7+ Tata Cara Mandi Wajib yang Baik dan Benar

Setiap seorang muslim pasti tahu mengenai mandi wajib. Yup mandi wajib merupakan mandi besar yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu karena disebabkan ada sesuatu yang melatar belakanginya.

Saat masa ini manusia sudah lalai akan tata cara mandi wajib yang baik. Mengapa demikian? Karena manusia sangat terburu-buru akan sesuatu yang akan dilakukannya. Nah, untuk itu luangkan waktu untuk membaca ulasan ini agar bisa mengetahui tata cara mandi wajib yang baik

Tata cara mandi wajib merupakan sebuah tuntunan untuk kalian yang masih belum paham bagaimana cara melakukan mandi wajib secara benar dan tepat. Untuk itu yuk baca ulasan ini selengkapnya. Jangan lupa kalian share ke teman-temanmu

Pengertian Mandi Wajib

mandi wajib

http://bangka.tribunnews.com

Di dalam bahasa Arab, mandi ialah الْغُسْل (ghusl), yang artinya “pengaliran”. Mandi wajib mempunyai makna dan istilah lain yaitu mandi junub, maksudnya  mandi junub ini akan dilakukan oleh seseorang ketika dalam keadaan junub.

Nah, sedangkan menurut istilah mandi wajib adalah mengalirkan air hingga ke seluruh tubuh  dari atas sampai bawah, dengan diawali membaca niat untuk mensucikan diri dari hadas besar.

Melakukan mandi akan membuat perasaan kita menjadi lebih nyaman lagi dan mempunyai sebuah  kepercayaan diri yang bagus, baik ketika melaksanakan ibadah ataupun ketika melakukan kegiatan atau beraktivitas lainnya.

Nah, untuk tata cara mandi wajib nya kita hanya berpedoman kepada tata cara mandi wajibn yang telah dicontohkan oleh  Nabi Muhammad SAW.

Hukum Mandi

Hukum Mandi

https://m.inilah.com

Ketika kita lihat dari hukumnya,  mandi sesuai dengan syariat mempunyai 3 hukum, di antaranya adalah mandi wajib, mandi haram  dan mandi sunnah. Namun, pada ulasan kali ini akan membahas perihal yang mengenai mandi wajib

Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub

Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub

http://www.wongsantun.com

Bagi kalian yang saat ini banyak lupa mengenai tata cara mandi wajib. Berikut akan kamu ulaskan mengenai langkah-langkah yang harus kalian perhatikan. Antara lain sebagai berikut :


Diawali Dengan Membaca Niat

Membaca niat di awal hukumnya wajib dan pasti atau harus dilakukan atau dijalankan sebelum melaksanakan mandi wajib.  Niat ini merupakan sebuah perbedaan antara mandi wajib dengan mandi biasa.

Mencuci Tangan

Agar kita bisa mengikuti sunnahnya maka cucilah tangan kalian sampai 3 kali pencucian. Hal itu bertujuan bersih dan terhindar dari najis

Melakukan Pembersihan Dari yang Dianggap Paling Kotor dan Gunakanlah Tangan Kiri

Pada Bagian tubuh biasanya yang dianggap kotor seperti pada bagian kemaluan, dubur, ketiak dan lain-lain. Bersihkan pada bagian yang kotor terlebih dahulu

Melakukan Pencucian Tangan

Nah, melakukan pencucian tangan kiri setelah membersihkan pada bagian kemaluan , Yakni dengan cara mengusap-usapkan tangan ke tanah atau yang berdebu. Kemudian di bolas dan lalu di basuh dengan sabun

Mengambil Air Wudhu

Lakukanlah tata cara mengambil wudhu ini seperti biasa yang di lakukan saat ingin mengambil air wudhu untuk sholat

Mengguyurkan  Kepala

Membilas kepala caranya dengan mengguyurkan air sebanyak 3 kali hingga membasahi permukaan kulit .

Membilas Rambut

Membilas  rambut caranya ialah dengan  menyela-nyelanya yakni menyilangkan jari – jari kedua tangan.

Membasahi Tubuh

Membasahi tubuh dengan secara merata dengan mengguyurkan  dari ujung rambut hingga ke ujung kaki, dimulai dari bagian kanan yahh terlebih dahulu kemudian bagian kiri.

Memakai Sabun dan Sampo

Nah saat tata cara di atas ini  sudah terlewati semua, maka langkah pada selanjutnya kalian diperbolehkan untuk mencuci ulang seluruh tubuh dengan menggunakan sabun,dan memberi shampoo pada rambut saat mencuci ulang tubuh kalian.

Kewajiban-kewajiban untuk melakukan mandi wajib ini boleh dilakukan pada saat kondisi sedang normal, langkah – langkah di atas kalian boleh diganti menggunakan tayamum dengan debu.

