Kapan Waktu Doa Mustajab itu Tiba? Yuk Cari Tahu Di Sini

waktu doa mustajab

Setiap umat islam pasti menginginkan doa-doa yang mereka panjatkan dikabulkan oleh Allah SWT. Karena keinginan-keinginan tersebut masih belum juga terkabulkan. Oleh karena itu pilihlah waktu doa mustajab

Dengan ini insya Allah akan dikabulkan oleh Allah. Berdoa merupakan alat komunikasi antara makhluk dengan penciptanya. Doa juga sebagai senjata orang muslim.

Dan Allah menyukai orang-orang yang selalu berdoa dan memohon ampun kepadanya. Seandainya kita tahu waktu doa mustajab, doa kita selangkah lebih maju.

Lalu, kapan waktu doa mustajab itu? Nah, oleh karena itu kami akan mengajak anda untuk mengetahui waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Tunggu apalagi, simak artikel berikut ini

Waktu Doa Mustajab

Waktu Doa MustajabWaktu Doa Mustajab

bersamadakwah.net

Diantara usaha yang bisa kita upayakan agar doa kita dikabulkan oleh Allah ialah dengan memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut akan dikabulkan. Adapun waktu doa mustajab yang tepat antara lain sebagai berikut :

Sepertiga Malam

Waktu ini biasanya dimanfaatkan untuk melaksanakan sholat malam, seperti : Tahajud, Istiqarah, Taubat dan lain-lain. Sepertiga malam adalah waktu yang paling penuh barokah, sebab pada waktu itu rahmat rabb akan turun ke langit dan mengabulkan setiap doa hamba-hambanya. 

Sesuai sabda Rasulullah SAW :

ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له

“Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Ketika Berbuka Puasa

Ketika Berbuka Puasa

angalul.com

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang penuh keberkahan, karena di waktu ini manusia merasakan kenikmatan menjalankan ibadah puasa yaitu diperbolehkannya makan dan minum setelah seharian menahannya, sebagaimana hadis telah menjelaskan sebagai berikut

للصائم فرحتان : فرحة عند فطره و فرحة عند لقاء ربه

“Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim, no.1151)

Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran. Seperti yang telah di sebutkan pada firman Allah yang artinya “malam lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan” Qs. Al-Qadar ayat 3

Dan Pada malam ini juga dianjurkan memperbanyak ibadah pada malam hari salah satunya adalah memperbanyak berdoa. Karena malam ini Allah akan mengabulkan doa-doa hambanya. Malam Lailatul Qadar hanya ada di Bulan Ramadhan. Jadi jangan sia-siakan yah gaess

Ketika Adzan Berkumandang.

Selain dianjurkan menjawab adzan dengan lafazh yang sama, ketika adzan berkumandang pada waktu itu adalah waktu doa mustajab untuk berdoa. Seperti Sabda Rasulullah SAW :

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

Diantara adzan dan Iqamah

Setelah Tadi membahas waktu doa mustajab ketika adzan berkumandang, sekarang doa mustajab di antara adzan dan iqamah. Biasa jeda ini dilakukan setelah adzan dan membaca doa setelah adzan. Rasulullah SAW bersabda

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Dengan ini jelaslah bahwa amalan yang dianjurkan antara Adzan dan Iqamah ialah berdoa. 

Ketika sedang sujud dalam Shalat

Waktu yang tepat untuk berdoa saat sedang sujud adalah sujud di akhir rakaat. Agar tidak menggangu jamaah atau gerakan sholat mengikuti imam. Rasulullah SAW bersabda :

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

Jadi, kita dalam sujud dibolehkan berdoa. Namun, berdoalah yang sewajarnya jangan sampai lama sekali kecuali sujud syukur, sujud sahwi dan sujud lainnya.

Di Hari Jumat

waktu doa mustajab di hari jumat

pinterest

Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Dengan penuh barokah sepanjang hari ada doa waktu mustajab yaitu  : Ketika Khatib duduk diantara 2 khutbah, setelah pulang dari shalat jumat sebelum masuk rumah, diantara adzan ashar dan magrib.

Ada beberapa amalan-amalan hari jumat yang perlu anda lakukan selain yang diatas. Mau tau ? Yuk klik di sini!!

