35+ Daftar Nama Rumah Adat yang Ada Di Indonesia

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Sebagai masyarakat indonesia tentu saja kita mengetahui bahwa negara tercinta ini mempunyai beragam adat dan budaya yang tidak akan menemukan di negara lain. Salah satunya adalah rumah adat

Dari sabang sampai merauke terdapat banyak sekali rumah adat yang memiliki bangunan yang cukup unik. Dalam membuat rumah adat ini para orang terdahulu mempunyai desain sesuai budaya masing-masing

Nah untuk itu, kami akan membahas mengenai beberapa rumah adat yang ada di indonesia dari sabang sampai merauke. Mungkin di daerah kalian ada rumah adat yang ada di bawah ini. Yuk langsung saja baca artikelnya.

Daftar Nama Rumah Adat Lengkap 

Daftar Nama Rumah Adat Lengkap 

http://ejudy.duckdns.org

Rumah adat di indonesia tercatat kurang lebih ada puluhan bentuk dan jenisnya sesuai budaya dan adatnya masing-masing. Untuk itu rumah adat juga mempunyai ciri khas yang berbeda. Karena dari perbedaan ini masyarakat mempunyai jiwa kekreatifan dan keserasian yang cukup tinggi

Kita sebagai generasi yang hidup di era yang maju ini, negara mengharapkan kita untuk menjaga adat dan budaya yang telah ditinggalkan oleh orang tua kita dulu. Nah di bawah ini adalah beberapa rumah adat lengkap beserta namanya. Antara lain sebagai berikut:

Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam

Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam

maknawi.net

Krong Bade merupakan nama dari rumah adat yang ada di Aceh ini. Khas yang di tonjolkan dari rumah ini adalah setiap rumahnya memiliki tangga didepan rumah adat tersebut, sebagai jalan untuk masuk kedalam rumah

Selain itu Krong Bade juga mempunyai bentuk rumah persegi panjang yang sengaja atau tidak sengaja dibuat memanjang dari arah Timur ke Barat dan atapnya itu memakai daun rumbia yang memberikan kesan sederhana sekali pada desain.

Lantainya juga terbuat dari bambu dan dinding tersebut dipenuhi dengan hiasan-hiasan lukisan dari kayu. Keunikan rumah Krong Bade ini ternyata mampu menyita dari perhatian para turis yang datang ke Aceh.

Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Sumatera Utara

satujam.com

Nah, rumah yang satu ini sering sekali dijuluki sebagai Bolon. Bolon merupakan rumah adat yang mempunyai beberapa jenis, ada rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Angkola, rumah Bolon Mandailing, dan rumah Bolon Pakpak.

Masing-masing jenis rumah Bolon memiliki desain yang berbeda-beda. Namun semuanya memiliki cirri khas yang sama yaitu berbentuk rumah panggung, tiang bergaris tengah berfungsi sebagai penyanggah, berdinding yang penuh dengan hiasan ornamin khas Simalungun berwarna putih, hitam dan merah. Cirri khas tersebut memiliki filosofis sendiri yang berdasar.

Rumah Adat Sumatera Barat

Rumah Adat Provinsi Sumatera Barat

http://infobudayaindonesia.com

Sumatera Barat juga mempunyai rumah adat yang sering disebut dengan rumah Gadang atau Begonjong atau Godang. Nama yang unik ternyata juga memiliki cirri khas yang unik.

Bangunan yang ada di rumah Gadang sangat elegan sekali meskipun sebenarnya sangat sederhana. Ciri khas yang paling menonjol dari rumah gadang adalah arsitektur atap nya yang menyerupai tanduk kerbau terbuat dari bahan ijuk yang dianyam sedemikian rupa. 

Rumah gadang juga  ternyata tidak sekedar dijadikan sebagai  tempat tinggal masyarakat Sumatera Barat saja, tetapi juga bisa dijadikan tempat untuk merawat anggota keluarganya yang sedang sakit, tempat ini biasanya untuk melaksanakan upacara, dan sebagai sebuah lambang sebuah adat.

Rumah Adat Riau

Rumah Adat Riau

http://riauberbagi.blogspot.com

Rumah ini sering sekali dijuluki sebagai rumah Melayu Selaso. Cirri khas yang sangat menonjol dari rumah ini adalah rumah ini mempunyai kolong di bawah bangunan atau biasa dikenal sebagai rumah panggung.

Cek disini : ide rumah minimalis bagi millenial

Rumah ini mempunyai tiang dengan bangunan berbentuk seperti persegi panjang. Makna dari Selaso adalah jatuh kembar sendiri, yaitu rumah dengan lantai ini lebih bawah jika dibandingkan dengan ruang tengah.

Rumah Adat Tradisional Banten

Rumah Adat Tradisional Banten

http://rumahadatdiindonesia.blogspot.com

Suku Badui yang pemukimannya di daerah Banten khususnya wilaya pelosok ujung kulon dan pedesaan mempunyai rumah adat tersendiri. Bentuk rumah ini panggung dan ditopang oleh beberapa pilar sebagai penyangga di bawahnya.