Hal ini ketika kalian  tidak terdapat air atau bahkan apabila ada mudhorot yang sangat kemungkinan bisa terjadi apabila kalian melakukan mandi wajib, misalkan apabila kalian dalam keadaan sakit atau juga sedang dalam keadaan di dalam pesawat terbang.

Maksudnya ialah ketika di dalam pesawat ini ada 500 orang yang sedang  berada di dalam sebuah pesawat terbang dan semuanya melakukan wudhu dan mandi wajib,  maka yang dikhawatirkan bisa terjadi apa-apa pada saat penerbangan.

Tata Cara Mandi Wajib Menurut Rasulullah

Tata Cara Mandi Wajib Menurut Rasulullah

https://sumbercenel.com

Bagi kalian nih yang ingin mengetahui tata cara dari mandi wajib seperti yang diajarkan rasulullah, untuk itu  simaklah ulasan pada berikut ini:

Hadist yang pertama :

Aisyah berkata, Rasulullah memulai mandi janabah dengan diawali membaca niat, selanjutnya mencuci kedua tangan, dilanjutkan dengan berwudlu, lalu menyela pangkal – pangkal rambut hingga air yang dibasahi ke dasar rambut. Lalu menyiramkannya lagi dari atas kepala sebanyak tiga kali kemudian dilanjutkan menyiram seluruh tubuh. ( HR. Bukhari dan Muslim )

Hadis yang kedua :

Aisyah mengatakan, Bahwa ia melakukan mandi bersama dengan rasulullah melalui satu tempayan, dan kami pun aku bersama rasulullah bersama – sama mengambil air dari tempayan. ( HR. Muslim )

Hadis yang ke tiga :

Maimunah binti al – Harits ra, mengatakan : Sayalah yang menyiapkan air rasulullah mandi janabah. Lalu Maimunah menuangkan air menggunakan tangan kanannya di atas tagan kiri sebanyak dua hingga tiga kali, lalu dilanjutkan mencuci bagian kemaluannya, setelah itu menggosok tangannya dengan tanah atau di gosokkan di tembok sebanyak dua hingga tiga kali.

Dilanjutkan Rasulullah berkumur dan menghirup air ( istinsyaq ). Kemudian beliau mencuci mukanya dan juga kedua tangannya hingga ke siku. Kemudian beliau menyiram kepalanya lanjut seluruh tubuhnya. Lalu beliau berpindah tempat, setelah itu mencuci kedua kakinya.

Dilanjutkan Maimunah memberi kain rasulullah seperti kain handuk, akan tetapi beliau tidak mau dan beliau lebih memilih menyeka air yang ada di tubuhnya menggunakan tangannya. ( HR. Bukhari dan Muslim).

Niat Mandi Wajib Beserta Doanya

Niat Mandi Wajib Beserta Doanya

https://moondoggiesmusic.com

Setiap kita akan melaksanakan mandi wajib, maka kita harus mengawalinya dengan niat yang benar agar mandi wajib tersebut bisa bernilai ibadah dihadapan Allah SWT serta agar bisa menerima segala amalan yang akan dilakukan setelah mandi wajib.

Saat ketika akan melakukan mandi wajib, maka niatnya ini tidak harus dibaca lantang cukup saja dibaca dalam hati dan mandi wajib ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas besar.

Adapun niatnya antara lain sebagai berikut :

Niat Mandi Wajib

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbarii FardhalLillahi Ta’aala”

Yang artinya:  saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar fardhu karena Allah ta’aala.

Niat Mandi Wajib Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbari minal Haidil Lillahi Ta’ala”

Yang Artinya: saya niat mandi wajib untuk mensucikann hadast besar dari haid karena Allah Ta’ala.

Mandi Wajib Ketika Setelah Nifas

“Nawaitul Ghusla Liraf il Hadatsil Akbari Minal Nifasi Fardhlon Lillahi Ta’ala.”

Yang Artinya: saya niat mandi wajib untuk mensucikan hadast besar dari nifas fardu karena Allah ta’ala.

Niat Mandi Wajib Ketika Setelah Berhubungan Suami Istri / Keluar Air Mani/ Mimpi Basah

“Nawaitu Ghusla Lirafil Hadatsil Akbari AnJami il Badaanii Likhuruu ji Mani yyi Minal Innaabati Fardhan Lillahi Ta’aala”.

Terjemahnya : aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari badan ini karena keluarnya mani dari janabah fardhu karena Allah taala.

Landasan Perintah Untuk Mandi Wajib

Landasan perintahnya  sudah sangat jelas di dalam Al – Quran, yakni di dalam Al – Quran surat Al-Maidah ayat 6 dan Al – Quran surat An – Nisa ayat 43.

 

MUngkin itu saja yang bisa saya paparkan semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih

 

Leave a Reply