Pengertian Logo Lengkap dengan Fungsi dan Manfaatnya

manfaat logo

Berbicara tentang logo mungkin sering anda lihat di dalam surat, plang depan kantor dan lainnya. Perlu anda ketahui logo itu sangat penting untuk perusahaan swasta maupun negeri. Dengan memahami pengertian logo anda akan mengetahui pentingnya logo dalam sebuah perusahaan atau usaha.

Dalam perkembangannya, logo mengalami deformasi atau mekanika bentuk yang dimulai dari bentuk-bentuk logo rumit hingga menjadi sebuah logo yang sangat sederhana.

Berbagai pilihan elemen-pun ikut bertambah, mulai dari penggunaan inisial, nama perusahaan, singkatan nama, dan lain-lain. Dengan seiringnya perkembangan dunia periklanan, Peran logo saat ini menjadi sangat penting.

Ya, betul sekali. Terutama dalam pembuatan strategi branding sebuah produk-produk tertentu. 

Nah, kali ini angalul.com akan mengulas atau membahas mengenai pengertian logo secara detail dan singkat. Mau tau selengkapnya? Yuk, simak artikel berikut ini. Selamat membaca.

pengertian logo pengertian logo 

ievoolme.com

Logo adalah suatu bentuk gambar atau sekedar sketsa dengan memiliki arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, pemerintah, produk, negara dan lain sebagainya yang dianggap membutuhkan hal singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Jadi, logo merupakan suatu bentuk gambar yang dapat mewakili dari perusahaan, daerah, negara dan lainnya yang membantu agar mudah diingat untuk sebagai pengganti dari nama sebenarnya

ciri ciri logo

angalul.com

Ada beberapa ciri-ciri logo yang perlu kalian catat ketika ingin membuat logo.  Apa saja ciri-cirinya? Berikut penjelasannya 

1. Sederhana.

Logo dibuat untuk memudahkan para pelanggan atau orang-orang mengenal bahwa logo tersebut adalah milik anda. Dengan cara buatlah logo dengan sederhana mungkin tidak perlu banyak variasi dan pesan dalam logo harus mudah dicerna.

Dengan ini logo anda dapat dijadikan daya tarik dan yang terpenting  tidak terlihat membosankan  

2. Mudah Diingat dan Dimengerti

Logo yang baik itu adalah logo yang bisa mencerminkan pesan atau identitas dari sebuah perusahaan atau organisasi tertentu dalam sekali lihat

3. Tahan Lama.

Logo yang tidak termakan trend itu lebih baik, Karena dalam waktu yang lama pun tidak akan terkesan kuno, sehingga anda tidak perlu repot-repot mendesain ulang logo tersebut.

4. Enak Dipandang

Sesuai fungsi logo yaitu sebagai identitas. Ketika logo itu acak-acakan dari beberapa iklan atau orang pun enggan melihatnya. Namun, ketika logo anda enak dipandang, sederhana, rapih kemungkinan besar akan selalu dipakai.

5. Tepat

Coba anda bayangin, apa yang dimaksud tepat disini?………………… Sudah tahu? Ya, tepat yang dimaksud adalah mengenai pemilihan berbagai elemen-elemen dalam logo, seperti font, warna, maskot dan lain-lain

6. Unik dan Menarik

Logo yang unik dan menarik akan membuat orang yang melihat tertarik juga dan akan menjadi ciri khas dari  suatu organisasi itu sendiri. Contohnya Logo farmasi atau Apotek

fungsi logo

angalul.com

Nah, fungsi logo menurut John Murphy dan Michael Rowe. Satu fungsi utama dari logo adalah untuk mengidentifikasi produk, jasa atau perusahaan.  “Dikutip perdana , 2007, h.13”

  • Jadi, logo itu bukan hanya sekedar nama, tetapi :
  • Mengidentifikasi suatu perusahaan
  • Membedakan dari produk atau organisasi yang lain
  • Mengkomunikasikan informasi seperti keaslian, nilai beserta kualitasnya
  • Menambah Nilai
  • Mempresentasikan aset yang berharga
  • Properti legal suatu produk atau organisasi

Manfaat Logo

pahlevi.net

Ada beberapa manfaat logo untuk perusahaan anda. Kira-kira apa saja manfaat logo itu? Yuk, cari tahu dibawah ini

1. Simbol Khusus

Logo perusahaan biasanya juga menjadi simbol khusus atau ikon yang bisa diingat oleh kebanyakan orang. Dengan logo para pelanggan jadi lebih bisa mudah untuk mengingat brand anda.

Adanya logo dalam perusahaan atau lainnya biasanya akan menunjang pengenalan suatu produk atau jasa perusahaan, sehingga bisa meninggalkan kesan untuk para konsumen serta kepada calonnya juga. 

2. Membedakan dengan produk lain.

Dengan adanya logo perusahaan, tentu saja akan lebih memudahkan pelanggan untuk membedakan produk anda dengan produk lainnya. Karena pada umumnya, sebuah logo diciptakan sebagai identitas yang bisa menjadi pembeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. 

3. Sarana Promo

Perlu anda ketahui juga, logo sangat bermanfaat sekali dalam hal promosi. Karena logo ini bisa menyampaikan pesan sederhana yang akan tergambar dari desainnya. Dengan ini, anda bisa akan lebih mudah dan mempromosikan bisnis anda sehingga para pembeli juga bisa lebih mengenal produk anda

Itulah beberapa manfaat logo untuk perusahaan atau sejenisnya. Dari pengertian logo diatas kita mengetahui penting sekali logo itu untuk sebuah perusahaan atau lembaga lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas pada pertemuan mengenai pengertian logo ini. Semoga bermanfaat untuk anda yang akan membuat logo. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply