Pengertian Wirausahawan Ciri-ciri Beserta Contohnya

contoh wirausahawan

Berwirausaha menjadikan sebuah pekerjaan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Pekerjaan ini bisa dilakukan oleh masyarakat yang berada di kota maupun di daerah perdesaan.

Tak heran jika banyak pekerja kantoran itu yang resign dari perusahaan tersebut untuk membuat tempat usaha sendiri meskipun haru memulainya dari bawah. Nah, untuk itu bagi kalian yang minat dan tertarik dengan dunia wirausaha. 

Kali ini angalul.com ingin berbagi pengetahuan menegnai dunia usaha atau berwirausaha mulai dari pengertian wirausaha, wirausahawan, ciri-ciri wirasusaha dan contoh wirausaha. Dengan hal ini agar kalian paham dan memahami apa itu wirausaha. sehingga kalian bisa memilih apa yang cocok untuk dijadikan usaha. 

Pengertian wirausaha dan wirausahawan

angalul.com

pengertian wirausahawan

pengertian wirausaha

Menurut bahasa wirausaha berasal dari dua kata yakni wira dan usaha. Wira berarti berani sedangkan usaha berarti usaha. Jadi kita bisa simpulkan bahwa wirausaha adalah seorang yang berani mengambil resiko dan melihat peluang sebuah usaha.

Perlu kalian ketahui, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan melakukan wirausaha. Seperti menciptakan tempat usaha atau lapangan kerja  baru untuk orang lain. Dengan ada dukungan dari pemerintah berwirausaha menjadikan suatu pekerjaan yang paling banyak diminati.

Sebab, dengan berwirausaha secara tidak langsung pekerjaan ini sangat mendukung perekonomian negara. Dengan demikian angka pengangguran semakin turun. Namun, dalam melaksanakan wirausaha tentunya tidak semudah di ucapkan serta di bayangkan.

Pengertian Wirausahawan

Dari pengertian wirausaha diatas hampir sama dengan pengertian kewirausahaan. yang memberdayakan antara wirausaha dan wirausahawan adalah objek atau pelaku yang melakukan wirausaha tersebut.

Jadi apa itu wirausahawan? Wirausahawan ialah pelaku yang berani untuk mengambil resiko dan melihat peluang usaha

Dalam menjalankan prosesnya, wirausaha mengkombinasikan berbagai macam faktor reduksi seperti tenaga kerja, sumber daya alam material dan peralatan lainnya yang dibutuhkan. Seorang wirausahawan bisa menghasilkan nilai yang tinggi yang disebut dengan creative destruction yang akan menambahkan keterampilan kreativitas kalian

Ciri-ciri Wirausahawan

Ciri-ciri Wirausahawan

angalul.com

Berwirausaha menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Bahkan banyak pula orang yang memiliki menjadi wirausaha dibandingkan dengan bekerja kantoran.

 

Tidak heran jika banyak pekerja kantoran yang resign dari perusahaan tempat ia bekerja dan membuka wirausahanya sendiri meskipun harus memulainya dari nol. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan dunia wirausaha, kali ini akan dibahas mengenai pengertian wirausaha, pengertian wirausahawan, ciri-ciri wirausaha dan tujuan wirausaha. 

Hal ini berguna agar anda lebih memahami apa itu wirausaha, sehingga Anda bisa lebih mudah ketika ingin masuk ke dunia wirausaha. Adapun ciri-ciri wirausaha adalah sebagai berikut :

SELALU BERPIKIR POSITIF

Berpikir positif menjadi hal yang sangat penting bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha. Berpikir positif ini sebagai modal utama untuk mengambil keputusan dalam sebuah 

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri khusus terlebih bagi wirausaha yang benar. Jadi, jika Anda ingin memulai sebuah usaha pastikan jenis wirausaha yang akan dibuat memang benar dan tidak menyalahi aturan. Berikut ini adalah ciri-ciri wirausaha yang baik dan benar.

Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif menjadi hal yang penting jika Anda ingin memulai sebuah wirausaha.  Berpikir positif ini sangat penting terutama bagi Anda yang akan mengambil keputusan dalam sebuah usaha.

Terlebih dalam berwirausaha peluang gagal itu ada, hal inilah yang membuat bayang-banyang untuk memulai usaha. Padahal dengan berpikir positif secara tidak langsung rasa cemas ini akan merubah menjadi sikap optimis yang membuat kita akan berhasil.