Untuk atap rumahnya ini sangat mengandalkan rumput ilalang. Sedangkan untuk dindingnya, suku Badui sangat mengandalkan bambu yang telah dianyam dan disusun sedemikiannya.

Sesuai dengan namanya rumah adat tersebut di bangun oleh suku badui yang bermukim di daerah banten ini.

Rumah adat Sumatera Selatan

Rumah adat Sumatera Selatan

http://www.wacana.co

Limas adalah sebuah sebutan untuk rumah adat di wilayah Sumatra Selatan. Mengapa dinamakan Limas? karena atapnya itu menyerupai berbentuk limas.

Dengan lantai yang bertingkat-tingkat rumah ini tidak dijadikan sebagai tempat tinggal, akan tetapi rumah ini sebagai tempat berkumpulnya masyarakat-masyarakat Sumatera Selatan terutama ketika ada acara yang penting.

Rumah adat Lampung

Rumah adat Provinsi Lampung

www.lampung.co

Masih dengan bangunan panggung nih, rumah adat Lampung juga sering dijuluki dengan rumah adat Nowou Sesat. Bangunan panggung dan ornament yang khas sekali ini mempunyai ukuran yang cukup besar sekali, namun sekarang pada era ini  bangunan nya tidak sebesar pada zaman dulu.

Rumah Adat DKI Jakarta

Rumah Adat provinsi DKI Jakarta

www.kamerabudaya.com

Selanjutnya adalah rumah adat  Kebaya yang ada di provinsi DKI Jakarta ini. Rumah Kebaya mempunyai bentuk atap yang sangat menyerupai pelana yang dilipat rapi terutama ketika dilihat dari samping. Ornament yang khas dari suku Betawi ini sangatlah unik dan berbeda dengan rumah adat yang lainnya.

Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah Adat Jawa Tengah

notepam.com

Masyarakat Jawa juga mempunyai rumah adat yang sangat terkenal yaitu Rumah adat joglo. Pasti tau lah, ketika kita memasuki rumah ini, di dalamnya kita akan menjumpai dengan beberapa ruangan. Salah satu ruangannya yang terletak di depan rumahnya  yaitu pendopo yang fungsinya untuk menyambut tamu dan ruang tamu.

Yang membedakan dari rumah adat ini ketika dibandingkan dengan rumah adat yang lain yaitu pada sisi sisi rumahnya, yang  terdapat corak ornamen budaya suku Jawa.

Rumah Adat daerah Istimewa Yogyakarta

Rumah Adat daerah Istimewa Yogyakarta

backpackerjakarta.com

Bangsal Kencono adalah nama yang terkenal dari rumah adat yang ada di yogyakarta, rumah Bangsal Kencono merupakan rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal dari raja-raja Jawa dan juga pejabat-pejabat kerajaan.

Oleh karena itu, rumah Bangsal Kencono mempunyai banyak kesan mulia karena digunakan oleh orang-orang yang sangat mulia juga. Ciri khas yang dimiliki oleh rumah Bangsal kencono ini yaitu mempunyai banyak corak ornament yang mengandung nilai kehidupan alam semesta yang sangat menarik.

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Barat

www.maudisini.com

Banyaknya rumah adat yang ada di jawa barat, salah satunya adalah kesepuhan cirebon. Kota Cirebon yang berada di pesisir utara Pulau Jawa ini mempunyai  kisah sejarah yang cukup panjang terkait penyebaran Islam di Pulau Jawa. Peninggalan yang penting dari kerajaan tersebut yaitu bangunan rumah adat yang masih berdiri dan kokoh yaitu Keraton Kasepuhan Cirebon.

Rumah Adat Jawa Timur

Rumah Adat Jawa Timur

budayajawa.id

Joglo adat rumah adat dari Jawa Timur. Yup ternyata memiliki kemiripan dengan Joglo yang ada di Jawa Tengah, namun rumah Joglo di Jawa Timur lebih minimalis lagi dan artistic. Selain itu juga rumah Joglo Jawa Timur juga masih menyimpan banyak sekali kebudayaan yang kental dan luhur.

Rumah Adat  NTB

Rumah Adat  NTB

http://adat-tradisional.blogspot.com

Provinsi Nusa Tenggara Barat jangan dikira tidak memiliki rumah adat bahkan rumah adat ini seperti rumah istana. Rumah adat ini sering dikenal dengan Rumah Istana Sultan Sumbawa.

Rumah adat ini telah dibangun oleh suku asli daerah NTB sehingga telah menciptakan sebuah bangunan yang cukup unik dan tidak ditemui di tempat lainnya. Diantara suku yang ikut dan  serta membangun rumah adat ini adalah suku Sumbawa, Suku Sasak, Suku Dongu, dan Suku Dompu.