Seperti Sabda Rasulullah menyebutkan tentang hari jumat kemudian beliau bersabda:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Ketika Turun Hujan 

waktu doa mustajab saat hujan turun

hafiziazmi.com

Hujan adalah rahmat dan nikmat Allah SWT kepada seluruh makhluk yang ada di bumi ini. Sebagian orang merasa jengkel dengan turunnya hujan, padahal yang menurunkan hujan tidak lain adalah Allah SWT.

Jika tidak diberi hujan, sebagian orang merasa jengkel kenapa engga hujan-hujan? Panas banget ya allah. Itulah kata-kata yang dilontarkan sebagian manusia yang kurang bersyukur akan nikmat Allah.

Nah, jika anda tahu bahwa hujan adalah waktu doa mustajab maka anda akan bersyukur sekali kepada Allah. Adapun hadis yang menerangkan hujan adalah sebagai berikut

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

Pada Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar

Sunnah ini masih belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang islam, yaitu dikabulkan doa diantara shalat Zuhur dan Ashar di hari Rabu. Ini Diceritakan oleh Jabir bin Abdillah Ra :

أن النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau. Berkata Jabir : ‘Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa,dan saya mendapati dikabulkannya doa saya‘”

Jangan sampai kelewatan yah. hehe

Ketika Hari Arafah.

waktu doa mustajab Ketika Hari Arafah.

angalul.com

Hari Arafah adalah hari ketika jama’ah haji yang sedang melaksanakan wukuf di Arafah tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah. Pada hari ini kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa dan memperbanyak doa serta dzikir kepada Allah. Sebab Rasulullah SAW telah bersabda :

خير الدعاء دعاء يوم عرفة

“Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah” (HR. At Tirmidzi, 3585. Di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi)

Ketika Meminum Air Zam-zam

Ketika para jamaah haji pulang ke tempat tinggalnya masing-masing, biasanya jamaah haji membawa air zam-zam untuk dibagikan kepada sanak saudara, tetangga yang hadir menyambut kedatangnnya. Dan ketika kita meminum air zam-zam ada baiknya kita berdoa setelah meminumnya. Sesuai sabda Rasulullah SAW :

خير الدعاء دعاء يوم عرفة

“Khasiat Air Zam-zam itu sesuai niat peminumnya” (HR. Ibnu Majah, 2/1018. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah, 2502)

Pada Bulan Ramadhan 

Bulan Ramadhan adalah bulan berkah, bulan yang paling banyak sekali diturunkannya ampunan, rahmat dan hidayah kepada kita semua dan tak lupa doa-doa yang dipanjatkan akan Allah kabulkan permohonan itu. Sesuai firman Allah dalam Qur’an surat AL-BAQARAH ayat 186

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Bukan itu saja, pada bulan ramadhan ini semua pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka selebar-lebarnya. Jadi jangan sia-siakan bulan ramadhan ini. Memperbanyak doa dan membaca Al-Quran akan menambah pundi-pundi pahala

Ketika Akad Nikah

Nah, waktu doa mustajab yang terakhir adalah berdoa ketika akad nikah. Masih banyak yang belum mengetahui waktu ini adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Lebih Tepatnya ketika naib dan wali nikah mengucapkan sah. Di situ adalah doa yang paling cepat dikabulkan. 

NB: Ketika acara akad nikah semua orang yang mengunjung dan melihat prosesi akad nikah tidak berhak mengucapkan kata “SAH” Karena yang berhak adalah naib dan wali nikah saja. Karena merekalah yang akan menanggung semua acara tersebut sah tidaknya ada di tangan wali nikah.

Jadi jangan berani-berani kalian mengucapkan sah ya gaess..

Nah itulah beberapa waktu yang mustajab untuk berdoa. Catatan juga, berdoa adalah kebutuhan setiap makhluk di setiap harinya. Jadi, jangan lah anda bosan meminta kepada Allah sesuai kebutuhan dan kemampuan kita.

Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda untuk menunjang ibadah yang lebih mantep lagi. Sekian dan terima kasih. Salam angalul.com

 

Leave a Reply