Pengertian Permainan Bola Basket Sejarah Peraturan Beserta Tekniknya

Mungkin dari salah satu kalian mempunyai hobi permainan bola basket bukan? Yup Bola basket termasuk kedalam bola besar dan permainan yang sangat melelahkan bagi para pemain. Guys kalau hobi kamu bola basket harus tau betul sejarah bola basket

Nah, yang belum tahu tenang ada disini ko. Dibawah ini saya akan memberikan  ilmu tentang Sejarah Olahraga Basket, Pengertian, dan Tata Cara Bermainnya. Yuk langsung saja kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Bola Basket 

Permainan bola basket merupakan olahraga berkelompok yang terdiri dari 2 tim berlawanan dengan beranggota masing-masing timnya adalah 5 orang, dimana tujuan  dari permainan bola basket adalah memperoleh poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola basket ke dalam ring lawan.

Nah, pertandingan bola basket sendiri diselenggarakan di tempat atau di ruangan yang memiliki ukuran seperti lapangan bola basket dengan panjangnya 28,5 meter dan lebarnya 15 meter.

Posisi utama dalam permainan bola basket yaitu  Forward, posisi ini bertugas untuk mencetak poin dan memasukkan bola basket ke dalam ring lawan.

Defense, posisi yang bertugas untuk menghadang lawan, serta Playmaker, pemain yang bertugas untuk memegang peran mengatur alur bola dan merancang strategi permainan.

 

Sejarah Bola Basket

Basketball

www.idsejarah.net

Nama basket sendiri ditemukan ketika seorang siswa YMCA mengatakan kata basket tidak sengaja. Setelah itu  Dr James Naismith ini pencipta permainan, Permainan ini pun tertarik sekali menggunakan nama tersebut.

Sejarah singkatnya bola basket ini berawal sekitar tahun 1891 di YMCA. YMCA yaitu sekolah pemuda kristen di daerah Kanada.

Pembuatan pola permainan ini pun tidak sekali langsung  jadi, tetapi dengan kesabaran untuk membuat beberapa tahap yang dibantu oleh siswanya tersebut untuk memainkan pola yang telah dibuatnya.

Dr James pun dengan sangat teliti membuat aturan yang sesuai dengan keadanan yang diinginkannya.

Pada pertama permainan bola basket ini, tim boleh mempunyai pemain yang berjumlah 9 pemain dan tidak ada yang dribble atau menggiring bola. Sehingga bola basket hanya bisa berpindah satu kali lemparan saja.

Dengan banyak berbagai pertimbangan, ukuran dari bola basket diatur dengan berat 600-650 gram dengan ukuran keliling 75-78 cm. Bola tersebut  harus memantul 1,2-1,4 meter dari ketinggian 1,8 meter.

Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Permainan bola basket ini sudah menyebar hingga ke penjuru dunia. Salah satunya  permainan olahraga masuk ke Indonesia. Sejarah di indonesia sendiri pun cukup panjang.

Permainan bola basket ini masuk melalui pendatang dari Cina sekitar tahun 1920an. Para perantau atau pendatang ini membawa permainan bola basket yang sudah terlebih dahulu di kembangkan di negara kincir angin ini tersebut.

Permainan bola besar ini pada  awalnya dimainkan oleh komunitas-komunitas  mereka, termasuk mendirikan sekolah terkenal  yang bernama Tionghoa. Permainan bola basket atau bola besar  yang masuk di bidang olahraga pun menjadi permainan wajib yang harus dimainkan oleh siswa maupun siswi disana. Tidak mengherankan lagi jika pemain yang terkenal dalam permainan bola basket ini berasal dari sekolah Tionghoa.

Sejarah bola basket di Indonesia sendiri sudah ada sekitar sejak 1930an. Meskipun bangsa indonesia belum menjadi negara republik dan merdeka. Setelah negara indonesia merdeka, permainan bola basket ini mulai dikenal luas oleh masyarakat Indonesia terutama di perkotaan.