Rumah Adat Provinsi NTT

Rumah Adat Provinsi NTT

http://rumahadat-kita.blogspot.com

Sebenarnya rumah adat Nusa Tenggara Timur juga mempunyai sebuah kemiripan dengan tetangganya, yaitu Nusa Tenggara Barat. Yang membedakan adalah Rumah adat NTT ini mempunyai khas bangunan yang lebih mengerucut lagi dan atapnya juga berbeda dengan rumah adat NTB.

Pada zaman dahulu memang yang menempati rumah adat Musalaki ini hanyalah seorang kepala suku dan pembesar kerajaan saja, namun, seiring berjalannya waktu ke waktu, rumah Musalaki mulai dijadikan sebagai  tempat tinggal seluruh masyarakat NTT.

Rumah Adat Kalimantan Barat

Rumah Adat Kalimantan Barat

satujam.com

Rumah ini sangat dikenal dengan rumah adat Kesultanan Pontianak loh. Rumah Kesultanan ini mempunyai desain yang sangat besar dan bisa ditinggali orang dalam jumlah yang cukup banyak pula. Beberapa bagian dari rumah ini mempunyai corak yang sangat unik dan terkesan elegan.

Rumah Kesultanan Pontianak ini memang dikhususkan sekali untuk para pejabat dari kerajaan-kerajaan. segala cerita  mengenai hal ini, Anda bisa dapatkan ketika berkunjung ke daerah Pontianak loh,

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah Adat Kalimantan Tengah

www.silontong.com

Nah, Jika yang satu ini rumah yang memiliki desain yang berbentuk panjang, Rumah tersebut bisa dihuni dari 30 sampai 35 kepala keluarga loh. Rumah adat yang satu ini merupakan rumah adat terbesar kedua yang ada di indonesia. Penasaran dengan keunikannya? Ayo cus kunjungi saja rumah tersebut

Rumah Adat Kalimantan Selatan

Rumah Adat Kalimantan Selatan

http://www.getborneo.com

Walaupun sama dari pulau Kalimantan ternyata memiliki rumah adat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Jika rumah sebelumnya ini bisa dihuni oleh masyarakat biasa, Rumah yang ada di kalimantan selatan ini dihuni oleh suku dayak selatan atau suku asli daerah tersebut

Rumah Adat Kalimantan Timur

Rumah Adat Kalimantan Timur

www.pewartanusantara.com

Dari sebelumnya sudah dijelaskan berbeda tempat mungkin juga berbeda budaya walaupun 1 pulau Seperti di kalimantan timur ini. Daerah ini tidak mau kalah uniknya dengan tetangganya, rumah adat ini lebih mencolok dan menarik dari yang lainnya

Rumah Adat Kalimantan Utara

Rumah Adat Kalimantan Utara

backpackerjakarta.com

Rumah adat yang satu ini berbeda sekali dengan rumah adat yang ada dengan yang lainnya. Kalau rumah ini menonjolkan keindahan  dari bangunannya yang tiada tara. karena keindahan inilah rumah yang indah ini di pilih oleh masyarakat sebagai icon daerah tersebut

Rumah Adat Sulawesi Selatan

Rumah Adat Sulawesi Selatan

feednewsid.blogspot.com

Rumah ini dikenal oleh masyarakat dengan sebutan rumah tongkonan. Karena rumah ini bisa dengan mudah anda mengingatnya. Loh ko bisa? Karena dari bentuk atapnya berbentuk seperti perahu dan di bagian depan rumah terdapat tanduk kerbau

Rumah Adat Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo

http://www.netralnews.com

Doholupa adalah sebutan dari nama rumah adat di indonesia yang ada di provinsi gorontalo. Rumah tersebut mempunyai bangunan dengan struktur yang menyerupai rumah panggung yang cukup menarik. Seluruh bagian dari rumah ini berbahan kayu asli

Rumah Adat Maluku

Rumah Adat Maluku

http://bobo.grid.id

Baileo adalah rumah adat di indonesia yang sangat terkenal di Maluku ini. Rumah yang cukup unik ini melambangkan tentang kemajuan agama di maluku. Adapun khasnya adalah mempunyai banyak sekali ukuran yang besar.

Karena pada saat itu, hanya dikhususkan untuk musyawarah para sesepuh dan juga tempat untuk merayakan masyarakat desa tersebut

Rumah adat Papua

Rumah adat Papua

www.superadventure.co.id

Rumah ini tergolong sederhana dan simpel, Banyak sekali khas dari rumah ini, salah satunya adalah ukuran yang sempit dan tampak minimalis

Rumah adat Provinsi Papua Barat

Rumah adat Papua barat

www.modelkursi.co

Rumah honai adalah julukan dari masyarakat setempat mengenai rumah adat di indonesia. Bangunan yang cukup unik ini bagaikan jamur tersebar rata di seluruh desa. Rumah ini dibuat dari kayu dan jerami ilalang yang disusun secara rapi dan padat.

Biasanya rumah adat ini sempit tidak seperti yang lainnya yang megah dan besar untuk di huni

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih

Leave a Reply