Selalu Percaya Diri

Berpikir positif saja tidak cukup untuk memulai usaha baru. Namun anda juga harus bisa berani dalam mengambil sikap berani dan penuh percaya diri. Yakinlah bahwa usaha yang anda dirikan sendiri ini bisa sukses kedepannya.

Dengan sikap percaya diri yang tinggi membuat pekerjaan kita lebih mudah dan sangat mendukung. sehingga apa yang ada pada jiwa kita menjadi termotivasi dan semangat yang besar untuk menjalankan usaha sendiri

Berani Mengambil Resiko

Kita sudah ketahui seorang wirausahawan harus bisa dan berani mengambil resiko untuk kemajuan usahanya. Sebab resiko yang diambil akan berpeluang besar atau kecil  terhadap usahanya. 

Memiliki Jiwa Pemimpin

Wirausahawan harus memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi terhadap usaha yang dibuat. karena dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi maka usaha yang anda buat mengalami kenaikan yang bagus. Dan perlu anda ketahui, menjadi wirausahawan ini secara otomatis andalah yang memegang dan mengatur jalannya usaha ini atau yang lebih kerennya lagi disebut dengan BOS

Selalu menatap masa depan

Perlu anda ketahui menjadi wirausahawan harus berpikir masa depan usaha anda. Mau dibawa kemana usaha anda.  Maju atau mundur? Itu semua ada ditangan anda. Menurut kami menatap masa depan ini maksudnya ialah kita sebagai wirausahawan harus berfikir kedepan contohnya membuka cabang baru, menambahkan toko atau dagangan, menerima karyawan baru dan lain-lain

Berorientasi pada hasil

Hal terakhir menjadi wirausahawan ialah selalu berorientasi pada setiap hasil yang didapatkan. Sebab dalam dunia usaha pasti akan ada namanya hambatan yang bisa membuat anda menyerah. Namun dari hambatan itu juga anda akan merasa tertantang sehingga hasil yang diinginkan bisa didapatkan sesuai dengan rencana

Contoh Wirausahawan

contoh wirausahawan

angalul.com

Dalam dunia usaha banyak sekali bidang-bidang usaha yang harus anda ketahui, seperti bidang kuliner, wisata, Jasa, jual beli dan lain sebagainya. Berikut ini akan kami berikan contoh wirausahawan dengan modal kecil, antara lain sebagai berikut

  1. Usaha di bidang Kuliner

Usaha dibidang kuliner memang tida pernah sepi. Karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentunya ini menjadi peluang besar bagi anda yang ada niat untuk membuka usaha dibidang ini. 

Anda bisa membuat dan memulai usaha ini dari usaha restoran, Warung pojok, rumah makan dan lain sebagainya. Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia. Namun yang lebih penting adalah produk makan apa yang akan kalian tawarkan dan apakah cocok selera masyarakat setempat

Sebagai contohnya anda menjalankan bisnis kuliner utama seperti ayam goreng, bakso, mi ayam dan masakan daerah lainnya. Anda juga harus membuat minuman dalam bentuk es maupun panas. Seperti coffee, Jus dan lain-lain

  1. Usaha Di Bidang Jasa

Ada berbagai macam jenis usaha kecil dibidang jasa. Dalam usaha ini harus memiliki bidang atau kemampuan serta keahlian dalam jasa yang ditawarkan. Sebagai contohnya ada usaha yang berhubungan dengan birokrasi seperti surat-surat kendaran, SIM, surat ijin usaha dan masih banyak lagi dokumen-dokumen penting lainnya.

Perlu anda ketahui bidang jasa ini sangat lah luas usahanya. Contohnya : Pembuatan makalah, skripsi, artikel, naskah drama, proposal, brosur, baliho dan masih banyak lagi contohnya. 

Pokoknya pekerjaan yang berkaitan dengan jasa.

  1. Usaha dibidang jual beli

Usaha pada bidang jual beli ini mungkin sudah tak asing dan menjadi salah satu bisnis yang banyak di minati pada era melenial ini. Apalagi dengan didukungnya internet, teknologi yang semakin maju membuat manusia sangat senang berbelanja tanpa perlu keluar rumah dan sebagainya.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan semangat untuk membuka usaha sendiri. Sekian dan terima kasih

 

Leave a Reply