Permainan bola basket banyak dimainkan ditingkat nasional yaitu pada tahun 1948 di Solo pada ajang Pekan Olahraga Nasional I (PON I). Meskipun penyelenggaraan ini masih belum mempunyai  induk olahaga nasional.

Ada tanggal bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu  mengenai permainan ini pada tanggal 3 april 1982. Kala  itu, di Indonesia mengadakan pertandingan antara Rajawali Jakarta dengan Semangat Sinar Surya Yogyakarta.

Pertandingan inilah menjadi tolakan  awal mulanya kompetisi permainan bola basket pertama di Indonesia. Klub-klub papan atas seperti di atas tadi  pun mulai mengadakan berbagai kompetisi untuk mencetak atlet-atlet berbakat.

Teknik-Teknik Dasar Tentang Permainan Bola Basket

Basket Ball

www.olahragamo.com

Dari tahun ke tahun,  perkembangan permainan  ini semakin berkembang, tak mau ketinggalan teknik-teknik dasar permainan bola basket pun  juga ikut berkembang, yang pada awalnya hanya menggunakan teknik lemparan saja.

Dibawah ini adalah  teknik-teknik dasar permainan bola basket yang harus kamu ketahui sebelum bermain basket. Antara lain sebagai berikut

Teknik Menggiring Bola Basket (Dribble)

teknik-dribbling

simuridrajin.wordpress.com

Menggiring bola atau Dribble  itu disebut teknik-teknik dasar utama dalam permainan bola basket. Tujuan dari teknik tersebut ini untuk menghindari musuh yang dihadapan kita, atau untuk mengoper atau membagi bola kepada rekan satu tim yang berada dekat dengan ring musuh/lawan.

Teknik dribbel  dilakukan atau dipraktekan dengan cara memantulkan bola kepada permukaan lantai lapangan, dengan menggunakan tangan. Sedangkan dari teknik dribble (Menggiring) dalam permainan sepak bola dilakukan dengan menggunakan kaki untuk menggiring bola tersebut. Pada permainan ini mempunyai  dua jenis teknik berbeda untuk menggiring bola, apa saja teknik-teknik itu? Yuk, langsung saja kita simak tulisan dibawah ini:

Driblling Tinggi

Teknik Drible tinggi itu dibuat dan dilakukan  secara cepat, gunanya adalah untuk memasuki area pertahanan musuh/lawan secara mudah. Ketika pemain sedang memegang bola jauh dari wilayah lawan, dribble tinggi ini juga bisa dimanfaatkan  dengan cara berlari/berjalan cepat.

Dribbling Rendah

Dribbling rendah adalah  teknik yang mudah diterapkan ketika bermain  untuk melindungi bola dari serangan musuh. Ketika pemain sedang berhadapan langsung dengan lawan atau satu satu dengan tim lawan.

Teknik dribble rendah ini bisa juga digunakan untuk mencari celah untuk menyusup dan mencetak gol ketika musuh sedang lengah.

Macam Macam Teknik Pasing Bola Basket

Basket Ball

baabun.com

Tata cara mengumpan/mengoper bola kepada rekan setimnya dengan benar. Teknik pasing ini bisa dilakukan dengan cara melempar bola tersebut kepada teman satu tim setelah mendrible bola.

Dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai  teknik-teknik pasing bola basket yang benar:

OverHead Pasing:

Teknik overhead Passing ini dilakukan dengan cara melempar bola dari atas kepala. Teknik ini biasa digunakannya saat sedang mera kesulitan karena terkepungan oleh lawan yang menghadangnya.

Basseball Pass

Basseball pass adalah sebuah teknik melempar bola, lemparan bola tersebut hampir sama dengan  teknik cara lemparan bola baseball. Teknik lemparan ini kerap digunakan untuk mengagetkan dan membuat mental down musuh yang sedang dihadapinya.

