh Ir. soekarno pada tanggal 7 agustus 1945

Fungsi Pokok  Pancasila

fungsi pancasila

http://www.lintasjari.com

Setelah membahas  mengenai pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka dan perumusan pancasila. Nah sekarang kita lanjut ke Fungsi Pokok Pancasila sebagai dasar Negara dan Ideologi Negara.

Dibawah ini penjelasan tentang  fungsi pokok pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai berikut :

1. Sebagai dasar Negara, kedudukan pancasila  sebagai norma dasar atau norma fundamental (fundamental norm).

Negara indonesia  dengan ini Pancasila menempati norma hukum tertinggi dalam Negara Indonesia. Pancasila adalah cita-cita hukum ( staatside ) baik hukum tertulis dan tidak tertulis ( konvensi ).

2. Sebagai sumber dari segala sumber hukum, Pancasila merupakan kaidah Negara yang fundamental artinya kedudukan pancasila  paling tinggi, oleh karena itu Pancasila juga sebagai landasan ideal penyusunan aturan – aturan di Indonesia.

Oleh karena itu semua peraturan perundang-undangan yang telah dibuat  baik secara terpusat maupun daerah tidak menyimpang dari nilai Pancasila atau harus bersumber dari nilai -nilai Pancasila.

3. Sebagai pandangan hidup, nilai Pancasila adalah  pedoman dalam pembangunan bangsa dan Negara indonesia agar tetap berdiri kokoh dan bisa  mengetahui arah dalam memecahkan masalah tentang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya serta pertahanan dan keamanan.

4. Sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, mengapa nilai pancasila itu mencerminkan kepribadian bangsa? sebab nilai dasar kristalisasi nilai budaya bangsa Indonesia itu  asli, bukan diambil dari bangsa lain.

5. Sebagai Penjanjian leluhur  bangsa Indonesia, pada dasarnya  pancasila lahir dari hasil musyawarah para pendiri bangsa dan negara (founding fathers) sebagai para wakil bangsa, pancasila yang dihasilkan itu dapat dipertanggungjawabkan secara moral, sisio kulturil.  

Moral diartikan di dalam pancasila  tidak bertentangan dengan nilai agama yang berlaku di Indonesia, sosio kultural berarti cerminan dari nilai budaya bangsa Indonesia, karena itu Pancasila merangkul segenap lapisan masyarakat Indonesia yang majemuk ini.

Jadi ideologi pancasila hanya ada di indonesia dan masyarakat indonesia mengharap bahwa ideologi pancasila ini bisa digunakan oleh negara-negara lain yang ada didunia ini. Dan menjadikan ideologi ini memberikan nilai-nilai yang baik dan positif, kerja sama, tolong menolong dan saling menghormati.

Sekian terima kasih, banyak sekali ilmu yang kalian dapat hari ini walaupun menghabisi kuota yang ada dan cepet habis,  tetapi bisa bermanfaat semoga kalian tidak bosan-bosannya untuk mencari ilmu dan jangan lupa share kepada teman-temanmu supaya kalian yang membaginya itu menjadi lebih pintar dan lebih dipandang baik oleh orang lain. aamiin

Leave a Reply