Pengertian Senam Ketangkasan Beserta Gerakannya

Senam Ketangkasan

Hai sahabat artikel yang saya hormati. Kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai senam ketangkasan. Senam ketangkasan ini merupakan turunan atau penjabaran dari senam lantai

Mungkin dari kalian ini masih kurang mengetahui apa sih senam ketangkasan itu? Nah, mau tau apa itu senam ketangkasan dan bagaimana gerakan beserta contohnya? Yuk langsung saja simak pembahasan berikut ini. Selamat membaca

Pengertian Senam Ketangkasan

Senam Ketangkasan

https://www.websitependidikan.com

senam merupakan bentuk latihan fisik yang telah  disusun secara sistematis dengan tujuan mencapai daya tahan, kekuatan, kelentukan, koordinasi, membentuk prestasi, membentuk tubuh ideal, dan tak lupa  memelihara kesehatan.

Sedangkan senam ketangkasan merupakan bentuk latihan senam yang dilakukan di atas lantai dengan beralaskan sebuah  matras. Nah, Senam ketangkasan ini adalah senam yang bertujuan untuk membuat tubuh anda menjadi lentur, lebih fleksibel dan masih banyak lagi manfaatnya

Gerakan Senam Ketangkasan

cara melakukan senam ketangkasan

https://jenisalat.com

Untuk melakukan gerakan senam ketangkasan ada dua cara yaitu menggunakan alat dan tanpa menggunakan alat. Nah dibawah ini anda bisa membedakan gerakan yang mana menggunakan alat dan tanpa menggunakan alat. Berikut adalah gerakannya

Gerakan Lompat Kangkang

lompat kangkng

http://www.freedomsiana.com

Lompat kangkang ini bisa dilakukan dengan melayang diatas matras dengan  menggunakan kedua kaki harus dibuka. Adapun cara untuk kalian latihan dengan mudah, antara lain sebagai berikut  

  1. Lakukanlah  pemanasan dengan cari  lari beberapa langkah ditempat.
  2. Larilah dengan awalan beberapa langkah.
  3. Kedua tangan kalian ini  bertumpu pada kuda-kuda.
  4. Pada saat melayang, pandangan kalian harus tetap ke depan dan kaki dibuka dengan posisi tungkai berada di sisi kanan dan kiri atas kuda-kuda.
  5. Kedua kaki bersiap untuk melakukan pendaratan dengan ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas.

Gerakan Lompat Jongkok

Lompat Jongkok

www.temukanpengertian.com

Nah selanjutnya adalah cara melakukan lompat jongkok dengan menggunakan tumpuan pada ujung kuda-kuda lompat yaitu sebagai berikut:

  1. Larilah  dengan cepat dan badan agak sedikit dibungkukkan ke depan. Tolakkan kedua kaki kalian pada papan tolak dengan lengan diayunkan ke atas.
  2. Saat badan melayang ke atas depan, kedua lengan kaliah harus  lurus dan pandangan fokus pada ujung kuda-kuda lompat.
  3. Tolakkan tangan sekuatnya saat tangan kalian ini menyentuh pada bagian ujung kuda-kuda.
  4. Posisi badan kalian diharapkan membentuk sudut 30° dengan punggung kuda-kuda lompat.
  5. Saat mendarat, ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas.
guling lenting

http://www.nafiun.com

Gerakan Guling Lenting

guling lenting

www.materi-sekolah.com

Guling lenting merupakan suatu gerak dalam senam lantai dengan cara melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Gerakan ini juga bisa  diawali dengan gerak guling depan atau gerak mengayun guling belakang sebelumnya.

Adapun cara melakukan gerakan guling lenting, antara lain sebagai berikut:

  1. Berdirilah dengan posisi tegak lurus. Lalu, letakkan salah satu kaki di depan boleh kaki kirin ataupun kaki kanan.
  2. Posisi kedua tangan kalian  diangkat keatas.
  3. Jadikanlah  tangan kalian ini  sebagai tumpuan untuk melakukan guling lenting ke arah depan.
  4. Selam guling kaki dalam posisi lurus dan rapat, siku di bengkokkan dan telapak tangan berada di samping telinga kalian
  5. Pendaratan dengan kaki rapat

Gerakan Tiger Sprong 

Lompat Harimau

https://sehatbugarkuy.wordpress.com

Lompat harimau merupakan  gerakan yang sama menyerupai gerak guling depan, tetapi gerakan ini dilakukan dengan awalan sebuah loncatan jauh ke depan. Adapun cara untuk melakukan lompat harimau adalah  sebagai berikut:

  1. Kedua kaki kalian di dorong ke arah depan  dan badan terdorong kedepan.
  2. Pergelangan kaki dan lutut dibengkokkan dan mendarat dengan posisi kepala menunduk dan punggung memudahkan untuk melakukan gulingan ke depan.
  3. Posisi tangan sesudah melakukan guling dan berada lurus di depan,  pandangan mata harus ke depan serta fokus.

Faedah Senam Ketangkasan

MManfaat Senam Ketangkasan

pendidikanzone.blogspot.com

Pada dasarnya semua jenis olahraga baik senam, senam lantai atau pun jenis  olahraga lainnya sangat bermanfaat bagi tubuh kita, berikut ini adalah manfaat manfaat yang kita dapat di dalam melakukan senam :

Artikel Terkait :

Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Unsur-unsurnya

Jual timbangan digital kualitas terbaik dan harga termurah

Mengencangkan Otot Tubuh

Ketika kita melakukan senam ketangkasan secara rutin maka manfaat ini akan kita dapatkan dengan mudah. Untuk itu senam ini banyak yang di segani banyak orang. Apalagi kalian melakukan sikap lilin. Ini adalah gerakan yang sangat mudah sekali dilakukakan bukan.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh.

Senam ketangkasan ini membuat tubuh kita menjadi bugar karena manfaatnya itu bagi tubuh kita sendiri. Tubuh yang bugar ini memungkinkan kalian agar  tampil lebih cerah dan murah senyum saat berpapasan dengan rekan kerja di suatu tempat.

Mendapatkan Bentuk Tubuh yang Indah.

Senam ini mempunyai banyak sekali gerakannya. kalian bisa memilih senam ini dengan  menggunakan alat bantu atau melakukan gerakan tanpa alat bantu

Membantu Menyehatkan Fisik

Olahraga ini banyak manfaatnya dan  membuat banyak orang beralih ke senam ketangkasan setelah tahu begitu banyak manfaatnya. Kesehatan fisik adalah  kesehatan yang harus kita jaga dengan baik-baik.

Senam ketangkasan ini juga  pada awalnya kalian akan di dampingi oleh pelatih berpengalaman untuk menunjukkan posisi senam dengan benar sampai kalian bisa melakukannya seorang diri tanpa bantuan lagi.

Menghilangkan lemak Jenuh dalam tubuh

Manfaat selanjutnya ini adalah menghilangkan lemak di dalam tubuh. Yap betul sekali, gerakan dari senam ini banyak sekali menguras tenaga dan energi dan pada gerakan senam ini juga lemak jenuh di dalam tubuh juga akan hilang jika kalian rutin untuk latihan.

Mungkin itu saja yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat. sekian dan terimakasih

Leave a Reply