Chest Pass

Chest Pass adalah teknik mengoper bola kepada rekannya dari depan dada sejajar dengan dada

Bounce Pass

Bounce Pass adalah teknik mengoper bola dengan cara memantulkan bola tersebut  ke arah bawah lantai lapangan, agar diterima oleh teman satu tim untuk mengindari halangan musuh atau lawan.

Hook Pass

Hook Pass adalah teknik yang menggunakan dengan satu tangan, dengan posisi yang melipat di atas bahu. Teknik tersebut digunakan untuk merusak pertahanan musuh atau lawan.

Under Pass

Under Pass adalah teknik mengoper bola yang dilakukan dari arah pinggang anda.

Cara Teknik Menembak/Menyuting Bola Basket ke Dalam Ring

Basket Ball

www.merdeka.com

Shooting bola ini adalah salah satu cara  teknik-teknik dasar yang harus kamu kuasai juga saat bermain, mengapa? Karena kegunaan teknik shooting ini untuk mendapatkan point dan kemenangan di saat permainan basket l dimulai.

Teknik tersebut bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam ring musuh, dengan menggunakan teknik shoot (diam ditempat, dan memasukkan bola basket dengan satu tangan, atau dua tangan).

Teknik Jump Shoot ( Teknik ini dengan cara melompatkan diri, dan melemparkan bola basket itu ke arah ring musuh)

Teknik Lay up (Memasukan Bola basket dengan cara berlari, dan setelah lari langsung melompatkan badan ke arah ring musuh kemudian memasukan bola basket kedalam ring tersebut dengan cara berputar).

Teknik Rebound Dalam Permainan Bola Basket

rebound-basketball

dikatama.com

Rebound ini adalah teknik untuk mengambil bola yang tidak jadi masuk ke dalam ring, teknik rebound bola  ini ada 2 jenisnya, yang pertama rebound ofensif, dan yang kedua rebound defensif.

Rebaound ofensif adalah lemparan bola basket yang gagal masuk ke dalam ring, kemudian dimasukan kembali ke dalam ring musuh  oleh rekan tim sendiri, apabila bola itu berhasil masuk ke dalam ring lawan, maka tim tersebut mendapatkan 2 point.

Rebound defendis adalah teknik merebut bola basket yang gagal dimasukan oleh musuh kedalam ring tim sendiri, sehingga lawan tidak lagi dapat memasukan bola kedalam ring tim kita dan tidak bisa menambahkan angka.

Peraturan Bola Basket

lapangan

http://siswapintars.blogspot.com

Lapangan Basket berukuran 28,5 m panjangnya dan 15 m untuk lebarnya.

Garis lapangan yang ada ditengah sebabagi pembatas menjadi 2 sisi dengan diameter 1,8 m.

Garis serang berukuran 6 m dan jarak antara ring dengan tembakan hukuman berukuran 3,6 m.

Pemain berjumlah 5 orang untuk bermain di lapangan dan 7 orang sebagai cadangan disetiap timnya.

Waktu berlangsung selama 4 babak dengan waktu 4×10 menit dengan 12 menit durasi setiap babaknya.

Ukuran bola memiliki keliling 75 -78 cm, berat juga ditentukan yaitu 600-650 gram. Ketika bola dijatuhkan pad aketinggian 1,8 meter, bola harus bisa memantul ke atas 1,2-1,4 meter.

Jumlah wasit yaitu 2 orang pengadil atau umpire. Jalannya permainan dibawah pengawasan dan pimpinan seorang wasit. Beberapa hal yang harus dihindari oleh para pemain, yaitu pushing, touching, traveling, jumping, unsprotmanslike foul, techina foul, personal foul dan masih banyak lagi.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat dan semoga apa yang anda cari ada di damnya. ketika ada salah kata mohon dimaafkan. Sekian terima kasih

 

 

Leave a Reply